Untuk sebagian orang memiliki kulit berjerawat menimbulkan rasa kurang percaya diri. Walaupun demikian, bukan berarti jerawat yang timbul tidak bisa diatasi. Anda dapat mencoba menggunakan masker dengan bahan alami untuk mengatasi jerawat yang ada di muka.

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering kali terjadi, dan muncul pada saat pori-pori kulit tersumbat. Penyumbatan terjadi karena produksi minyak kulit berlebih, sel kulit mati yang menumpuk, maupun jenis kotoran yang lain. Kondisi ini juga sering terjadi pada saat hormon di dalam tubuh tidak terkontrol.

Biasanya jerawat ditandai dengan munculnya komedo, papul, kista, atau pustula. Saat jerawat muncul di area wajah, selain membuat kurang percaya diri juga menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Tidak hanya kulit berminyak, pemilik tipe kulit yang lainpun juga bisa mengalami masalah jerawat ini.

Kondisi yang paling menyebalkan adalah pada saat anda akan menghadiri acara penting, jerawat muncul secara tiba-tiba ditempat yang tidak diinginkan. Padahal sebelumnya tidak terjadi indikasi akan muncul jerawat. Hal inilah yang membuat orang-orang ingin melakukan perawatan alami untuk mengatasi jerawat ini.

Masker alami untuk jerawat, Sumber : klikdokter.com
Masker alami untuk jerawat, Sumber : klikdokter.com

Bahan Alami Untuk Masker Wajah

Ada berbagai macam bahan alami yang dapat anda jadikan masker untuk mengatasi kulit jerawat anda. Namun, perlu dilakukan uji alergi dulu ya sebelum anda menggunakannya. Apabila tidak terjadi reaksi alergi maupun iritasi, maka anda dapat melanjutkan pemakaian bahan tersebut

1. Madu

Bahan alami pertama yang dapat anda manfaatkan sebagai masker untuk kulit berjerawat adalah madu. Madu memiliki kandungan antibakteri yang mampu melawan infeksi bakteri sebagai faktor penyebab jerawat. Untuk cara penggunaan bahan inipun juga cukup mudah.

Anda dapat secara langsung mengoleskan madu pada lokasi jerawat berada. Selain itu, anda juga dapat mencampurkan madu dengan oatmeal. Campurkan 1/2 gelas madu dengan 1 gelas oatmeal. Setelah itu aduklah hingga rata, kemudian barulah anda aplikasikan pada kulit berjerawat selama 30 menit lalu bilaslah dengan air.

Madu, Sumber : republika.co.id
Madu, Sumber : republika.co.id

2. Lemon

Lemon memiliki kandungan asam askorbat yang cukup ampuh digunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel pada kulit anda. Selain itu, lemon juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat yang tersisa pada kulit.

Untuk cara penggunaannya cukup mudah, ambil air lemon dengan memeras 1 buah lemon. Setelah airnya keluar, anda dapat langsung mengoleskannya pada muka yang berjerawat. Tunggulah sekitar 10 hingga 15 menit, lalu bilaslah dengan air bersih.

Air lemon, Sumber : kumparan.com
Air lemon, Sumber : kumparan.com

3. Putih Telur

Putih telur mengandung enzim lysonzim yang ternyata mampu dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengatasi jerawat secara ampuh. Cara penggunaannya sangat mudah, anda hanya tinggal memisahkan putih telur dari kuning telurnya.

Setelah putih telur terpisah dari kuningnya, anda dapat menambahkan sedikit perasan lemon. Lalu oleskan putih telur tadi ke wajah anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit, kemudian bilaslah sampai bersih dengan air.

Putih telur, Sumber : sehatq.com
Putih telur, Sumber : sehatq.com

4. Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat membantu mengatasi permasalahan jerawat secara alami. Anda cukup, memerlukan 1 buah tomat yang kemudian dipotong menjadi 2 bagian. Oleskan secara menyeluruh pada wajah anda. Diamkan selama kurang lebih 25 menit, kemudian bilaslah dengan air sampai bersih.

Tomat, Sumber : tokopedia.com
Tomat, Sumber : tokopedia.com

5. Cuka Apel

Beberapa waktu lalu cuka apel mulai populer karena dianggap dapat membantu dalam mengatasi masalah jerawat. Di dalam cuka apel memiliki kandungan antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri yang menjadi faktor penyebab jerawat. Anda dapat menggunakannya secara rutin.

Dengan rutin menggunakan cuka apel, masalah kulit berjerawat dapat diatasi dengan cepat dan mudah. Cara penggunaannya cukup mudah, gunakan 1 hingga 2 sendok cuka apel. Lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas bersih. Setelah itu diamkan sekitar 5 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Cuka apel, Sumber : halodoc.com
Cuka apel, Sumber : halodoc.com

6. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung polifenol yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit. Dengan penggunaan lidah buaya secara teratur mampu membantu menghilangkan jerawat secara keseluruhan.

Cara penggunaannya juga mudah, anda cukup mengambil gel yang ada di dalam lidah buaya. Kemudian gunakan gel tersebut sebagai masker yang dioleskan secara merata ke seluruh wajah. Diamkan selama kurang lebih 25 menit, setelah itu anda dapat membilas wajah anda dengan air sampai bersih.

Lidah buaya, Sumber : honestdocs.id
Lidah buaya, Sumber : honestdocs.id

7. Teh Hijau

Di dalam teh hijau mengandung banyak antiinflamasi dan antioksidan yang mampu membantu menyembuhkan jerawat. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk memanfaatkan teh hijau ini.

Cara pertama, anda dapat menggunakan air dari teh hijau yang sudah dingin sebagai pembersih wajah. Untuk cara kedua, anda dapat meletakkan kantung teh hijau di atas daerah wajah yang berjerawat. Agar jerawat dapat diatasi dengan lebih cepat, anda perlu melakukan hal ini secara teratur.

Teh hijau, Sumber : alodokter.com
Teh hijau, Sumber : alodokter.com

8. Bawang Putih

Zat sulfur diyakini mampu menghilangkan jerawat dengan cepat. Zat ini dapat anda temui pada bawang putih, yang biasanya anda gunakan sebagai bumbu dapur. Untuk cara penggunaannya, anda memerlukan 1 siung bawang putih.

Potong bawang putih tersebut menjadi beberapa bagian. Setelah itu anda dapat menempelkan irisan bawang tadi ke bagian wajah yang berjerawat atau bekas jerawat. Tunggulah hingga 15 menit, setelah itu bilas wajah anda dengan air hingga bersih.

Bawang putih, Sumber : tokopedia.com
Bawang putih, Sumber : tokopedia.com

Apabila anda membutuhkan berbagai macam bahan alami seperti madu, cuka apel, dan berbagai jenis herbal lainnya anda bisa membelinya di toko herbal online. Anda tidak perlu keluar rumah untuk membelinya, cukup memesannya secara online dan pesanan akan langsung dikirimkan sesuai dengan alamat rumah anda.

Untuk mengetahui bagaimana cara pembelian dari produk kami ini, anda dapat melihatnya di laman website. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masker alami yang digunakan untuk kulit jerawat. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan anda.

× Chat WhatsApp?