Saat ini produk skincare sudah menjadi semacam kebutuhan yang harus selalu tersedia bagi sebagian orang. Meskipun terdapat banyak pilihannya mulai dari skincare herbal, skincare alami, skincare halal, skincare natural, skincare organik maupun skincare kimia. Apapun itu produk perawatan kulit semakin dicari sebagai kebutuhan rutin.

Bicara skincare herbal alami, sudah tahukah Anda bahan alami apa saja yang biasa digunakan untuk perawatan kulit agar tetap sehat dan mempesona? Meskipun terdapat skincare bahan kimia yang lebih praktis, tetap ada pula konsumen yang mau sedikit repot menggunakan skincare herbal alami. Berikut ulasan seputar skincare alami.

Apa itu Skincare?

Di tengah cuaca ekstrim yang terkadang membuat kulit sebagian orang menjadi bermasalah, skincare herbal merupakan solusinya. Yaitu untuk merawat kulit agar dapat lebih kuat bertahan saat sehari-hari berada pada lingkungan yang berpotensi mempengaruhi kulit. Itulah definisi skincare.

Lidah Buaya, sumber Honest Docs
Lidah Buaya, sumber Honest Docs

Namun jangan sampai salah, bahwa skincare berbeda dengan obat-obatan. Karena obat digunakan untuk menyembuhkan penyakit, sedangkan skincare merupakan zat untuk perawatan kulit. Kulit juga merupakan organ tubuh manusia yang membutuhkan nutrisi dari dalam dan luar melalui produk-produk perawatan kulit herbal alami dan halal.

Sedikitnya, produk perawatan kulit dibagi menjadi beberapa jadi yaitu skincare natural, organik dan kimia. Ketiga jenis produk perawatan kulit ini dibedakan menurut bahan yang digunakan untuk merawat kulit. Apakah Anda tahu perbedaan ketiganya?

Skincare natural adalah produk perawatan kulit yang berasal dari bahan alami biasanya merupakan tumbuh-tumbuhan. Tidak ada sedikitpun campuran bahan buatan seperti bahan kimia serta tidak juga menggunakan bahan dari hewan. Inilah yang dimaksud dengan natural.

Minyak Kelapa, sumber Halodoc
Minyak Kelapa, sumber Halodoc

Skincare organik sekilas mirip atau dapat dikatakan natural juga. Namun secara lebih spesifik terdapat perbedaan antara organik dan natural. Produk skincare organik memang berasal dari bahan alami juga namun bahan ini diproduksi secara organik. Misalnya berasal dari tumbuhan, maka tumbuhan yang dijadikan bahan perawatan kulit ini tumbuh dengan metode tanam yang organik.

Sedangkan skincare kimia merupakan produk perawatan kulit yang dibuat menggunakan bahan-bahan kimia yang merupakan buatan pabrik. Meskipun begitu, tidak perlu khawatir jika produknya sudah terstandar atau diawasi oleh pihak berwenang dalam bentuk izin. Dapat dipastikan meskipun berasal dari bahan kimia, produk ini aman.

Ketiga produk yang berbeda jenisnya menurut bahan pembuatannya ini dapat digunakan sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Ada sebagian orang yang nyaman menggunakan yang alami, organik dan ada pula yang lebih nyaman menggunakan produk perawatan kulit berbahan kimia. Mengenai keampuhannya, semua bergantung pada racikan produknya baik menggunakan bahan alami, natural maupun kimia.

Bahan Alami untuk Skincare

Kunyit, sumber Akurat
Kunyit, sumber Akurat

Lantas apa saja bahan skincare herbal alami termasuk bahan skincare herbal halal yang sering digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit? Terdapat beberapa yang seringkali digunakan. Sebagiannya merupakan herbal alami. Simak ulasannya berikut ini.

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya merupakan skincare herbal alami yang paling banyak manfaatnya. Bukan hanya sekedar untuk perawatan, bahkan dapat menjadi obat luka bakar, mengurangi jerawat, meredakan bengkak serta manfaat lainnya. Apa saja yang terkadung pada lidah buaya ini untuk kulit?

Di dalam lidah buaya terkandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk menguatkan lapisan pelindung kulit sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap. Sehingga banyak yang menggunakan bahan ini karena juga praktis digunakan, yaitu tinggal dibuka sehingga tampak bagian dalamnya dan tinggal dioleskan seperlunya.

Teh Hijau, sumber Klik Dokter
Teh Hijau, sumber Klik Dokter

2. Minyak Kelapa

Selanjutnya bahan skincare alami yang juga sering digunakan adalah minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung senyawa tertentu yang dapat mencegah mikroba agar tidak menginfeksi kulit. Selain itu, minyak kelapa juga dapat mencegah peradangan pada kulit.

Berbagai infeksi kulit yang diakibatkan oleh keringnya permukaan kulit seperti jamur, gatal dan lainnya dapat dicegah dengan mengoleskan minyak kelapa pada permukaan kulit secara rutin. Minyak kelapa merupakan pelembab kulit, sehingga berbagai infeksi yang diakibatkan keringnya kulit dapat dicegah.

3. Kunyit

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin atau kunyit dapat membantu melawan melanoma saat kulit yang terkena penyakit ini diobati secara topikal. Kunyit juga menjadi obat herbal yang dikonsumsi (bukan obat luar) untuk kesehatan kulit yang sudah banyak dikenal luas. Karena itu, kunyit merupakan skincare herbal alami dan skincare herbal halal yang bisa kita manfaatkan.

Chamomile, sumber Dokter Sehat
Chamomile, sumber Dokter Sehat

4. Teh Hijau

Produk perawatan kulit selanjutnya yang juga bisa merawat kulit dari dalam jika rutin dikonsumsi adalah Teh Hijau. Teh hijau memiliki konsentrasi katekin yang tinggi, yang memiliki efek anti-inflamasi, antioksidan, dan anti-penuaan yang kuat pada kulit. Jadi jika Anda rutin mengkonsumsi bahan yang satu ini, potensi besar untuk dapat memiliki kulit yang halus dan cantik.

5. Chamomile

Bahan selanjutnya yang juga merupakan bahan untuk perawatan kulit alami adalah Chamomile. Dalam hal ini, bukanlah Chamomile yang diminum sebagai Teh meskipun bisa saja terdapat efeknya dari dalam. Chamomile pada campuran produk skincare dapat mencegah penuaan dini, membantu penyembuhan luka dan mencerahkan kulit. Chamomile terutama digunakan dalam perawatan kulit untuk mengobati radang kulit melalui krim dan minyak.

Itu dia lima bahan alami yang bisa menjadi skincare natural baik dari dalam maupun luar untuk digunakan. Apakah Anda termasuk orang yang menggunakan kosmetik herbal alami? Berikan komentar Anda ya. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat dan bisa menjadi referensi kecil Anda.

× Chat WhatsApp?