Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, perlu dijaga tentu saja. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan menjaga kesehatan ala Rasulullah. Selama beliau hidup, Rasulullah hanya 2 kali mengalami sakit. Sakit pertama ketika beliau diracun, dan yang kedua sakit menjelang wafatnya Rasulullah SAW.

Allah SWT telah memberikan kita kesehatan, maka sudah seharusnya kita menjaganya sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat-Nya. Kesehatan itu penting dan mahal harganya, terdapat salah satu hadits tentang kesehatan, Rasulullah SAW bersabda:

“Dua kenikmatan yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia adalah kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari: 6412, at-Tirmidzi: 2304, Ibnu Majah: 4170).

Anda bisa mengikuti berbagai cara menjaga kesehatan ala Rasulullah SAW. Apa yang telah diajarkan Rasulullah, tentu saja membawa manfaat dan keberkahan. Sehingga Anda tidak akan rugi jika mengikuti hal-hal baik yang dicontohkan oleh beliau, termasuk menjaga kesehatan.

Menjaga kesehatan ala Rasulullah, Sumber: kompas.com
Menjaga kesehatan ala Rasulullah, Sumber: kompas.com

Di kehidupan Rasulullah sehari-hari, beliau sangat peduli dan menjaga kesehatannya dengan baik. Oleh sebab itu selama hidupnya, beliau jarang jatuh sakit bahkan hampir tidak pernah. Seperti yang telah disampaikan di atas, selama hidupnya Rasulullah hanya mengalami sakit 2 kali saja.

Salah satu hal yang bisa mendatangkan penyakit ialah gaya hidup yang tidak sehat. Saat ini banyak sekali orang-orang yang tidak peduli dengan pola makan sehat. Alhasil banyak orang yang jatuh sakit akibat kebiasaan buruk mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Sayangi diri Anda dengan mengatur pola hidup yang lebih baik.

Tips Menjaga Kesehatan ala Rasulullah

Ketika tubuh sehat, maka Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan agar tetap bugar, salah satunya dengan mencontoh kebiasaan baik dari Rasulullah SAW. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan ala Rasulullah yang bisa Anda tiru sehari-hari.

1. Konsumsi Obat Herbal

Sepanjang hidupnya, Rasulullah SAW selalu mengonsumsi obat herbal untuk menjaga kesehatannya agar tidak mudah sakit. Supaya tidak mudah sakit, beliau selalu mengonsumsi habbatussauda, kurma, hingga madu. Khasiat habbatussauda ini baik untuk mengobati berbagai penyakit, hal itu tertuang dalam salah satu hadits.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya habbah sauda` ini merupakan obat dari semua penyakit, kecuali dari penyakit as-samu”. Aku (yakni`Aisyah radhiallahu ‘anha) bertanya: “Apakah as-samu itu?” Beliau menjawab: “Kematian.” (HR. Al-Bukhari no. 5687 dan Muslim no. 5727).

Bahkan untuk saat ini jika Anda membutuhkan berbagai obat herbal, Anda tidak perlu keluar rumah. Anda bisa memesannya di toko herbal online yang menjual berbagai produk herbal termasuk habbatussauda dan yang lainnya. Nabawi Herba siap melayani berbagai kebutuhan produk herbal yang Anda inginkan.

Konsumsi obat herbal, Sumber: cnnindonesia.com
Konsumsi obat herbal, Sumber: cnnindonesia.com

2. Hindari Makan Berlebihan

Berbagai hal yang berlebihan memang tidak baik, termasuk makan berlebihan. Dampak dari makan berlebihan bisa mendatangkan berbagai masalah, misalnya saja obesitas atau kegemukan. Ketika Anda sudah masuk ke golongan obesitas, maka besar kemungkinan Anda terkena berbagai penyakit serius seperti jantung dan yang lain.

Ada salah satu ayat Al-Qur’an tentang pola hidup sehat yang perlu Anda ketahui. Yakni artinya: “Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31).

Ilustrasi makan berlebihan, Sumber: syauqisubuh.com
Ilustrasi makan berlebihan, Sumber: syauqisubuh.com

3. Menghindari Begadang

Di dalam hidupnya, Rasulullah SAW tidak melakukan begadang. Biasanya beliau akan tidur setelah selesai melaksanakan sholat isya’ dan bangun di sepertiga malam untuk menjalankan sholat tahajud. Pola tidur Rasulullah ini amatlah baik, perlu Anda ketahui bahwa begadang bisa mendatangkan penyakit.

Normalnya, manusia akan membutuhkan waktu tidur sekitar 8 jam sehari. Jika kurang dari itu akan menimbulkan efek buruk kesehatan. Dampak buruk begadang bagi kesehatan diantaranya ialah sulit berkonsentrasi, muncul berbagai penyakit serius (jantung, diabetes, dan yang lainnya), hingga rentan mengalami kecelakaan.

Hindari begadang, Sumber: lifestyle.okezone.com
Hindari begadang, Sumber: lifestyle.okezone.com

4. Menjaga Kebersihan

Kebersihan juga dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Jika orang tersebut menjaga kebersihan secara baik, maka dapat meminimalisir terserang berbagai penyakit. Misalnya saja dengan bersiwak, dalam kehidupan sehari-hari Rasulullah SAW menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan bersiwak.

Hingga saat ini bersiwak merupakan sunnah yang bisa diikuti oleh kaum muslim. Salah satu manfaat bersiwak ialah dapat mencegah timbulnya karang dan plak di gigi. Tidak ada salahnya untuk mengikuti sunnah Rasulullah tersebut untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan bersiwak, Sumber: bincangsyariah.com
Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan bersiwak, Sumber: bincangsyariah.com

5. Berpuasa

Rasulullah SAW juga melaksanakan puasa sunnah Senin dan Kamis untuk menjaga kesehatannya. Dengan berpuasa, Anda bisa membuang racun-racun yang mengendap di dalam tubuh. Sehingga dapat dikeluarkan secara optimal. Racun-racun yang tidak dikeluarkan, tentu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Ilustrasi berpuasa, Sumber: cnnindonesia.com
Ilustrasi berpuasa, Sumber: cnnindonesia.com

6. Rajin Olahraga

Tips menjaga kesehatan ala Rasulullah selanjutnya ialah dengan rajin berolahraga. Selam hidupnya, Rasulullah SAW rajin berolahraga. Bahkan beliau juga mengajak anak dan istri untuk berolahraga. Dengan berolahraga Anda bisa mendapatkan kondisi tubuh yang lebih bugar dan sehat.

Rajin berolahraga, Sumber: cahayaislam.id
Rajin berolahraga, Sumber: cahayaislam.id

7. Hindari Mengonsumsi Makanan Haram

Allah sudah melarang manusia mengonsumsi makanan haram, hal tersebut juga tertuang di salah satu ayat Al-Qur’an yang artinya:

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.” (QS. Al-Maidah: 3).

Baca juga: Khasiat dari Bunga Telang, Apa Aja sih? (Tanaman Cantik Menyehatkan)

Bukan tanpa alasan, makanan haram tersebut membawa dampak buruk bagi kesehatan apabila dikonsumsi. Oleh sebab itu konsumsilah makanan yang halal agar tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Konsumsilah makanan halal, Sumber: kosngosan.com
Konsumsilah makanan halal, Sumber: kosngosan.com

8. Bekam

Di dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas.” (HR. Bukhori).

Bahkan saat Rasulullah sedang tidak enak badan, beliau melakukan bekam agar merasa fit kembali. Anda juga bisa mengikuti cara menjaga kesehatan ala Rasulullah ini jika dirasa badan mulai tidak enak.

Melakukan bekam, Sumber: gayahidup.id
Melakukan bekam, Sumber: gayahidup.id

Untuk Anda yang ingin membeli berbagai produk herbal, silahkan hubungi Nabawi Herba di kontak yang telah tersedia. Jangan ragu dengan produk yang kami jual, karena berbagai produk yang kami tawarkan telah memiliki lisensi dari BPOM dan Departemen Kesehatan, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.

Terima kasih telah berkenan membaca artikel di atas mengenai bagaimana tips menjaga kesehatan ala Rasulullah. Selain artikel ini, Anda bisa mendapatkan informasi lainnya seperti cara menghilangkan ketombe dan sebagainya. Informasi tersebut dapat Anda temukan di laman website Nabawi Herba.

× Chat WhatsApp?