Jika disimak, saat ini, banyak pebisnis yang memanfaatkan WA bisnis sebagai penunjang promosi mereka. Tidak mengherankan memang karena berbekal fitur WA bisnis yang cukup lengkap, aplikasi ini cukup efektif untuk menggaet lebih banyak target market dan memasarkan berbagai produk, termasuk obat herbal.

Dari beberapa survey yang dilakukan, ditemukan hasil bahwa ragam fitur yang ada pada aplikasi ini mampu meningkatkan efisiensi kerja tim terutama dalam memberikan respons hingga 33%. Tentu, angka tersebut cukup tinggi dan turut meningkatkan kepuasan pelanggan nantinya.

Lantas, apa saja ragam fitur WA bisnis yang tersedia dan mana fitur yang efektif untuk menunjang promosi bisnis obat herbal Anda? Simak ulasannya!

WA Bisnis, Apa Bedanya dengan WA Biasa?

Mengenal aplikasi WhatsApp Business, Sumber: whatsapp.net
Mengenal aplikasi WhatsApp Business, Sumber: whatsapp.net

Sebelum membahas tentang ragam fitur yang ada pada aplikasi WA bisnis ini, tentu Anda perlu mengetahui apa beda aplikasi ini dengan WA biasa. Secara umum, kedua jenis aplikasi ini memiliki fungsi utama yang sama, yakni untuk mengirimkan pesan atau melakukan panggilan suara.

Namun, seperti namanya, WA bisnis memang dirancang untuk menunjang promosi bisnis. Tidak hanya memudahkan untuk menjawab pertanyaan calon konsumen, aplikasi ini juga efektif untuk melakukan promosi produk melalui fitur katalog yang ada.

Selain itu, Anda pun nantinya juga bisa menerapkan chat bot. Dengan fitur ini, pesan dari konsumen potensial yang masuk akan langsung dijawab secara otomatis sambil nantinya Anda bisa menjawab pertanyaan yang masuk tersebut secara langsung. 

Ragam Fitur WA Bisnis untuk Menunjang Promosi

Ragam fitur di WhatsApp Business, Sumber: odcdn.com.br
Ragam fitur di WhatsApp Business, Sumber: odcdn.com.br

Sebagaimana disinggung sebelumnya, WA bisnis hadir dengan berbagai fitur menarik yang tidak ada pada aplikasi WA biasa. Nah, adapun beberapa fitur WA bisnis yang tersedia dan bisa dijadikan tools untuk mempromosikan bisnis obat herbal Anda di antaranya:

1. Profil Bisnis

Salah satu fitur menarik dari WA bisnis adalah profil bisnis. Ini adalah fitur yang sangat menarik, terutama untuk membangun toko secara online dengan lebih profesional. Perlu diketahui bahwa informasi toko yang disajikan bisa mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan transaksi. 

Nah, dalam aplikasi ini tersedia menu untuk mencantumkan berbagai informasi bisnis Anda. Ya, Anda bisa mengisi nama toko yang Anda gunakan, deskripsi bisnis, alamat, kategori bisnis, jam buka dan lainnya. Sangat menarik, bukan?

2. Centang Hijau

Fitur WA bisnis lain yang menarik adalah fitur centang hijau atau green tick. Ini adalah fitur yang cukup bisa diandalkan untuk meningkatkan brand awareness dan tingkat kepercayaan konsumen.

Perlu diketahui bahwa fitur yang satu ini akan didapatkan oleh akun WA yang sudah terverifikasi. Tentu saja, dengan adanya centang hijau ini, profil WA Anda akan terlihat lebih menarik dan kredibilitas bisnis Anda secara tidak langsung akan meningkat.

3. Katalog

Katalog menjadi fitur menarik WA bisnis yang juga efektif untuk menunjang bisnis obat herbal yang Anda jalankan. Sama seperti halnya katalog bisnis pada umumnya, katalog WA bisnis ini akan membantu Anda menampilkan produk obat herbal apa saja yang tersedia lengkap dengan deskripsi produk termasuk harganya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur klasifikasi produk dalam katalog ini. Dengan pengaturan klasifikasi, Anda bisa memudahkan calon konsumen untuk menemukan produk obat herbal yang sesuai dengan kebutuhan mereka, termasuk menawarkan promo paket bundling.

4. Pesan Otomatis

Sebagaimana disinggung sebelumnya, dengan menggunakan WA bisnis, Anda bisa mengirim pesan secara otomatis untuk menjawab pertanyaan calon konsumen dengan cepat. Fitur chat bot ini memang cukup membantu, terutama untuk menjaga komunikasi dengan target konsumen.

Terkait fitur ini, ada beberapa detail yang bisa Anda manfaatkan, seperti away message, greeting message dan juga quick replies. Nah, cek beberapa variasi pesan otomatis tersebut dan pilih mana yang menurut Anda perlu diaplikasikan untuk menunjang bisnis obat herbal Anda. 

Selain beberapa fitur di atas, WA bisnis sebenarnya masih memiliki fitur lain yang tidak kalah penting. Misalnya saja, pengaturan jam kerja, fitur broadcast untuk mengirim pesan secara massal hingga integrasi dengan aplikasi lain. Hanya saja, berbagai fitur tersebut akan bekerja optimal jika Anda mengetahui cara untuk memaksimalkannya. 

Memaksimalkan Fitur WA Bisnis, Bagaimana Caranya?

Memaksimalkan fitur WA Bisnis, Sumber: sproutsocial.com
Memaksimalkan fitur WA Bisnis, Sumber: sproutsocial.com

Fitur yang lengkap memang menjadi kelebihan WA bisnis dan alasan kenapa aplikasi ini banyak digunakan pebisnis. Hanya saja, pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana cara memaksimalkan WA bisnis ini agar aplikasi pengirim pesan ini bisa efektif untuk meningkatkan penjualan.

Nah, ada beberapa cara memaksimalkan fitur WA bisnis yang bisa Anda terapkan, terutama untuk meningkatkan closing rate penjualan produk yang tidak laku di pasaran. Beberapa cara yang dimaksud di antaranya:

  • Mengelola kontak dengan lebih optimal dan menjadikannya sebagai target market yang potensial, terutama kontak yang pernah menanyakan atau membeli produk
  • Mengintegrasikan WA bisnis dengan aplikasi lainnya terutama media sosial yang juga digunakan sebagai platform promosi
  • Memanfaatkan fitur broadcast secara optimal dan berkala, terutama untuk menawarkan produk baru, program diskon yang dijalankan atau hal lainnya
  • Mempublikasikan nomor WA bisnis ke berbagai media untuk memudahkan konsumen potensial menghubungi Anda
  • Konsisten dalam membuat katalog produk dan berusaha untuk membuat katalog yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi memiliki informasi yang lengkap
  • Memperbanyak pilihan mode pembayaran transaksi untuk memudahkan transaksi

Beberapa poin di atas bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan penggunaan WA bisnis untuk menunjang bisnis obat herbal yang Anda jalankan. Hanya saja, tentu, Anda perlu memastikan jika produk obat herbal yang Anda tawarkan merupakan produk yang berkualitas dan terjamin keamanannya serta berasal dari distributor obat herbal terpercaya.

×

Chat Bantuan

Pilih CS dibawah untuk bantuan Chat WhatsApp langsung.

× Chat WhatsApp?