Daun Dewa Perlancar Sirkulasi Tubuh dan Manfaat lainnya

Daun Dewa
Daun Dewa

http://www.republika.co.id/launcher/view/mid/19/news_id/7557
Indonesia dikenal dengan khazanah kekayaan alam yang sangat kaya. Termasuk berbagai tanaman berkhasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Jika Anda pernah mendengar Daun Dewa atau dikenal juga dengan nama daerah Beluntas Cina, maka sebenarnya tumbuhan itu dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Apa Itu Daun Dewa

Dijelaskan dari Wikipedia, Daun Dewa mempunyai nama latin Gynura divaricata, orang China menyebutnya Samsit. Tinggi tanaman ini sekitar 30-40 cm, merupakan tumbuhan tegak, batang daun pendek lunak berbentuk segi lima, dengan penampang berbentuk lonjong dan berambut pada sisi luar.

Tumbuh di daerah dengan ketinggian 200-800 meter di atas permukaan air laut (dpl), daun dewa berkembang biak dengan umbi atau stek batang.

Kandungan Daun Dewa

Bagian yang digunakan untuk sarana pengobatan adalah daunnya yang mengandung senyawa flavonoid, saponin, dan minyak atsiri.

Efek Farmakologi

Dalam farmakologi Cina disebut tumbuhan yang memiliki rasa khas dan sifat netral.  Hal tersebut dibenarkan oleh Herbalis Klinik Karyasari, Tati Winarto. Dia mengatakan, Daun Dewa punya sifat anti coagulant sehingga bagus untuk sirkulasi dalam tubuh.

“Penyakit jantung koroner juga dapat disembuhkan dengan tumbuhan ini. Orang yang sakit jantung itu suka semutan, karena kolesterolnya tinggi. Ekstrak daun dewa dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh,” jelas Tati.

Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan seluruh tanaman. Bagian daun berguna untuk luka terpukul, melancarkan sirkulasi, menghentikan pendarahan (batuk darah, muntah darah, mimisan), pembengkakan payudara, infeksi kerongkongan, tidak datang haid, dan digigit binatang berbisa. Sedangkan, bagian umbi di bagian akar bawah, berguna untuk menghilangkan bekuan darah (haematom), pembengkakan, tulang patah (fraktur) dan pendarahan.

Pengolahan Daun Dewa

Pengolahan obat yang berasal dari daun dewa, bisa dengan daun segar yang disajikan langsung ataupun dalam bentuk ekstrak, yaitu daun disterilkan dan dikeringkan. Setelah benar-benar kering, daun digiling hingga menjadi tepung atau simplisia. Kemudian tepung disaring agar halus rata, lalu siap dimasukkan dalam kapsul.
Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun temurun dari berbagai negara dan daerah, Daun Dewa memiliki khasiat yang jarang diketahui. Bagi Anda yang lebih suka melakukan pengobatan herbal maka tak ada salahnya mengetahui manfaat daun dewa yang sudah Kami Rangkum dari berbagai sumber berikut ini :

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, hingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung.

Cara memanfaatkan daun dewa untuk kepentingan satu ini ialah sebagai berikut.

  • Ambil 7 lembar daun dewa yang lebar dan siap panen.
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas.
  • Minum 2 kali sehari sesudah makan.
  • Lebih baik lagi kalau daun dewa dijadikan lalapan.

2. Obat Luka Memar

Caranya adalah dengan menerapkan hasil tumbukan beberapa lembar daun tanaman daun dewa yang dicampur dengan beberapa lembar daun jarak pada luka memar.

  • Ambil daun dan umbi daun dewa seberat 20 gram.
  • Daun jarak segar 10 lembar.
  • Haluskan ketiga bahan, setelah halus tempelkan pada daerah yang sakit.

3. Penyakit Kulit seperti Flek Hitam pada wajah.

Cara penggunaannya sangat sederhana yaitu dengan mengambil daun nya yang mempunyai getah lalu getahnya dioleskan pada flek hitam tersebut.

4. Sebagai Obat Stroke

Fungsinya yaitu menghilangkan pembekuan darah di pembuluh darah sehingga mencegah dan mengobati stroke dan serangan jantung.

  • Umbi daun dewa segar sekitar 10 gram ditumbuk halus, tambahkan air setengah gelas, saring, peras, minum, setiap sore. Atau, daun 2 – 4 lembar untuk lalap (tiga kalisehari).

5. Mengobati Kencing Manis, Diabetes, dan Penyakit dalam

Diabetes (diabetes melitus) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Glukosa sangat penting bagi kesehatan kita karena merupakan sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh kita.

Caranya yaitu dengan meminum air rebusan daun tersebut yang sudah dikeringkan

6. Mengobati Kanker

Sifat sitotastik dalam daun dewa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, cara pemakaiannya adalah dengan rutin mengkonsumsi ramuan atau hasil rebusan daun tanaman dewa yang dicampur dengan temu putih serta jombang.

7. Mengobati Pendarahan atau Pembengkakan Payudara

Gangguan ini dapat menimbulkan sensasi nyeri pada bagian payudara. Hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti pubertas, menstruasi, kehamilan, menyusui, menopause, maupun karena pemakaian alat kontrasepsi.

  • Cara pengobatannya cukup sederhana,  yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun tanaman daun dewa sebanyak ½ gelas sehari sekali.

8. Obat Penyakit Kutil

Cara penggunaan yaitu Daun dewa 5 lembar dihaluskan dan dilumurkan pada tempat berkutil, kemudian dibalut dengan kain atau hansaplast. Dilepas keesokan harinya.

9. Batu Kandung Kemih

Ambil 15 gram daun dewa ditumbuk halus, tambahkan air segelas, saring, peras, minum tiga kali sehari. Untuk hasil lebih baik ganti tanaman yang direbus setiap hari.

Rebus tanaman seharinya untuk tiga kali minum kira-kira dengan lima gelas air. untuk tanaman segar rebusan jangan terlalu lama, sampai tanaman terlihat agak layu angkat dinginkan.

10. Digigit ular atau digigit binatang lain

Umbi dilumatkan kemudian ditempelkan ke tempat yang digigit.

Itulah beberapa manfaat Daun Dewa dan cara pengolahannya, bisa digunakan sebagai referensi untuk pengobatan pada diri sendiri ataupun orang lain.

Namun sebaiknya dilakukan oleh orang yang berpengalaman sebagai herbalis atau pengobat traditional agar tidak terjadi kesalahan dalam meramu herbal nya. Jika anda bukan seorang pengobat yang berpengalaman sebaiknya cara pengolahan herbal diatas mohon di konsultasikan kembali dengan terapis atau herbalis yang anda percaya.

Nabawi Herba selaku distributor Herbal tentu saja menjual Herba daun Dewa yang sudah diolah dalam bentuk ekstrak, jika anda kesulitan untuk mengolah daun dewa dalam bentuk masih tanaman, anda bisa membeli yang sudah dalam bentuk ekstrak Kapsul di Nabawi herba.

Silahkan download Katalog Herbal kami untuk melihat daftar harga lebih lengkap. Atau silahkan hubungi bagian operasional kami untuk lebih jelasnya di 0813 19000 333.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat WhatsApp?