Bunga telang atau biasa juga dikenal dengan kembang telang ini bisa Anda tanam di sekitaran rumah ataupun pekarangan. Telang termasuk tumbuhan yang merambat dan tergolong ke suku polong-polongan. Walaupun memiliki bentuk dan warna yang cantik, terdapat berbagai khasiat dari bunga telang loh.

Telang bisa Anda jadikan sebagai minuman maupun pewarna makanan alami. Bukan hanya di Indonesia saja, keberadaan telang saat ini sudah menyebar ke berbagai daerah tropis. Di berbagai negara tersebut, bunga telang juga dipakai untuk pewarna makanan dan minuman yang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Khasiat telang bagi kesehatan telah dikenal sejak lama, meskipun memiliki banyak manfaat bukan berarti tidak ada efek samping bunga telang ya. Jika Anda mengonsumsi tanaman cantik ini dalam jumlah yang berlebihan akan menimbulkan bahaya tersendiri. Maka dalam mengonsumsi bunga telang tetap dalam batas yang wajar.

Berbagai khasiat dari bunga telang, Sumber: tandaseru.id
Berbagai khasiat dari bunga telang, Sumber: tandaseru.id

Jika Anda memiliki penyakit kronis tertentu atau sedang hamil dan menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi bunga telang. Karena memang belum ada penelitian ilmiah dan uji klinis yang dapat menyebutkan bahwa bunga telang dapat dijadikan obat.

Selain itu Anda bisa menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumah. Anda bisa merambatkan bunga telang pada tanaman lain, misalnya saja tanaman pucuk merah yang sudah menjulang tinggi. Halaman rumah Anda akan terlihat semakin menawan dengan adanya bunga telang ini.

Khasiat dari Bunga Telang

Tanaman yang satu ini dipercaya memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kesehatan. Manfaat dari bunga telang ini diduga dapat membantu menurunkan berat badan hingga membantu menurunkan gula darah. Berikut di bawah ini beberapa guna bunga telang yang bisa Anda ketahui.

Sebagai Anti Inflamasi

Khasiat dari bunga telang yang pertama ialah sebagai anti inflamasi. Di dalam kandungan dari bunga telang dipercaya terdapat antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini dapat membantu meminimalisir peradangan serta meminimalisir terkenanya penyakit kronis.

Baca juga: 9 Manfaat Sabun Madu Untuk Kecantikan

Bunga telang ini bisa dijadikan seperti teh, dengan cara dikeringkan. Setelah dikeringkan Anda tinggal menyiapkan beberapa lembar daun telang untuk diseduh. Selain itu Anda juga bisa langsung menaruhkan bunga telang yang habis dipetik ke dalam air panas. Tunggu beberapa waktu hingga air berubah warna menjadi biru.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat bunga telang untuk diet juga banyak dipercayai oleh beberapa orang. Bunga telang dipercaya dapat membantu membakar lemak di daerah perut. Biasanya orang yang memiliki berat badan berlebih, kandungan lemaknya akan banyak ditemukan di area sekitar perut.

Sebagai Kecantikan Kulit

Manfaat bunga telang untuk kecantikan, di dalam kandungan bunga telang terdapat antioksidan tinggi yang mampu mencerahkan kulit. Akibat paparan sinar matahari serta radikal bebas membuat warna kulit berubah. Oleh sebab itu diperlukan antioksidan untuk membantu kulit mendapatkan perawatan yang baik.

Antioksidan ini juga mampu mencegah penuaan dini yang hingga saat ini masih menjadi masalah untuk sebagian orang. Penuaan dini ini juga dipicu karena efek dari radikal bebas yang memicu peradangan kulit, menghambat perbaikan kulit secara alami, hingga mengurangi produksi kolagen.

Mengonsumsi bunga telang dipercaya dapat meregenerasi vitamin E, sehingga kulit bisa memproduksi kolagen secara optimal. Selain itu kandungan antioksidan di dalam bunga telang ini juga dapat mencegah aktivitas dari oksidatif sel. Jadi Anda bisa memanfaatkan bunga telang untuk menjaga kecantikan kulit Anda.

Minuman bunga telang, Sumber: lifestyle.kontan.co.id
Minuman bunga telang, Sumber: lifestyle.kontan.co.id

Khasiat Bunga Telang untuk Mata

Bunga telang dapat dijadikan sebagai pengobatan herbal untuk menjaga kesehatan mata. Meskipun belum ada uji klinis dari bunga telang ini, tapi tidak ada salahnya untuk mengonsumsi bunga telang sebagai obat tradisional untuk menjaga kesehatan mata. Namun dengan catatan, tidak disarankan mengonsumsinya secara berlebihan ya.

Membantu Menurunkan Demam

Khasiat dari bunga telang selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai penurun demam, atau bisa dikatakan sebagai paracetamol alami. Jadi ketika Anda mengalami demam namun tidak ada obat, Anda bisa mengonsumsi bunga telang sebagai alternatifnya.

Selain sebagai penurun demam, bunga telang juga bisa dijadikan sebagai pereda nyeri. Hampir mirip dengan efek paracetamol yang digunakan untuk tubuh. Sehingga tidak ada salahnya mencoba bahan yang lebih alami untuk menurunkan demam.

Membantu Menurunkan Gula Darah

Manfaat dari bunga telang juga dipercaya dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Antioksidan di dalam bunga telang ini dapat membantu mencegah resistensi insulin. Resistensi insulin jika tidak dicegah dapat memicu seseorang terkena diabetes.

Kesehatan itu penting untuk dijaga, mulai sayangi diri sendiri dengan memperhatikan kesehatan Anda. Anda bisa menjaga pola makan yang sehat, tidur yang cukup, memperbanyak air putih, rutin berolahraga, hingga minum multivitamin. Jika sudah terlanjur sakit yang akan rugi Anda sendiri, yuk mulai hidup sehat!

Tanaman bunga telang, Sumber: cendananews.com
Tanaman bunga telang, Sumber: cendananews.com

Sedikit tambahan informasi bagi Anda yang sedang membutuhkan berbagai produk herbal, maka bisa menghubungi kami. Nabawi Herba merupakan toko herbal online yang menjual berbagai produk herbal untuk Anda. Produk-produk yang kami jual telah terdapat lisensi dari BPOM serta Departemen Kesehatan.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi untuk membeli berbagai produk herbal kami. Dsitributor herbal online siap melayani berbagai kebutuhan Anda, silahkan hubungi admin kami di kontak yang tertera di laman website Nabawi Herba.

Terima kasih telah berkenan menyimak informasi mengenai khasiat dari bunga telang di atas. Anda bisa mendapatkan informasi seperti berbagai makanan bervitamin D dan informasi lainnya, dengan mengakses laman website kami. Nantikan berbagai informasi lainnya dari kami ya!

× Chat WhatsApp?