Manfaat kunyit putih untuk kanker termasuk salah satu yang paling sering dibicarakan. Namun apakah kunyit putih benar-benar ampuh, tentu saja diperlukan informasi lain yang lebih banyak lagi terutama hasil penelitian. Namun yang pasti, manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh terdapat beberapa selain manfaat kunyit putih untuk kanker.

Berbagai obat herbal alami dipercaya memiliki banyak khasiat dan minim efeksamping. Itulah yang membuat sebagian orang lebih memilih alternatif yang satu ini. Termasuk toko herbal online yang menjual produk obat herbal alami yang sudah dalam bentuk kemasan dan praktis dikonsumsi. Lantas, bagaimana dengan obat herbal kunyit putih? Silahkan cek di toko herbal online Herba Nabawi.

Kunyit Putih

Kunyit putih atau kunir putih dan ada juga yang menyebut juga temu putih, merupakan salah satu herbal yang dikenal di Indonesia. Bahkan ada yang membicarakan manfaat kunyit putih untuk kanker. Sebenarnya bagaimana tanaman herbal yang satu ini, apakah masih sama dengan kunyit pada umumnya?

Mencegah Kanker, sumber Kancer
Mencegah Kanker, sumber Kancer

Kunyit dikenal sebagai salah satu pewarna alami makanan yang menghasilkan warna kuning atau oranye. Selain pewarna alami, kunyit juga menjadi bumbu masakan yang aromatik serta dijadikan bahan jamu untuk minuman yang dapat memberikan nutrisi sehat bagi tubuh. Lantas bagaimana dengan kunyit putih?

Hampir sama dengan kunyit biasa, kunyit putih juga dijadikan bahan untuk pewarna alami masakan. Namun warna keduanya berbeda. Selain itu keduanya sama-sama memiliki manfaat sebagai bumbu masakan dan berkhasiat sebagai tanaman herbal. Hal ini karena temu putih tidak mencolok sebagai pewarna makanan dan tidak memiliki efek warna saat diolah.

Jika dilihat dari jenis tanamannya, kunir dan kunir putih sama-sama merupakan curcuma namun berbeda jenis. Keduanya juga sama-sama berasal dari famili Zingiberaceae yang sering dimanfaatkan akarnya sebagai tanaman rempah atau herbal. Produk alaminya banyak digunakan dalam industri parfum, pewarna untuk industri pangan, dan sebagai obat atau campuran obat.

Tanaman Rimpang ini mengandung zat warna kuning kurkumin (diarilheptanoid). Komponen minyak atsiri dari rimpangnya terdiri dari turunan Guaian (kurkumol, kurkumenol, Isokurkumenol, Prokurkumenol, Kurkurnadiol), turunan Germakran (Kurdion, Dehidrokurdion); seskuiterpena furanoid dengan kerangka eudesman (Kurkolon).

Kerangka Germakran (Furanodienon, Isofuranodienon, Zederon, Furanodien, Furanogermenon); kerangka Eleman (Kurserenon identik dengan edoaron, Epikurserenon, Isofurano germakren); Asam-4-metoksi sinamat (bersifat fungistatik). Dari hasil penelitian lain ditemukan kurkumanolid A, kurleumanolid B, dan kurkumenon. Itulah berbagai bahan kandungannya.

Minyak Atsiri Kandungan Kunyit, sumber Nasional Indonesia
Minyak Atsiri Kandungan Kunyit, sumber Nasional Indonesia

Karakteristik kunir putih agak berbeda dengan kunir biasa. Tekstur dagingnya lebih lunak dan rasanya cenderung mirip dengan jahe, tetapi meninggalkan jejak rasa getir di akhir. Di dalam dunia pengobatan, manfaat kunyit putih lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Khasiat Kunyit Putih

Benarkah manfaat kunyit putih untuk kanker? Apakah sudah ada penelitian tentang hal ini? Mungkin hanya bisa dipastikan di zaman modern. Namun di masa sebelum ini, para orang tua kita telah memahami kunir putih memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Berikut beberapa diantaranya yang dilansir dari halodoc.com.

1. Obat Alergi Alami

Senyawa curcuminoids yang terkandung dalam kunyit putih, bermanfaat sebagai antialergi, dan terbukti mengatasi gejala alergi pada kulit. Sebagai obat antialergi, kunyit putih bekerja layaknya antihistamin yang berfungsi untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, yaitu zat kimia yang memicu reaksi alergi.

2. Antimikroba dan Antijamur

Dikutip dari Journal of Pharmacy and Pharnacology, kunyit putih memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang cukup baik. Ekstrak kunyit putih terbukti melawan beberapa spesies bakteri penyebab penyakit seperti E. Coli, bakteri penyebab berbagai gangguan pencernaan, dan Staphylococcus Aureus, bakteri penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Kunyit putih untuk kesehatan mampu melawan infeksi jamur, seperti Candida dan Aspergillus, serta menghambat aktivitas jamur-jamur lainnya pada tubuh manusia. Selain itu, manfaat kunyit putih turut andil dalam mengurangi jumlah bakteri jahat di mulut, dengan hasil yang setara dengan produk obat kumur yang biasa dijual di pasaran.

3. Mencegah Kanker

Meskipun keefektifannya dalam mengatasi kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut, kandungan zat RIP (Ribosom Inacting Protein) dalam kunyit putih diduga mampu mencegah, merontokkan, memblokir, dan menonaktifkan sel kanker dalam tubuh, tanpa merusak sel di sekitarnya.

Menurut Journal of Pharmacy and Pharnacology, kunyit putih juga diyakini mampu menghambat metastasis kanker dari suatu organ ke organ tubuh lainnya.

Kunyit Putih, sumber Tokopedia
Kunyit Putih, sumber Tokopedia

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Dari ribuan tahun yang dilewati kunyit putih dalam dunia pengobatan tradisional, keampuhannya dalam mengatasi masalah pencernaan mestinya sudah tidak diragukan lagi. Minyak esensial dari kunyit putih ini cukup bermanfaat dalam mengobati maag, perut kembung, sembelit, kolik, kejang otot, dan masalah lambung lainnya.

Tepung dari akar kunyit putih juga dipercaya mengurangi jumlah dan tingkat keasaman cairan lambung, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan tukak lambung. Jangan ragu untuk konsultasikan kesehatanmu pada dokter melalui aplikasi Halodoc, sekarang juga jika kamu memiliki gangguan kesehatan pada bagian tukak lambung!

5. Penawar Bisa Ular

Ekstrak dari khasiat kunyit putih dapat menjadi pertolongan pertama yang ampuh sebagai penawar dan penghambat aktivitas racun ular dalam tubuh.

6. Meringankan Rasa Sakit

Kunyit putih dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang kamu alami. Hal ini disebabkan kunyit putih mengandung sifat analgesik.

Tidak ada dampak pada kesehatan dari pengonsumsian kunyit putih. Namun, terkhusus untuk wanita hamil dan ibu menyusui, sebaiknya ikuti petunjuk tim medis atau dokter ketika akan mengonsumsi kunyit putih.

Nah, itu dia berbagai manfaat kunir putih untuk kesehatan tubuh. Ternyata salah satu manfaat kunyit putih untuk kanker adalah untuk mencegahnya. Apakah Anda pernah merasakan manfaat dari herbal yang satu ini? Jika ingin memiliki produknya, silahkan kunjungi Herba Nabawi.

× Chat WhatsApp?