Sabun madu adalah salah satu produk herbal unggulan untuk kosmetik perawatan tubuh. Apa yang menjadi manfaat sabun madu sehingga produk ini termasuk salah satu yang menjadi pilihan untuk perawatan wajah? Ketahui berbagai informasinya lewat artikel edisi kali ini.

Ada sekitar 10 lebih merk sabun madu yang bisa Anda temukan di toko herbal online maupun toko herbal lainnya. Berbagai merk sabun ini tentu sudah menjadi pilihan konsumen di Indonesia dari berbagai produk herbal yang ada. Untuk Anda yang tertarik mengetahui manfaat sabun madu, simak ulasannya berikut ini.

Mengapa Sabun Madu?

Berbicara perawatan kulit, manfaat sabun madu sudah dikenal cukup ramai bagi para konsumen produk kosmetik herbal. Kulit wajah ataupun kulit di permukaan tubuh yang sering terpapar udara dan cahaya diluar rumah memang membutuhkan nutrisi yang baik terutama anti inflamasi. Anti inflamasi adalah zat yang bisa melakukan perbaikan terhadap sel-sel kulit yang rusak.

Sabun Madu, sumber BP Guide
Sabun Madu, sumber BP Guide

Madu dikenal sebagai bahan herbal yang memiliki nutrisi anti inflamasi yang baik. Sehingga sejak dulu madu dikenal salah satunya untuk mengobati kulit terbakar. Caranya adalah mengoleskan pada pada kulit yang terkena panas. Nah, apakah manfaat sabun madu juga mampu untuk mengobati kulit?

Komposisi Sabun Madu

Ada berbagai komposisi yang terdapat pada sabun madu. Meskipun madu yang menjadi komposisi utamanya, namun manfaat sabun madu juga dapat berasal dari bahan atau komposisi lainnya pada produk sabun herbal ini. Nah, apa saja bahan bermanfaat dari sabun madu?

1. Madu

Bahan madu yang terdapat pada sabun madu dan benar-benar memberikan manfaat alami adalah madu selain madu buatan. Karena saat ini dipasaran terdapat madu buatan yang ditambah bahan pemanis atau yang sejenisnya yang menjadikan komposisi madu didalamnya hanya beberapa persen saja.

Dengan madu alami, segala kebaikan yang terkandung didalamnya termasuk khasiatnya bisa didapatkan. Sebagai obat luar, madu dapat melembabkan kulit sehingga mencegah kerusakan sel permukaan kulit akibat kekeringan. Kulit yang lembab juga menjadikan kulit tetap sehat dan tahan terhadap berbagai paparan.

2. Gliserol

Sebagaimana diketahui, komposisi kimia sabun secara umum adalah natrium hidroksida ditambahkan ke dalam lemak yang biasanya merupakan minyak dari tumbuhan. Komposisi ini menjadikan sabun menjadi padat dan dapat larut jika nantinya dipakai dengan air. Namun perlu diketahui juga, reaksi pemadatan sabun dengan bahan natrium hidroksida dan lemak ini menghasilkan gliserol.

Gliserol pada sabun madu juga dikenal sebagai gliserol yang dihasilkan secara alami. Karena itu, manfaat gliserol yang juga sebagai pelembap kulit dapat dirasakan pada pemakaian sabun madu secara rutin.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah lemak dari buah zaitun yang dikenal sebagai paling sehat diantara minyak nabati lainnya. Jika dipakai sebagai kosmetik, minyak zaitun dikenal mampu menutrisi dalam hal ini mampu menutrisi kulit. Kulit dengan nutrisi yang baik pasti akan selalu terlindungi dari penyebab kerusakan.

Sabun Madu, sumber Katalog Nabawi Herba
Sabun Madu, sumber Katalog Nabawi Herba

4. Minyak Jojoba

Minyak jojoba cocok untuk segala jenis kulit karena adanya wax ester sebagai bahan utama di dalamnya. Bahan ini mirip dengan sebum yang dihasilkan oleh kulit manusia dan sangat mudah menyerap ke dalam kulit. Minyak jojoba sering disebut sebagai minyak universal karena dapat diterima oleh semua jenis kulit. Jadi, bila Anda memiliki jenis kulit kering, sensitif, atau berminyak, tidak perlu khawatir menggunakan minyak ini.

5. Bahan lainnya

Bahan lainnya yang biasanya ditambahkan pada sabun adalah nutrisi kulit seperti vitamin E dan berbagai nutrisi kulit lainnya.

Manfaat Sabun Madu

Dengan berbagai nutrisi dari komposisi yang terkandung didalamnya, lantas apa manfaat sabun madu? Produk kosmetik herbal ini dikenal mampu memperbaiki, mengobati dan merawat terutama kulit wajah dan permukaan kulit lainnya. Berikut berbagai manfaatnya.

1. Untuk Kulit Wajah

Manfaat yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Produk kosmetik ini memang inovasi untuk merawat kulit wajah sehingga tetap cantik dan sehat.

2. Untuk Perawatan Rambut

Manfaat Madu untuk Kecantikan Rambut antara lain: Mengatasi Rambut Rontok, Melembabkan Rambut (Kondisioner), Membersihkan Rambut, Menyuburkan Rambut, Membuat Rambut Berkilau.

3. Melindungi Kulit

Kandungan antioksidan, anti-jamur dan anti-mikrobanya dapat menyembuhkan luka, bintik-bintik merah dan melawan infeksi kulit.

4. Melembabkan Kulit

Bila digunakan secara teratur, dapat melembabkan kulit maupun rambut dalam keadaan paling kering.

Berbagai Produk Sabun Madu
Berbagai Produk Sabun Madu, sumber My Best id

5. Mencegah Penuaan Kulit

Madu membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Anda dapat telihat awet muda karena kandungan madu yang dapat menangkal radikal bebas.

6.Menyembuhkan Luka di Kulit

Madu mempunyai kandungan anti-mikroba. Esensi gula pada madu dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka.

7. Memelihara Kecantikan Kulit

Nutrisi yang ada di dalam madu seperti magnesium, potassium dan kalsium berkontribusi dalam regenerasi kulit yang mendorong sel untuk menciptakan kulit sehat dan indah.

8. Membersihkan Kulit

Kandungan enzim madu, ketika tercampur dengan air, dapat membuat cairan antispetik yang lembut untuk membersihkan kulit secara menyeluruh tanpa mengurangi kandungan minyak alami tubuh kita.

9. Mengatasi Jerawat

Kandungan anti bakterinya berkhasiat membunuh jerawat dan membersihkan noda. Sebagaimana yang kita ketahui, jerawat dari luar disebabkan bakteri pada permukaan kulit. Sedangkan jerawat yang dipengaruhi dari dalam tubuh biasanya terkait dengan zat yang kita konsumsi.

Itu dia 9 manfaat sabun madu yang dapat Anda coba. Jika Anda tertarik untuk membeli berbagai produk kosmetik herbal termasuk sabun madu, silahkan kunjungi situs Nabawi Herba. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi dan manfaat lainnya untuk Anda.

× Chat WhatsApp?