Bagi sebagian orang, kehamilan untuk menghadirkan keturunan bisa menjadi hal yang perlu waktu lama untuk didambakan. Namun tidak perlu merasa berkecil hati, karena setiap masalah telah Allah SWT ciptakan solusinya. Tinggal bagaimana kita menjalankannya, seperti salah satunya mengkonsumsi makanan penyubur kandungan.

Jika masalah belum dihadirkannya keturunan kita hadapi dengan terus berdoa kepada sang Pencipta, namun untuk masalah kesehatan seperti kesuburan agar cepat hamil perlu dikonsultasikan kepada ahlinya. Nah, ahli gizi maupun dokter merekomendasikan beberapa makanan penyubur kandungan yang bisa menjadi kebiasan hidup sehat bagi siapa saja yang mempersiapkan diri untuk mendapatkan kehamilan.

Makanan Sehat Penyubur Kandungan

Ibu Hamil, sumber Kiblat Muslimah
Ibu Hamil, sumber Kiblat Muslimah

Usaha untuk hamil bagi para wanita perlu dilakukan dengan berbagai cara yang memungkinkan. Misalnya tinggal di lingkungan yang sehat, beraktivitas dengan rutin berolahraga termasuk membiasakan diri dengan mengkonsumsi makanan penyubur kandungan. Nah, kali ini, toko obat herbal online ingin membahas beberapa jenis makanan dengan nutrisi yang bisa menjadi penyubur kandungan.

1. Daging sapi dan ayam

Daging sapi dan ayam mengandung zinc yang memang terbukti baik untuk mengatur jumlah sperma serta motilitas atau pergerakannya, agar bisa sampai dengan selamat ke sel telur.

Selain dagingnya, hati sapi dan ayam pun dianggap baik untuk sperma karena kaya akan kandungan vitamin B-12. Vitamin ini telah terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, atau lettuce kaya akan kandungan folat. Untuk menyeharkan sperma, kandungan folat harus dipenuhi. Sebab, kekurangan folat telah terbukti berhubungan dengan rusaknya DNA sperma dan rendahnya produksi sperma.

3. Ikan

Makanan penyubur sperma selanjutnya adalah ikan. Ikan yang berlemak seperti salmon, tuna, dan makarel, kaya akan vitamin D yang bisa meningkatkan produksi testosteron dan motilitas sperma.

4. Telur

Telur merupakan makanan yang dipercaya baik untuk meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan. Selain dipercaya bisa menambah volume sperma, telur juga mengandung vitamin E dan protein yang dapat membantu pergerakan (motilitas) sperma.

Herbal Subur Kandungan, sumber Toko Herbal Online
Herbal Subur Kandungan, sumber Toko Herbal Online

5. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya seperti yogurt dan keju juga kaya akan vitamin D yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, susu juga kaya akan asam D-aspartat, yaitu sejenis asam amino yang berperan dalam pengaturan hormon testosteron dan meningkatkan konsenterasi dan motilitas sperma.

6. Buah yang mengandung vitamin C

Buah yang rasanya cenderung asam seperti jeruk, kiwi, dan strawberry kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C termasuk salah satu antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan jumlah produksi sperma. Dikutip dari penelitian dalam National Library of Medicine, suplemen vitamin C diketahui mampu meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma secara drastis sekaligus mengurangi jumlah sel sperma yang cacat.

Dalam jurnal ditemukan, sebuah penelitian pada pria tidak subur menunjukan bahwa mengonsumsi suplemen 1.000 mg vitamin C dua kali sehari hingga 2 bulan, mampu meningkatkan motilitas atau pergerakan sperma hingga 92% dan jumlah sperma lebih dari 100%. Penelitian ini juga menunjukan bahwa konsumsi suplemen vitamin C tersebut mengurangi proporsi sel sperma yang cacat hingga 55%.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang juga bisa bertindak sebagai antioksidan. Vitamin ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan.

8. Ginseng

Ginsenoside, bahan aktif yang terdapat pada ginseng dapat menstimulasi pembentukan sperma. Selain itu, rempah yang satu ini juga dinilai dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma.

9. Dark chocolate

Siapa sangka cokelat ternyata masuk sebagai salah satu makanan penyubur sperma.Namun, bukan cokelat susu atau cokelat permen yang mengandung banyak gula. Cokelat yang dimaksud adalah dark chocolate yang tidak mengandung terlalu banyak bahan tambahan lain. Dark chocolate mengandung enzim yang bernama L-Arginine yang dapat membantu menambah volume sperma.

Buah Zuriat, sumber Orami
Buah Zuriat, sumber Orami

10. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, komponen yang bisa membantu melancarkan aliran darah, termasuk ke area organ reproduksi pria. Dengan adanya aliran darah, maka organ bisa berfungsi dengan baik, termasuk dalam hal memproduksi sperma yang sehat. Bawang putih juga mengandung selenium, yaitu enzim yang dapat membantu meningkatkan pergerakan sperma agar bisa mencapai sel telur.

11. Buah Zuriat

Belum ada penelitian valid yang menyatakan bahwa buah zuriat merupakan makanan untuk promil dan ampuh sebagai penyubur kandungan. Namun, penelitian yang dilakukan di Mesir mengatakan bahwa buah ini punya kandungan anti-oksidan.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan kemungkinan baik untuk regenerasi sel reproduksi. Senyawa antioksidan bekerja dengan cara menghilangkan oksigen reaktif, di mana senyawa ini dihasilkan secara alami oleh tubuh.

Pada saat Anda mengalami stres, tubuh akan menghasilkan kadar oksigen reaktif yang cukup tinggi, ini disebut dengan stres oksidatif. Stres oksidatif dapat merusak sel-sel, termasuk sel telur (ovum) dan sperma yang penting untuk reproduksi.

Terapkan gaya hidup sehat

Menjadi sehat dengan pola konsumsi makanan penyubur kandungan juga harus didukung dengan aktivitas yang dapat mendukung kebugaran tubuh seperti berolahraga. Jika makanan memberikan dukungan dari dalam, berolahraga dapat memberikan dukungan dari dalam. Termasuk untuk merawat kehamilan atau berusaha agar bisa hamil.

Itu dia berbagai makanan penyubur kandungan yang perlu diperhatikan namun masih perlu ada kegiatan lainnya yang juga mendukung kesehatan kehamilan. Bagi Anda yang ingin mencoba herbal untuk kehamilan, bisa menghubungi toko herbal online yang melayani konsultasi gratis sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada.

× Chat WhatsApp?