Noni fruit jika di Indonesia dikenal dengan nama mengkudu yang merupakan buah tanaman hijau tropis yang juga dikenal sebagai murbei India. Tanaman dari buah ini adalah semak asli Asia Selatan dan Asia Tenggara serta kepulauan Pasifik. Khasiat buah mengkudu untuk kesehatan sangat bagus. Karena itulah buah ini masuk pada jajaran bahan herbal.

Buah ini kaya akan antioksidan kuat seperti Vitamin C , Vitamin A , Vitamin B3 atau niasin dan zat besi. Pengolahan buah mengkudu paling umum adalah dengan cara di jus. Buah dengan nama ilmiah Morinda citrifolia termasuk dalam famili tumbuhan Rubiaceae.

Selain dalam bentuk minuman jus, anda juga bisa menemukan mengkudu dalam bentuk konsentrat jus atau sebagai suplemen bubuk. Mengkudu juga sering ditemukan dalam kombinasi dengan jus anggur karena anggur memiliki kemampuan menghilangkan rasa pahit pada mengkudu.

Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan
Tanaman Mengkudu. Sumber wikipedia

Buah mengkudu bukan satu-satunya bagian dari pohon ini yang digunakan untuk membuat obat dan suplemen. Daun, bunga, batang, kulit kayu dan akarnya juga bisa digunakan dalam sistem pengobatan herbal dan tradisional. Bagian-bagian tersebut diolah dengan berbagai cara untuk membuat kapsul, tablet, dan teh.

Popularitas mengkudu sebagai bahan obat herbal dan sebagai suplemen telah berkembang terutama karena tingginya tingkat antioksidan flavonoid yang dikandungnya, yang memberikan manfaat luar biasa yakni menurunkan stres oksidatif.

Fakta Unik Mengkudu

Mengkudu atau noni dikenal dengan beberapa nama di seluruh dunia, seperti murbei India, apel babi, dan kayu kenari. Sedangkan nama latinnya adalah Morinda citrifolia. Pohon mengkudu memiliki banyak kegunaan tradisional di negara tropis, di mana berbagai bagian digunakan untuk mengobati masalah usus, luka, masalah kulit, dan bagian tubuh yang bengkak akibat artritis atau tapal.

Dalam beberapa tahun terakhir, buah unik ini telah menjadi penghasil uang yang cukup besar. Seorang ahli patologi tanaman, Scot Nelson, dari University of Hawai’i di Manoa’s College of Tropical Agriculture and Human Resources, mengklaim sekitar $ 1 per ons cairan mengkudu menjadikan buah ini merupakan penhasil jus dengan margin keuntungan terbesar.

Khasiat buah mengkudu untuk kesehatan

Banyak sekali khasiat mengkudu untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi mengkudu. Meskipun rasanya tidak enak, namun dengan mengkombinasikan dengan bahan lain seperti anggur, maka mnengkudu akan lebih enak dikonsumsi. Inilah beberapa manfaatnya.

1. Mencegah Kanker

Dipercaya mengkudu serta ginkgo biloba, isoflavon, delima, dan ekstrak biji anggur adalah akanan pelawan kanker yang sistem kerjanya berupa pencegahan dengan mendukung sistem kekebalan tubuh. Sifat antikanker antrakuinon, seperti ucidin, alizarin, dan rubiadin, menjadikan mengkudu menjadi buah yang diminati.

Antrakuinon, yang merupakan senyawa fenolik alami, telah ditemukan dapat mencegah glukosa memasuki sel tumor, mencegah metastasis, yang pada akhirnya menyebabkan kematian sel. Melalui mekanisme inilah mengkudu membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kelelahan yang terkait dengan kanker, tetapi tidak memiliki kemampuan mengurangi ukuran tumor.

Antrakuinon paling sering ditemukan pada biji dan daun mengkudu. Sayangnya, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa beberapa produk yang mengandung mengkudu kemungkinan kekurangan antrakuinon karena metode pemrosesan yang salah.

2. Mengobati Arthritis

Keluhan yang sering dirasakan oleh pasien yang menderita arthritis adalah rasa sakit. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jus mengkudu membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi yang terkait dengan artritis karena sifat analgesiknya. Hal itu diungkapkan oleh Dr. Ahuja dari Rumah Sakit Fortis. Jika Anda menjalani gaya hidup sehat dan minum jus mengkudu setiap hari, anda dapat mengurangi nyeri artritis seminimal mungkin.

Gout adalah salah satu jenis arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada persendian. Penelitian telah menunjukkan bahwa jus mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko asam urat.

3. Mengatasi Penuaan

Ingin kulit halus dan juga sehat dengan cara alami ? Perlu diketahui, buah mengkudu kaya akan Vitamin C dan selenium, yang membantu melawan radikal bebas, menjaga elastisitas kulit dan membalikkan efek buruk penuaan. Bagi anda, terutamakaum hawa, penting untuk merawat kulit anda dan menjaganya tetap sehat dan awet muda.

Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan
Mengkudu anti penuaan. Sumber Pinterest

Mengkudu adalah sumber antioksidan dan bekerja sebagai pelembab yang bagus, jika dioleskan pada kulit. Mengkudu akan bekerja secara alami mengisi dan memperbaiki kulit anda. Jadi jangan khawatir jika kulit anda terasa kering dan memiliki kelembaban tidak merata. Menggunakan mengkudu untuk perawatan kulit menjadikan kulit lembab dan juga sehat.

4. Mengobati Iritasi Kulit Kepala

Selain kulit tubuh yang menjadi lembab, mengkudu juga bermanfaat untuk perawatan kulit kepala. Mengkudu memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kulit kepa seperti adanya sifat antibakteri dan antijamur. Dengan khasiat bermanfaat tersebut, mengkudu dapat membantu mengobati iritasi kulit kepala.

5. Mengobati Demam

Studi menunjukkan bahwa jus mengkudu memiliki khasiat antivirus dan membantu menyingkirkan batuk , demam, dan sakit badan. Meminum jus mengkudu setiap hari bisa sangat bermanfaat. Paling baik dikonsumsi dalam jumlah kecil namun setiap hari.

Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan
Mengkudu disukai untuk pengobatan. Sumber 123rf.com

6. Meningkatkan Energi

Jus mengkudu memiliki khasiat dalam melawan kelemahan tubuh, meningkatkan tingkat energi dan meningkatkan kinerja fisik tubuh secara keseluruhan.

Itulah beberapa khasiat mengkudu untuk kesehatan. Anda bisa memula mengkonsumsinya setiap hari untuk mendapatkan tubuh yang sehat secara alami. Selain dalam bentuk jus dan buah dimakan langsung,, anda bisa juga dengan mengkonsumsi dalam bentuk racikan herbal yang bisa anda dapatkan di aneka toko herbal.

× Chat WhatsApp?