Informasi seputar fakta pasta gigi termasuk hal yang mungkin terlewatkan padahal cukup menarik untuk dibahas. Mulai dari sejarahnya, bahan-bahan yang digunakan hingga penemuan pembersih gigi ini dalam bentuk pasta. Sekarang bahkan dikenal juga pasta gigi dari bahan herbal.

Pasta gigi termasuk salah satu kebutuhan untuk menjaga kesehatan yang perlu ada. Terutama kesehatan gigi dan mulut. Gigi dan mulut yang tidak sehat menyebabkan kesulitan untuk mengkonsumsi makanan kebutuhan tubuh kita sehari-hari. Nah, untuk lebih mengenal produk kebutuhan rutin yang satu ini, simak berbagai fakta pasta gigi berikut ini.

Sejarah Pasta Gigi

Fakta pasta gigi yang pertama menarik untuk dibahas adalah seputar sejarahnya. Barang yang satu ini di Indonesia sendiri ada yang menyebutnya dengan sebutan odol. Namun apakah sebenarnya odol memang sebutan lain untuk pasta gigi?

Kebiasaan Menyikat Gigi, sumber Pikiran Rakyat
Kebiasaan Menyikat Gigi, sumber Pikiran Rakyat

Dilansir dari situs Liputan6, Pasta gigi pada mulanya digunakan pada 3.000- 5.000 tahun SM oleh masyarakat Mesir Kuno seperti diungkap dalam sebuah penelitian. Tentu saja pada saat itu pasta gigi yang saat ini ada namun mengenai fungsi sama. Saat itu, terbuat dari bubuk abu kuku lembu, mur, kulit telur, batu apung kemudian ditambahkan air pada saat mau digunakan.

Lalu, tercatat juga di Yunani dan Roma penggunaan bubuk abu tertentu yang ditambahkan tulang-tulang hancur dan cangkang tiram yang bersifat abrasif pada gigi. Ditambahkan juga bubuk arang dan kulit kayu yang berfungsi untuk memberikan aroma yang menurut mereka segar di mulut.

Dalam rentang waktu yang kira-kira sama, penggunaan bahan yang berfungsi seperti pasta gigi pun digunakan pada masyarakat Tiongkok dan India. Bentuk pasta gigi sama yakni berupa bubuk yang berubah menjadi gel jika ditambah air.

Beralih ke abad 4 Masehi, peradaban mesir menggunakan campuran garam, lada, daun mint, dan bunga iris sebagai bahan dasar pasta gigi. Ini merupakan fakta pasta gigi yang sudah maju setelah sebelumnya tidak dikenal ramuan apapun. Campuran bahan tersebut hanya dioleskan pada gigi mereka dan diratakan saja, tidak digosok menggunakan sikat gigi.

Pada abad ke-9 M, ditemukan juga sebuah pasta gigi oleh seorang musisi dan perancang busana asal Persia, bernama Ziryab. Tidak diketahui dengan pasti apa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pasta gigi tersebut. Namun diketahui pasta gigi tersebut dapat membersihkan sisa-sisa kotoran makanan dan memberikan aroma segar pada mulut.

Odol, sumber Yukepo
Odol, sumber Yukepo

Pasta gigi yang ditemukan pada abad tersebut bisanya disimpan pada sebuah mangkuk atau gelas kecil. Sedangkan pasta gigi yang dibuat dalam sebuah kemasan tube pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Washington Sheffield yang berasal dari Inggris. Produk pasta giginya itu diberi nama “Dr.Sheffield’s Cream Dentifrice”.

Lantas, bagaimana dengan odol? Ternyata odol merupakan sebuah merk. Pasta gigi merek Odol pertama kali diproduksi di Jerman oleh Dresden chemical laboratory Lingner, yang sekarang dikenal sebagai Lingner Werke AG pada tahun 1892 sebagai cairan pencuci mulut (mouthwash). Odol moutwash pada tahun 1900-an adalah merk ternama dan yang paling luas penggunaannya di hampir seluruh daratan Eropa.

Karl August Lingner adalah orang yang menciptakan Odol moutwash dan dia adalah orang yang giat mengampanyekan hidup higienis. Dia juga dikenal sebagai orang pertama yang mengadakan International Hygiene Exhibition pada tahun 1911. Dia mendirikan museum The German Hygyene Museum di Dresden.

Manfaat Pasta Gigi

Fakta pasta gigi selanjutnya adalah informasi yang bermanfaat seputar pasta gigi, yaitu seputar kegunaannya bagi organ tubuh manusia yaitu gigi dan mulut. Sebagaimana diketahui, pasta gigi memang digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut informasinya yang dilansir dari tanya pepsodent.

1. Memperlambat hilangnya mineral dari enamel gigi

Saat bakteri di dalam mulut mengurai gula dan karbohidrat yang Anda konsumsi, bakteri tersebut akan memproduksi asam. Sedikit demi sedikit asam akan mengikis mineral dari enamel gigi, sebuah proses yang dikenal dengan sebutan demineralisasi. Jika enamel gigi kehilangan mineralnya, gigi menjadi rentan diserang bakteri yang mengakibatkan gigi berlubang. Manfaat fluoride untuk gigi dalam hal ini dapat memperlambat proses demineralisasi. Gosoklah gigi secara teratur agar enamel gigi tetap kuat.

2. Mengembalikan kekuatan enamel gigi

Salah satu fungsi pasta gigi yang mengandung fluoride adalah membantu mengembalikan kekuatan enamel gigi. Asam yang diproduksi bakteri akan mengikis kandungan mineral penting kalsium dan fosfat gigi. Fluoride membantu proses remineralisasi atau pembentukan kembali mineral gigi dengan cara menangkap mineral dari air liur dan mendorong kalsium dan fosfat kembali ke gigi sehingga enamel tetap menjadi kuat.

Manfaat Menyikat Gigi, sumber Kompas
Manfaat Menyikat Gigi, sumber Kompas

3. Mencegah gigi berlubang

Manfaat fluoride untuk gigi berlubang adalah kemampuannya untuk menghentikan proses awal rusaknya gigi karena bakteri. Dengan menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi berfluoride, enamel gigi dapat memperbaiki dirinya sendiri dengan bantuan fluoride dan mineral dari air liur. Perhatikan gejala awal gigi berlubang, yaitu timbulnya bercak berwarna putih pada gigi. Bila ini terjadi, tingkatkan kebersihan gigi Anda untuk menghindari gigi berlubang.

4. Mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya

Ada banyak bakteri yang ada di dalam mulut. Sebagian bakteri bermanfaat namun sebagian lainnya berbahaya, misalnya bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Gigi berlubang diakibatkan adanya infeksi jenis bakteri berbahaya yang menggunakan gula untuk memproduksi asam. Dalam hal ini, fungsi pasta gigi yang mengandung fluoride adalah mencegah bakteri berbahaya berkembang biak dan merusak gigi.

5. Membuat napas menjadi segar

Banyaknya bakteri yang ada di mulut dapat menimbulkan bau napas yang tidak sedap. Hal ini dapat mempengaruhi rasa percaya diri dan kenyamanan. Hindari hal ini dengan menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi.

Itu dia fakta pasta gigi mulai dari sejarah hingga manfaat pasta gigi untuk kesehatan gigi dan mulut. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Jika Anda membutuhkan pasta gigi herbal, silahkan berlangganan di Toko Herbal Online Nabawi Herba.

× Chat WhatsApp?