Radang tenggorokan bisa menjadi masalah yang besar bagi setiap orang. Rasa tidak nyaman bahkan sakit di tenggorokan ini bisa membuat tidak selera makan, kurang semangat untuk beraktivitas, bad mood dan masalah lainnya. Karena itu, cobalah herbal radang tenggorokan untuk meredakannya.

Meskipun terdapat pereda radang tenggorokan dalam bentuk permen, herbal radang tenggorokan terbilan lebih ampuh tanpa efek samping. Meskipun agak repot untuk mempersiapkannya, namun hasilnya akan sepadan. Nah, apa saja herbal radang tenggorokan yang bisa membuat lega tenggorokan? Simak ulasannya berikut ini.

Radang Tenggorokan

Herbal radang tenggorokan relatif sekedar meredakan sakit atau melegakan tenggorokan kita. Namun akibat radang tenggorokan bisa bermacam-macam bahkan yang selain di area tenggorokan juga menjadi akibatnya seperti telinga bahkan ginjal. Kenali berbagai hal seputar radang tenggorokan ini untuk penanganan yang tepat.

Berbagai Jenis Madu, sumber Honey Drop
Berbagai Jenis Madu, sumber Honey Drop

Dilansir dari klik dokter, radang tenggorokan adalah suatu peradangan pada tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi ini umumnya bersifat akut dan menyerang saluran tenggorokan. Saat mengalami kondisi ini, biasanya penderita akan merasa sakit di bagian tenggorokan hingga susah menelan.

Radang atau disebut juga faringitis streptokokus merupakan infeksi menular yang dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderitanya. Kontak bisa terjadi lewat aktivitas yang melibatkan lendir atau air liur. Misalnya lewat ciuman atau penggunaan sikat gigi yang terkontaminasi.

Penyebab radang tenggorokan adalah infeksi bakteri, infeksi virus, atau reaksi alergi tubuh terhadap alergen. Namun pada umumnya penyebab radang tenggorokan ini disebabkan oleh bakteri, berikut jenis bakteri penyebab radang tenggorokan:

  • Streptokokus grup A
  • N. gonorrhoeae
  • C. diphtheria
  • H. influenza

Sakit radang tenggorokan akibat serangan infeksi virus sangat bisa terjadi, berikut beberapa virus yang bisa menjadi penyebab radang tenggorokan yaitu Rhinovirus, Adenovirus, Parainfluenza virus, Coxsackie virus

Sedangkan alergen yang memicu gangguan ini bisa bermacam-macam. Misalnya Udara kering, Debu, Serbuk sari, Kebiasaan merokok, dan lain-lain. Selain itu penyebab radang tenggorokan juga bisa terjadi karena iritasi di dalam tenggorokan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung (GERD) ke esofagus (kerongkongan).

Tidak hanya itu, radang tenggorokan pun bisa menjadi tanda bahwa seseorang terinfeksi HIV. Hal ini dikarenakan sistem imun tubuh penderita HIV yang lemah sehingga mudah terinfeksi virus lain yang dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Ilustrasi Radang Tenggorokan, sumber Lifepack
Ilustrasi Radang Tenggorokan, sumber Lifepack

Herbal Radang Tenggorokan

Ada banyak rekomendasi untuk meredakan radang tenggorokan dari tanaman herbal. Namun semuanya bergantung pada diagnosis dokter. Jika terdapat gejala yang berat segera konsultasikan kepada dokter Anda. Namun, berikut beberapa herbal yang bisa melegakan tenggorokan.

1. Madu

Baik dicampur dengan teh atau diminum langsung, madu telah lama dipercaya mampu meredakan sakit tenggorokan. Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA), mengonfirmasi efektivitas madu dalam meredakan batuk. Selain itu, studi lain juga mendukung klaim bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif. Dengan khasiatnya ini, madu dipercaya bisa mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

2. Bawang putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan adalah bawang putih. Kemampuannya ini dimiliki karena mengandung sifat antibakteri. Hanya saja, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan adalah dengan mengunyahnya.

Saat hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus. Nama senyawa tersebut adalah allicin. Selain dikunyah sebanyak satu siung, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit.

Jika tidak sanggup untuk memakannya secara mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus. Namun, allicin akan lebih efektif jika dikunyah secara mentah.

3. Teh hangat

Meminum teh hangat juga bisa dijadikan salah satu obat alami sakit tenggorokan. Teh hangat dari jenis apa pun, entah herba atau nonherba, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Salah satu alasannya adalah karena teh mengandung antioksidan yang diprediksi mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mampu membantu menangkal infeksi. Agar optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh, agar sakit tenggorokan lebih cepat sembuh.

Licorice, sumber Dokter Sehat
Licorice, sumber Dokter Sehat

4. Licorice

Obat alami sakit tenggorokan yang satu ini dikenal juga dengan sebutan akar manis. Licorice bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan membantu mengencerkan lendir sehingga dapat melegakan saluran pernapasan. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan akar manis ke dalam teh hangat. Namun perlu diingat, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk tidak menggunakan licorice sebagai obat alami sakit tenggorokan, karena dikhawatirkan dapat berdampak pada bayi.

5. Peppermint

Peppermint mengandung mentol yang dapat mengencerkan lendir dan menenangkan radang tenggorokan. Selain itu, zat ini juga bersifat antiperadangan, antibakteri, sekaligus antivirus yang bisa membantu mengobati radang tenggorokan. Perlu diingat bahwa penting untuk hindari menggunakan minyak esensial peppermint tanpa mencampurkannya dengan minyak pengencer.

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki senyawa allicin yang dipercaya memiliki sifat anti bakteri. Cara menggunakan bawang putih untuk mengobati radang tenggorokan bisa dengan mengunyah secara langsung, atau menggunakannya sebagai campuran masakan. Namun ingat, pastikan untuk menyikat gigi setelah makan bawang putih. Tujuannya untuk melindungi gigi dan mencegah bau tak sedap di mulut.

7. Cuka Apel

Sifat asam dari cuka apel dapat memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri. Cara menggunakan cuka apel untuk mengobati radang tenggorokan cukup praktis. Encerkan satu hingga dua sendok makan cuka apel ke dalam satu cangkir air. Gunakan larutan cuka apel tersebut untuk berkumur dua jam sekali sampai gejala penyakit reda.

Nah, itu dia beberapa herbal dan bahan alami untuk meredakan radang tenggorokan yang bisa dicoba. Semoga informasi ini dapat memberikan referensi kecil untuk kesehatan Anda. Simak berbagai informasi herbal lainnya di Nabawi Herba.

× Chat WhatsApp?