Diantara banyak asupan yang dibutuhkan oleh tubuh, vitamin termasuk salah satu yang penting. Terdapat banyak manfaat vitamin C pada tubuh dan sebaliknya, potensi untuk muncul masalah kesehatan bisa terjadi apabila tidak mengkonsumsi vitamin C hingga terpenuhi kebutuhan harian tubuh akan zat ini.

Sebenarnya ada banyak bahan makanan yang menjadi sumber vitamin C. Namun jika tidak seimbang dengan pola aktivitasnya, kekurangan vitamin C juga tidak dapat dihindari. Simak berbagai informasi seputar vitamin C berikut ini.

Manfaat Vitamin C

Lantas apa saja fungsi tubuh yang dapat bekerja semakin baik karena manfaat vitamin C bagi tubuh kita? Ada beberapa yang penting untuk diketahui. Meskipun begitu, karena vitamin yang satu ini cukup mudah untuk didapat dalam asupan makanan, belum tentu karena manfaat vitamin C bagi tubuh ini seseorang harus mengkonsumsinya dalam bentuk tablet atau minuman. Berikut ulasannya.

1. Menjaga Kulit

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan agar kulit tetap sehat bahkan kencang sehingga tampak awet muda adalah kolagen. Vitamin C merupakan suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi kolagen ini. Karena itu, asupan vitamin C yang cukup dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit kita.

2. Mengobati Flu

Pernah ada penelitian-penelitian seputar bagaimana manfaat vitamin C pada tubuh yang dikaitkan dengan penyakit flu. Hasilnya adalah bahwa penyakit flu bukan hanya sekedar dapat mencegah penyakit flu namun bahkan sampai dapat mengobati penyakit flu. Apabila terkena flu, jika mengkonsumsi vitamin C berpeluang mengurangi durasi penyakitnya. Namun tetap saja bahwa suplemen yang satu ini bukanlah obat, namun nutrisi yang perlu dikonsumsi apabila dibutuhkan.

Kesehatan Kulit, sumber Sindonews
Kesehatan Kulit, sumber Sindonews

3. Pertahanan dari Radikal Bebas

Tubuh kita sebenarnya rentan terhadap zat-zat yang dapat merusak hingga ke dalam sel. Zat-zat semacam ini biasanya disebut dengan sebutan radikal bebas. Molekul radikal bebas sendiri bisa terbentuk dari polusi udara, makanan dan proses metabolisme di dalam tubuh.

Di dalam vitamin C terdapat Antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Bahkan, vitamin C juga terbukti mampu memperbaiki antioksidan lain di dalam tubuh, termasuk alpha-tocopherol yang ada pada vitamin E.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Fungsi kekebalan tubuh dihasilkan oleh sel darah putih pada tubuh kita. Dibutuhkan berbagai nutrisi yang dapat membantu tubuh untuk terus memproduksi sel darah putih ini. Salah satu nutrisinya adalah vitamin C. Dengan vitamin C, tubuh dapat memproduksi sel darah putih jenis limfosit dan fagosit.

5. Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian terdahulu menemukan bahwa konsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram per hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. LDL (low-density lipoprotein) dan trigliserida merupakan kolesterol ‘jahat’ yang bisa memicu pembentukan plak pada pembuluh darah.

Plak ini dapat beresiko menimbulkan penyakit kardiovaskular atau penyakit yang berhubungan dengan jantung. Sehingga mengkonsumsi vitamin C dapat mengontrol jumlah LDL dan trigliserida dari makanan yang kita konsumsi.

Ilustrasi Kekebalan Tubuh, sumber Tribun Jogja
Ilustrasi Kekebalan Tubuh, sumber Tribun Jogja

6. Mengontrol Tekanan Darah

Menurut jurnal pada The American Journal of Clinical Nutrition, suplemen vitamin C bisa menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4,9 mmHg (milimeter air raksa) dan diastolik sebesar 1,7 mmHg. Hal ini merupakan manfaat vitamin C bahkan bagi kesehatan penderita hipertensi untuk mengontrol tekanan darahnya.

7. Mencegah Asam Urat

Mengkonsumsi vitamin C rutin dengan jumlah yang cukup dapat mengurangi resiko terkena asam urat hingga 44%. Maka bagi Anda yang beresiko bahkan terkena penyakit asam urat, cobalah berkonsultasi dengan dokter salah satunya terkait asupan vitamin C yang perlu dikonsumsi.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka terkait dengan sel kulit pada tubuh kita. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa vitamin C dapat memberikan nutrisi yang bagus agar kulit selalu sehat bahkan tampak awet muda. Hal ini juga sama apabila terdapat luka yang terjadi pada organ kulit kita.

Proses penyembuhan luka membutuhkan banyak protein, salah satunya kolagen. Vitamin C merangsang produksi, pematangan, dan pelepasan kolagen pada jaringan yang terluka. Sehingga vitamin C berperan penting dalam mempercepat penyembuhan luka.

9. Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Ada berbagai masalah kesehatan dan penyakit kronis diantaranya seperti diabetes, kanker, penyakit jantung, penyakit mata dan lainnya yang ternyata berhubungan dengan pengaruh radikal bebas. Karena vitamin C dapat mengurangi dampak radikal bebas pada tubuh, otomatis vitamin C berperan mengurangi resiko berbagai penyakit kronis.

Sumber Vitamin C, sumber CNN
Sumber Vitamin C, sumber CNN

Vitamin C sebagai antioksidan dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan dan mutasi yang nantinya berdampak pada munculnya berbagai penyakit kronis. Karena itu, penuhilah asupan vitamin C harian Anda untuk mengurangi resiko penyakit ini.

10. Mencegah Anemia

Asam askorbat (vitamin C) dapat meningkatkan penyerapan zat besi, khususnya dari sumber nabati yang zat besinya lebih sulit diserap oleh tubuh. Anemia adalah defisiensi zat besi yang merupakan penyakit yang terjadi saat sel darah merah tidak memiliki cukup zat besi. Padahal, sel darah merah memerlukan zat besi untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Karena itu, cukupi asupan vitamin C harian untuk mencegah anemia.

Itu dia berbagai manfaat vitamin C pada tubuh yang ternyata berperan sangat penting sekali. Vitamin ini termasuk salah satu yang mudah didapatkan karena banyak terdapat pada makanan seperti buah dan sayuran. Sehingga tidak harus langsung mengkonsumsinya dalam bentuk tablet atau minuman. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

× Chat WhatsApp?