Menjaga kesehatan pernafasan adalah salah satu yang penting untuk dilakukan. Apalagi saat ini dengan terjadinya pandemi virus Covid-19, saluran pernafasan adalah bagian yang paling rentan terhadap penyebaran virus yang bisa mematikan untuk sebagian kalangan ini. Nah, bagaimana agar tetap bisa menjaga kesehatan pernafasan?

Gurah adalah salah satu cara tradisional untuk menjaga kesehatan pernafasan yang sudah terbukti. Di Jogja sendiri terdapat sentra pengobatan tradisional gurah yang sering didatangi pengunjung untuk terapi saluran pernafasan agar menjadi bersih dan lega. Nah, kapsul herbal gurah Asy Syifa bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang menyukai pengobatan herbal alami.

Tips Menjaga Kesehatan Pernafasan

gurah_asy_syifa_distributor
Gurah Asy Syifa, sumber Toko Herbal Online

Dengan adanya pandemi Covid-19, menjaga kesehatan pernafasan menjadi perhatian bagi banyak orang. Penggunaan masker salah satunya, selalu digalakkan agar virus yang bisa tersebar dan menginfeksi saluran pernafasan ini dapat dihindari. Nah, bagaimana tips menjaga kesehatan pernafasan agar tetap bersih dan terhindar dari virus?

1. Berolahraga Rutin

Dilansir dari Medical News Today, rajin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental kamu. Ya, rutin berolahraga membuat paru-paru saluran pernafasan menjadi lebih sehat. Tidak hanya itu, rutin olahraga juga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Rutin berolahraga juga meningkatkan kualitas sistem pernapasan kamu.

2. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi juga sangat berpengaruh pada kesehatan organ pernapasan. Orang yang kekurangan nutrisi, terbukti lebih rentan mengalami berbagai gangguan pernapasan. Beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga organ pernapasan antara lain adalah Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zinc, Kalium, Selenium, Magnesium.

3. Berhenti Merokok

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, kebiasaan merokok menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dalam tubuh, termasuk pada paru-paru dan saluran pernafasan. Merokok dapat sebabkan kerusakan pada kantung udara kecil dan saluran udara pada paru-paru. Tidak hanya itu, penyebab kanker paru-paru yang paling banyak adalah kebiasaan merokok. Perokok aktif lebih berisiko mengalami gangguan pada paru-paru dibandingkan perokok pasif. Jadi, mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk hentikan kebiasaan merokok.

4. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Anti Oksidan

Dilansir dari Healthline, cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan memiliki fungsi untuk menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan, seperti dark chocolate, sayuran hijau, stroberi, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan antioksidan dalam tubuh.

Makanan Bergizi, sumber Alodokter
Makanan Bergizi, sumber Alodokter

5. Mencuci Tangan

Tangan kita merupakan medium untuk berbagai bakteri dan virus jika tidak rajin mencucinya. Karena memang tangan sering menyentuh terutama bagian wajah yang menjadi tempat masuk udara ke sistem pernafasan. Nah, rajin mencuci tangan bisa menjadi cara untuk mencegah penyebaran virus dan memberikan manfaat kesehatan pernafasan.

Tidak hanya Covid-19, penyakit pernapasan lain seperti flu juga bisa dicegah apabila kita rajin membersihkan tangan. Kebiasaan baik ini akan membantu berbagai virus, bakteri, maupun kotoran yang bisa menimbulkan penyakit, tidak masuk ke tubuh. Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir dengan cara yang tepat. Apabila sedang tidak ada akses ke air mengalir, gunakan hand sanitizer untuk mendapatkan manfaat yang sama.

6. Menghindari Polusi

Saat ini udara di sekitar kita menjadi tidak menentu jika tingkat polusi udara lingkungannya tinggi. Karena itu, menjaga kesehatan pernafasan salah satunya adalah dengan cara menghindari polusi udara. Jika harus berada di tempat yang tingkat polusinya tinggi, maka gunakannlah masker atau alat yang bisa menyaring udara kotor agar tidak masuk melalui saluran pernafasan.

Berikut ini hal yang bisa kita lakukan agar terhindar dari polusi:

  • Jauhi asap rokok, termasuk jika Anda bukan seorang perokok. Jangan sampai menjadi perokok pasif.
  • Jangan berada terlalu lama di luar ruangan dengan kualitas udara yang buruk.
  • Apabila kamu pekerja yang rentan terpapar asap pabrik atau bahan-bahan kimia yang ada di udara, pastikan selalu gunakan alat pelindung diri yang tepat.
  • Jadikan rumah sebagai area bebas asap rokok.
  • Bersihkan rumah setidaknya satu minggu sekali.
  • Sering-sering buka jendela rumah agar terjadi pertukaran udara.
  • Buat banyak ventilasi agar udara di dalam tempat tinggal tidak berputar di situ-situ saja.

7. Menciptakan Lingkungan yang Asri

Karena kesehatan pernafasan bergantung pada tingkat polusi udara di lingkungan sekitar kita, maka ciptakan lingkungan asri di sekitar kita. Terutama di rumah, tempat bekerja, kamar tidur dan lingkungan lain yang sering kita tinggali.

Caranya misalnya bisa dengan menanam tanaman yang dapat membersihkan udara di sekitar kita. Tidak harus pohon yang tinggi dan besar. Terdapat juga tanaman yang mungil namun berfungsi dengan baik untuk membersihkan udara di sekitar kita.

Memakai Masker
Memakai Masker, sumber : Kompas.com

8. Pemeriksaan Kesehatan Berkala

Bukan hanya menjaga saluran pernafasan, pemeriksaan kesehatan berkala dapat bermanfaat untuk melakukan check up ke seluruh tubuh kita. Maka dari itu, untuk mengetahui sudah sejauh mana kita menjaga saluran pernafasan lakukanlah pemerikasaan kesehatan secara berkala atau rutin.

Kapsul Gurah Asy Syifa

Kapsul gurah Asy Syifa dapat memberikan efek yang baik agar kita dapat menjaga saluran pernafasan. Kapsul Gurah As-Syifa adalah Kapsul Herba untuk membersihkan dan mengeluarkan lendir yang kotor, beracun dan mengandung berbagai kuman penyakit dalam tubuh. Hasilnya membuat saluran pernafasan, pencernaan dan darah akan bersih.

Nah, itu dia berbagai informasi seputar tips menjaga saluran pernafasan yang bisa Anda lakukan. Jika Anda tertarik dengan kapsul gurah Asy Syifa, silahkan beli baik grosir dan eceran di Toko Herbal Online Nabawi Herba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

× Chat WhatsApp?