Krim zaitun adalah salah satu produk herbal alami dan menyehatkan untuk wajah. Meskipun minyak ini lebih sering sebagai konsumsi untuk makanan dan suplemen, ternyata minyak zaitun juga bermanfat untuk kesehatan wajah secara khusus untuk pemakaian luar yang tidak dikonsumsi. Bagaimana manfaat krim zaitun untuk perawatan wajah wanita?

Sebelum menyimak berbagai macam khasiat dari produk krim zaitun, tidak ada salahnya untuk mengulas sedikit seputar zaitun dan minyak zaitun yang kerap kali dikonsumsi di berbagai negara eropa dan timur tengah. Berikut berbagai informasinya.

Informasi Seputar Zaitun

Sebagaimana krim zaitun dengan berbagai manfaatnya, buah zaitun memang bermanfaat. Buah ini dijadikan sebagai minyak untuk dikonsumsi sebagai pendamping atau bahan masakan sehari-hari. Uniknya, minyak makan lainnya mengandung kolesterol jahat, minyak zaitun justru mengandung kolesterol baik untuk melawan kolesterol jahat.

Zaitun, sumber Muslim Obsesion
Zaitun, sumber Muslim Obsesion

Dilansir dari situs wikipedia, Tanaman zaitun memiliki ciri-ciri di antaranya:

  • Tumbuh sebagai pohon atau perdu hijau abadi mempunyai bunga berbentuk lonceng
  • pendek dan gemuk, tingginya jarang melebihi 8–15 m (26–49 ft), kecuali varietas Pisciottana yang lebih besar dan tinggi
  • Daun tunggal dengan kedudukan berhadapan tanpa daun penumpu, berwarna hijau keperakan, berbentuk lonjong dengan panjang 4–10 cm (1,6–3,9 in) dan lebar 1–3 cm (0,39–1,18 in)
  • Berbatang keriput dan terpelintir
  • Bunga banci atau berkelamin tunggal dan buah menumpang; bunga kecil-kecil berwarna putih berbulu, dengan calyx dan corolla berbelah sepuluh, dua stamen dan stigma bifid, biasanya tumbuh pada kayu tahun sebelumnya
  • Buahnya kecil berupa buah batu (drupe), panjangnya 1–2,5 cm (0,39–0,98 in) dengan biji memiliki endosperma. Buahnya berukuran lebih kurus dan kecil pada tanaman liar dibandingkan pada pembudidayaan.

Zaitun mulai berbuah saat berumur lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuan tahun, sehingga yang tadinya perdu telah menjadi pohon besar. Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun di antaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup hingga 2000 tahun.

Zaitun dipanen pada waktu masih hijau sampai sudah berwarna ungu. Buah zaitun hitam dalam kaleng mungkin mengandung bahan kimia (biasanya fero sulfat) yang menjadikannya berwarna hitam secara buatan. Biji Olea europaea biasanya dalam bahasa Inggris di Amerika disebut pit atau rock, sedangkan di Inggris sebagai stone, semuanya bermakna “batu”.

Untuk dikonsumsi sehari-hari, buah zaitun diproses sedemikian rupa sehingga menjadi minyak. Minyak zaitun merupakan konsentrat lemak yang diperoleh setelah buah zaitun diperas. Saat ini proses untuk memproduksi minyak zaitun sudah melalui mesin.

Dimulai dari pemilihan buah untuk dipanen. Buah yang berwarna hijau tanda buah yang masih muda. Sedangkan buah yang berwarna hitam tanda bahwa buah sudah tua. Uniknya, pada proses dari hijau menjadi hitam buah akan berwarna merah keunguan seperti buah anggur.

Buah Zaitun di Pohon, sumber Pixabay
Buah Zaitun di Pohon, sumber Pixabay

Dulu setelah buah dipanen, zaitun ditumbuh menggunakan alat penumbuk tradisional. Saat ini menggunakan mesin zaitun ditumbuh menggunakan pisau baja. Dengan penggunaan mesin ini, disinyalir kualitas minyak setelah diperas nantinya akan lebih bagus.

Pasta yang dihasilkan dari buah lalu digiling untuk mengeluarkan tetesan minyak dalam proses yang disebut maserasi. Setelahnya, pasta zaitun akan diperas dalam mesin “blender” khusus, disebut centrifuge, untuk memisahkan minyak dan sari buah (air). Setelah air dikuras habis dari ekstrak zaitun, yang tersisa adalah minyak zaitun murni. Inilah yang kemudian dikemas dan diperjualbelikan di pasaran.

Kandungan Nutrisi Zaitun

Mungkin krim zaitun akan berbeda nutrisinya dengan buah zaitun. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk mengerti seberapa nutrisi yang terkandung pada buah zaitun awalnya. Kemudian membandingkannya dengan nutrisi pada krim zaitun.

Dalam 100 mililiter minyak buah zaitun terkandung total 884 kalori (44 persen AKG harian) dan 100 gram lemak total, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Namun sebagian besar kandungan lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik.

Minyak ini juga diperkaya oleh omega-3 dan omega-6, 15 mg vitamin E yang mencukupi 72 persen kebutuhan harian tubuh, serta 61 mg vitamin K yang mampu mencukupi 75 persen kebutuhan harian tubuh. Minyak buah zaitun sama sekali tidak mengandung kolesterol, karbohidrat, dan lemak.

Cream Zaitun, sumber Katalog Nabawi Herba
Cream Zaitun, sumber Katalog Nabawi Herba

Krim Zaitun

Dengan nutrisi yang sedemikian rupa, tentu saja apabila dikonsumsi dengan baik, buah zaitun memberikan manfaat bagi kesehatan. Lantas, bagaimana dengan khasiat dari krim zaitun? Apakah sama dengan minyak zaitun?

Krim zaitun dapat berkhasiat diantaranya :

  • Memberikan vitamin pada kulit wajah
  • Melenturkan kulit wajah
  • Mengencangkan kulit wajah
  • Menghaluskan dan membuat wajah bersih dan berseri
  • Menghilangkan bekas jerawat
  • Mampu menghilangkan bekas luka dan flek hitam
  • Menghilangkan lapisan kulit wajah yang telah mati

Cara Pemakaiannya :

  1. Sebaiknya cuci wajah dengan air hingga bersih lalu keringkan
  2. Oleskan dengan cara menekan agar Cream Zaitun Al Ghuroba ini mampu meresap pada lubang pori-pori seluruh permukaan kulit wajah
  3. Ratakan dengan gerakan memutar keatas
  4. Diamkan selama 20-30 menit
  5. Bilas dengan air hangat hingga bersih atau bisa dipakai sebelum tidur hingga semalaman dan dicuci dengan air hangat dipagi hari

Bagaimana, apakah Anda sudah mengetahui manfaat dari krim zaitun untuk wajah? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya. Jika Anda tertarik untuk menggunakan produk herbal ini, kunjungi toko herbal online atau lihat katalog nabawi herba. Simak terus informasi lainnya di website nabawi herba.

× Chat WhatsApp?