Rempah kencur merupakan bahan alami yang sering dikonsumsi dan dimanfaatkan di Indonesia. Rempah kencur biasa dimanfaatkan sebagai bahan utama jamu yang dikenal khasiatnya untuk berbagai keluhan dan kesehatan tubuh, juga dapat dijadikan sebagai bumbu makanan untuk menambah aroma dan rasa nikmat. Bahkan ada yang mengklaim jika kencur dapat menyaingi obat-obatan.

Apakah Anda termasuk salah seorang yang suka mengkonsumsi tanaman herbal untuk mejaga kesehatan tubuh? Rempah kencur termasuk salah satu yang telah dikemas menjadi produk herbal praktis untuk dikonsumsi sebagai obat atau suplemen. Kenali berbagai informasi seputar kencur beserta manfaatnya berikut ini.

Tanaman Kencur

Rempah kencur merupakan salah satu tanaman yang hampir sama bentuknya dengan jahe. Bahkan, bagi siapa saja yang awam dengan bumbu dapur pasti tidak dapat membedakan antara herbal kencur dan jahe pada awalnya. Namun keduanya berbeda termasuk dari sisi manfaatnya.

Kaempferia galanga (nama latin dari kencur) kemungkinan berasal dari India, di mana ia tersebar luas. Tanaman ini dibudidayakan secara meluas di Asia Tenggara, Cina selatan, Nusantara hingga Maluku; dan kemungkinan pula diintroduksi ke Australia utara.

Herbal Kencur, sumber Makan Abis
Herbal Kencur, sumber Makan Abis

Kencur merupakan temu kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar dengan susunan berhadapan, tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah.

Bunga majemuk tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga berjumlah antara 4 sampai 12 buah. Bibir bunga (labellum) berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan. Tumbuhan ini tumbuh baik pada musim penghujan. Kencur dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari, tidak terlalu basah dan setengah ternaungi.

Tanaman ini merupakan salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand).

Kencur (nama bahasa Jawa dan bahasa Indonesia) dikenal di berbagai tempat dengan nama yang berbeda-beda: cikur (bahasa Sunda); ceuko (bahasa Aceh); kaciwer (bahasa Karo); kencor (Madura); cekuh (bahasa Bali); Sekuh atau Sekur (bahasa Sasak), kencur, sukung (bahasa Melayu Manado); asauli, sauleh, soul, umpa (bahasa-bahasa di Maluku); serta cekir (Sumba). (sumber : Wikipedia)

Berbagai khasiat dari rempah kencur diketahui berdasarkan nutrisi atau zat yang terkandung di dalamnya. Berikut beberapa zat yang terkandung dalam rempah kencur :

  • Pati atau zat tepung: zat tepung atau pati memiliki kandungan karbohidrat atau glukosa
  • Mineral: Mineral dibutuhkan tubuh untuk mengaktifkan ratusan reaksi enzim dalam tubuh
  • Metanol: dapat digunakan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit menyerang
  • Minyak atsiri yang berupa sineol: disinyalir memiliki kandungan antioksidan
Jamu Beras Kencur, sumber SehatQ
Jamu Beras Kencur, sumber SehatQ

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Rempah kencur memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berbagai manfaat ini telah dikenal sejak masa lampau hingga kini. Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut beberapa khasiat herbal kencur yang dilansir dari situs Alodokter.

1. Mencegah kanker

Kanker merupakan pertumbuhan sel abnormal yang tak terkendali karena adanya perubahan sifat genetik atau mutasi gen. Jika tidak ditangani sejak dini, kanker dapat menyebar ke jaringan lain dalam tubuh dan semakin sulit ditangani (metastasis).

Berbagai riset menunjukkan bahwa kencur mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, kencur baik untuk Anda konsumsi guna mencegah kanker.

2. Menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika tekanan darah mencapai 140/90 mmHg atau lebih. Kondisi ini memaksa jantung untuk memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit tertentu seperti stroke, penyakit jantung, dan kerusakan ginjal.

Kencur telah lama digunakan untuk mengobati hipertensi. Berbagai studi pun mendukung temuan ini karena kencur mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik. Kandungan di dalam kencur tersebut diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Kencur pun baik dikonsumsi untuk melancarkan sirkulasi darah.

3. Membasmi bakteri penyebab penyakit

Ekstrak kencur diketahui mengandung minyak esensial yang bersifat antibakteri. Beberapa riset menunjukkan bahwa kandungan antibakteri pada kencur dapat membasmi kuman di kulit, gigi dan gusi, serta saluran pernapasan. Manfaat kencur bahkan dipercaya dapat mematikan kuman Mycobacterium tuberculosis penyebab TBC.

Akan tetapi, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas dan tingkat keamanan kencur sebagai obat untuk mengobati penyakit infeksi masih perlu diteliti lebih lanjut.

Ilustrasi Batuk, sumber Tokopedia
Ilustrasi Batuk, sumber Tokopedia

4. Meredakan nyeri dan peradangan

Kencur mengandung zat yang bersifat antinyeri dan antiradang. Saat tubuh mengalami peradangan atau nyeri, Anda dapat menggunakan kencur untuk meringankannya. Manfaat kencur ini sudah terkenal sejak dahulu, sehingga umum digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit kepala, sakit gigi, dan radang sendi.

5. Menangkal radikal bebas

Kencur merupakan salah satu tumbuhan herba yang kaya akan kandungan antioksidan, misalnya flavonoid. Kandungan ini diketahui mampu menangkal kerusakan sel akibat paparan radikal bebas dari asap rokok atau polusi. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, kandungan antioksidan flavonoid dalam kencur juga bermanfaat untuk meredakan peradangan dan mencegah kanker.

6. Mengurangi stres

Kencur juga dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan meredakan rasa cemas serta stres. Efek ini bisa Anda peroleh jika mengonsumsi kencur batang dan daun kencur sebagai jamu, suplemen, atau aromaterapi. Selain memberikan berbagai manfaat di atas, kencur juga diketahui bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh dan mengatasi sembelit.

Meskipun dapat memiliki berbagai manfaat, namun jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebihan. Konsultasikan kepada ahli herbal bersama toko herbal online atau dokter di sekitar Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

× Chat WhatsApp?