Teh rosella adalah salah satu minuman herbal yang direkomendasikan untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Bunga yang berwarna merah dan indah ini ternyata sering digunakan untuk alternatif asupan penurun berat badan. Nah, sebenarnya apa saja khasiat rosella yang baik bagi tubuh?

Khasiat rosella sudah dirasakan di berbagai belahan dunia. Bukan hanya sebagai minuman, namun juga dibuat sebagai selai atau campuran bahan untuk berbagai makanan yang nikmat. Untuk lebih mengetahui berbagai informasi seputar rosella, berikut ringkasan yang berhasil dibuat tim redaksi aneka obat herbal.

Mengenal Rosella

Rosella adalah kuntum bunga yang berwarna merah merekah nan indah. Namun siapa sangka, tanaman yang harusnya menjadi penghias taman ini juga dikenal manfaatnya. Nah, sebelum mengetahui berbagai khasiat rosella, ketahui dulu informasi seputar bunga yang satu ini.

Rosella memiliki nama latin hibiscus sabdariffa. Tanaman ini berasal dari benua afrika sebagai tanaman penghias yang berada di depan rumah atau di taman-taman rumah. Namun lambat laun ternyata kuntum bunga rosella dimanfaatkan untuk bahan minuman seperti teh yang diminum hangat pada musim dingin atau diminum dingin di musim panas.

Tanaman Rosella, sumber Tribunnews
Tanaman Rosella, sumber Tribunnews

Di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Adakalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. Di Mesir, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin.

Di Sudan, tanaman ini menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman ini berkhasiat juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. Tak jarang, rosella juga dimanfaatkan untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Selain itu, bubuk biji bunga rosela juga dapat dijadikan campuran minuman kopi.

Kandungan senyawa kimia pada bunga rosella yang nanti diidentifikasi manfaatnya bagi kesehatan adalah antosianin, asam protosatekuat, asam askorbat, ekstrak saliks, glikosida cardiac, flavonoid, saponin, alkaloid, sardenoleda, anthocyanins delphinidin-3-O-sambubioside, cyanidin-3-O-sambubioside. Rosella kering mengandung flavonoid gossypetin, hibiscetine dan sabdaretine. Pigmen utama yang sebelumnya dilaporkan sebagai hibiscin telah diidentifikasi sebagai daphniphylline. Sejumlah kecil myrtillin (delphinidin 3-monoglucoside), Chrysanthenin (cyanidin 3-monoglucoside) dan delphinidin juga terdapat pada tanaman ini.

Umumnya rosella dijadikan sebagai teh. Caranya adalah dengan menjemurnya terlebih dahulu selama 1-2 hari hingga akhirnya kering dan dapat dipisahkan dari kelopak dan bijinya. Setelah terpisah dari kelopak dan bijinya, kemudian dicuci dan dijemur kembali hingga 3-5 hari dan siap dipakai sebagai bahan minuman. Sebagaimana warna bunganya, teh rosella juga berwarna merah sebagaimana bunganya.

Di Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli yang berasal dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela. Rosela juga bisa dibuat salad buah yang dimakan mentah. Dapat juga dikonsumsi dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula.

Menurunkan Berat Badan, sumber GRID Healts
Menurunkan Berat Badan, sumber GRID Health

Ditempat lainnya, rosella dijadikan bahan makanan dengan dimasak bersama sayuran lainnya. Selain itu juga dijadikan sebagai tepung non terigu dan obat-obatan. Nah, apa saja khasiat rosella untuk kesehatan tubuh manusia?

Khasiat Rosella

Dengan berbagai cara mengkonsumsi kuntum rosella, lantas apa saja manfaat yang terkandung di dalamnya. Berikut ini berbagai khasiat rosella untuk kesehatan tubuh manusia yang dilansir dari halaman detik health.

1. Melindungi Kulit Wajah

Bunga rosella dapat membantu untuk menjaga kulit wajah dari radikal bebas dan sinar UV yang berbahaya. Manfaat rosella untuk wajah dapat kamu rasakan dengan rajin mengonsumsi teh rosella. Teh rosella mengandung protein esensial, asam amino, dan vitamin C yang dapat menjadikan kulit wajah lebih sehat dan cerah.

2. Mengatasi Infeksi dan Peradangan

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam rosella dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat mengobati beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau adanya peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

3. Mengurangi Rasa Cemas

Bunga rosella juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa cemas dan depresi. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid yang terkandung dalam rosella. Flavonoid yang terkandung di dalamnya memiliki sifat antidepresan sehingga dapat membuat kamu lebih tenang dan santai.

4. Mencegah Tumor dan Kanker

Manfaat bunga rosella merah selanjutnya yaitu dapat mencegah tumor dan kanker. Hal ini karena bunga rosella mengandung zat antioksidan dan antikarsinogenik.

5. Menjaga Saluran Pencernaan

Bunga rosella bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi bunga rosella bisa melancarkan buang air besar sehingga mengatasi sembelit.

6. Mencegah Penyakit Gangguan Hati

Kandungan antioksidan pada bunga rosella mampu menangkal radikal bebas dan menetralisir racun. Hal ini dapat membantu kerja hati lebih ringan.

Kuntum Rosella, sumber Zona Seru
Kuntum Rosella, sumber Zona Seru

7. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi (hipertensi) merupakan salah satu penyebab munculnya masalah medis pada tubuh. Mengonsumsi bunga rosella bisa membantu tubuh untuk menjaga dan mengembalikan tekanan darah menjadi normal.

8. Menurunkan Berat Badan

Teh bunga rosella dapat kamu gunakan sebagai teh pelangsing untuk menurunkan berat badan. Rosella dapat menghambat produksi amilase sehingga dapat menurunkan penyerapan glukosa dan pati. Jika penyerapan glukosa dan pati mengalami penurunan, maka dapat menurunkan asupan kalori pada tubuh dan pada akhirnya bisa mengurangi berat badan.

9. Merangsang Menstruasi

Manfaat rosella yang terakhir yaitu dapat merangsang menstruasi. Bunga rosella dapat memengaruhi hormon estrogen yang dapat merangsang terjadinya menstruasi.

Nah, itu dia berbagai informasi seputar rosella serta khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Saat ini, rosella sudah dijual dimana-mana dalam bentuk yang praktis untuk dikonsumsi. Anda bisa mendapatkannya di toko herbal online. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

× Chat WhatsApp?