Bisa dikatakan, perut buncit menjadi permasalahan banyak orang, terutama pria. Tidak hanya membuat rasa percaya diri berkurang karena perut yang buncit, permasalahan ini pun juga berdampak negatif pada kesehatan tubuh secara umum. Inilah alasan kenapa penting mengetahui tips diet perut buncit.

Ya, perlu diketahui bahwa perut buncit bukanlah masalah yang tidak bisa diatasi. Dengan penerapan diet yang tepat, maka perut yang tadinya terlihat besar akan mengecil dan berat badan pun akan kembali ideal.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa tips diet perut buncit yang sebenarnya cukup mudah dikerjakan dan efektif untuk mengatasi masalah ini. Apa saja tips yang dimaksud? 

Sebenarnya, Apa Penyebab Perut Buncit?

Penyebab perut buncit, Sumber: kompas.com
Penyebab perut buncit, Sumber: kompas.com

Sebelum membahas tips untuk diet perut buncit secara menyeluruh, tentu saja Anda perlu mengetahui apa yang sebenarnya menjadi sebab masalah ini. Alasannya cukup sederhana, dengan mengetahui penyebab masalah, penanganan pada suatu masalah akan jauh lebih efisien dan juga lebih mudah.

Ada beberapa hal yang menjadi biang masalah perut buncit ini. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kebiasaan mengonsumsi makanan yang cenderung tidak sehat seperti makanan dengan kandungan gula, garam atau karbohidrat yang tinggi
  • Kebiasaan minum minuman dengan kandungan soda ataupun alkohol yang sebenarnya bisa menyebabkan penumpukan lemak di bagian perut
  • Tidak melakukan aktivitas fisik serta olahraga dengan teratur sehingga metabolisme tubuh terhambat hingga terjadi penumpukan lemak di area perut
  • Kebiasaan merokok yang dilakukan setiap hari secara berlebihan
  • Mengalami stress akut yang menyebabkan hormon di dalam tubuh tidak stabil dan memicu penumpukan lemak di perut

Selain beberapa hal di atas, masalah perut buncit juga bisa terjadi karena kondisi kesehatan. Misalnya saja, seseorang yang menderita konstipasi atau mengalami pembesaran organ di perut karena infeksi dan kerusakan saluran empedu juga bisa mengalami masalah perut buncit. 

Tips Diet Perut Buncit Paling Efektif, Cocok untuk Pemula

Tips diet untuk perut buncit, Sumber: alfamart.co.id
Tips diet untuk perut buncit, Sumber: alfamart.co.id

Sebagaimana disinggung sebelumnya, perut buncit bukanlah masalah yang tidak bisa diatasi. Hanya saja, Anda perlu melakukan langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini sehingga nantinya penumpukan lemak di area perut tidak akan terjadi lagi.

Nah, terkait mengatasi masalah perut buncit, adapun beberapa tips diet perut buncit yang bisa dilakukan adalah:

1. Berolahraga secara Rutin

Untuk mengatasi masalah perut buncit, berolahraga secara rutin adalah opsi pertama yang harus dilakukan. Bahkan, olahraga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan ala Rasulullah yang sudah terbukti efektif mencegah tubuh gampang sakit.

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan efektif untuk membakar kalori dan memperbaiki metabolisme tubuh. Dampaknya, tubuh akan memiliki kemampuan membakar lemak dengan lebih baik dan berat badan pun akan turun.

Tentu saja, Anda tidak perlu langsung melakukan olahraga yang cenderung berat. Lakukan saja olahraga ringan seperti jogging, berjalan kaki, bersepeda atau yoga secara teratur.

2. Mengelola Konsumsi

Selain berolahraga secara teratur, tips diet perut buncit yang penting untuk dilakukan adalah mengelola pola konsumsi harian. Terkait hal ini, Anda perlu membatasi konsumsi makanan yang memiliki kandungan gula tinggi. Hal ini dikarenakan tubuh bisa menyerap gula dari makanan dan minuman dengan cepat sehingga hormon insulin juga akan naik.

Nah, cek bagaimana pola konsumsi harian Anda. Berusahalah untuk menerapkan tips pola makan sehat seperti mengonsumsi buah dan sayur yang lebih banyak serta mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak. Mungkin, Anda akan merasa berat pada awalnya. Namun, segalanya akan lebih mudah seiring berjalannya waktu.

3. Mengelola Stress dengan Baik

Tips diet perut buncit lain yang tidak kalah penting adalah mengelola stress dengan baik. Seperti disinggung sebelumnya, stress yang berkepanjangan akan membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang meningkatkan nafsu makan sehingga pola makan tidak terkontrol.

Nah, terkait hal ini, berusahalah untuk menerapkan pengelolaan stress yang tepat. Bukan hanya mengatur aktivitas ataupun mencari hiburan sebagai stress release, tetapi juga mengatur pola tidur harian. Sebaiknya, pastikan Anda memiliki waktu tidur cukup sekitar 7 jam per hari.

Memang, memiliki pola tidur yang teratur terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Dalam hal ini, perlu pengaturan agenda harian dengan tepat agar aktivitas tetap bisa berjalan dengan lancar dan Anda tetap memiliki waktu tidur yang cukup. 

Beberapa poin di atas merupakan cara yang cukup efektif sekaligus mudah untuk mengatasi masalah perut buncit. Hanya saja, hasil diet perut buncit tidak bisa didapatkan secara instan. Artinya, Anda harus menerapkan pola hidup sehat dan strategi diet tersebut secara konsisten dari waktu ke waktu. 

Obat Herbal, Bisa Jadi Alternatif Diet Perut Buncit!

Obat herbal untuk menambah nutrisi dan vitamin, Sumber: siloamhospitals.com
Obat herbal untuk diet, Sumber: siloamhospitals.com

Selain menerapkan pola hidup yang sehat, Anda bisa saja mengonsumsi obat herbal sebagai tambahan untuk meningkatkan efektivitas diet perut buncit yang diterapkan. Ya, dengan kandungan yang dimiliki, obat herbal yang dikonsumsi akan membantu meluruhkan lemak di perut dengan lebih cepat.

Ada cukup banyak variasi obat herbal yang bisa diandalkan untuk membantu mengatasi masalah perut buncit. Misalnya saja, obat herbal peluruh lemak, obat herbal untuk menurunkan berat badan dan lainnya.

Nah, Nabawi Herba menyediakan cukup banyak variasi obat herbal yang bisa diandalkan untuk menunjang upaya diet perut buncit Anda. Sebagai distributor obat herbal terpercaya, tentu kami memastikan jika produk obat herbal yang tersedia sudah memiliki izin edar sehingga aman dan tidak menyebabkan ketergantungan meskipun dikonsumsi dalam waktu lama.

×

Chat Bantuan

Pilih CS dibawah untuk bantuan Chat WhatsApp langsung.

× Chat WhatsApp?