Berbicara soal madu, ternyata dibedakan menurut kepekatan warnanya juga. Terdapat madu hitam pahit asli yang bisa memiliki khasiat lebih istimewa dibandingkan madu yang berwarna lebih terang. Bagaimana nutrisi dan manfaat dari madu hitam pahit asli ini?

Madu termasuk salah satu produk herbal yang paling dikenal secara luas. Namun jangan sampai Anda membeli produk madu olahan yang hampir tidak bisa dikatakan asli lagi. Silahkan konsultasikan produk madu Anda di Toko Herbal Online.

Seputar Madu Hitam

Madu hitam pahit asli adalah herbal alami sebagaimana madu lainnya namun memiliki kandungan yang sedikit berbeda. Terutama kadar gula atau pemanis di dalamnya yang lebih sedikit sehingga memiliki cita rasa yang pahit. Namun madu dibedakan pula menurut sumbernya yaitu nektar dari berbagai jenis pohon dan bunga yang ada.

Berbeda tumbuhan, berbeda pula nektar yang dihasilkan. Karena madu merupakan nektar yang diambil oleh lebah, maka akan berbeda pula madu yang dihasilkannya. Madu hitam adalah cairan madu yang dihasilkan oleh Lebah jenis Apis Mellifera yang mengkonsumsi nektar dari bunga pohon Mahoni atau dari pohon pelawan sehingga madu ini memiliki rasa yang pahit. Khasiatnya serupa dengan madu pada umumnya namun memiliki kandungan gula yang lebih rendah.

Berbagai Jenis Madu, sumber Honey Drop
Berbagai Jenis Madu, sumber Honey Drop

Madu ini memiliki ciri-ciri fisik berwarna hitam pekat dan rasa yang lebih pahit sehingga sering disebut dengan madu hitam pahit. Namun jangan sampai tertipu, karena mahalnya harga madu seringkali banyak yang memanfaatkan kesempatan dengan membuat yang serupa namun ternyata hasil olahan sehingga tidak bisa disebut sebagai madu hitam pahit asli lagi.

Secara umum, madu mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, asam amino, gula, dan antioksidan dari fenol dan flavonoid. Ada penelitian yang mengemukakan bahwa madu hitam lebih unggul karena bersifat lebih stabil sehingga kandungan zat di dalamnya tidak mudah rusak. Warnanya yang hitam juga menunjukkan ada sedikit perbedaan kandungan di dalamnya.

Madu hitam pahit asli mengandung nutrisi fenol yang lebih tinggi dibandingkan madu dengan jenis kepekatan warna lainnya. Semakin tinggi kandungan fenol maka kapasitas antioksidan flavonoid di dalam madu jenis ini juga otomatis menjadi lebih tinggi. Nah, tentu saja kapasitas antioksidan ini bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Dilansir dari situs Alodokter, berikut penjelasan mengenai kandungan asam fenolat dan antioksidan flavonoid dalam madu hitam:

Asam fenolat

Senyawa asam fenolat sendiri merupakan salah satu kelompok senyawa terpenting pada tumbuhan dan jenisnya pun sangat beragam. Sejauh ini, berdasarkan struktur kimianya saja setidaknya ada 8.000 jenis asam fenolat. Dalam tubuh manusia, senyawa ini berperan sebagai antioksidan alami yang menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

Menurut riset, kebaikan dari senyawa fenolat dari madu hitam ditunjukkan dalam beberapa aktivitas yang menguntungkan, seperti antikanker, antiinflamasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menghambat penyempitan pembuluh darah karena dianggap dapat menghambat penggumpalan trombosit. Efek ini dianggap baik untuk membantu mencegah penyakit jantung koroner.

Apis Mallifera, sumber Observation
Apis Mallifera, sumber Observation

Flavonoid

Manfaat madu hitam bagi kesehatan lainnya yaitu terkait antioksidan flavonoid yang terkandung di dalamnya. Penelitian tentang senyawa ini telah banyak dilakukan. Penelitian-penelitian tersebut membuktikan bahwa flavonoid bersifat sebagai antioksidan, melawan radikal bebas dalam tubuh, antikanker, serta mencegah penyakit jantung koroner, diabetes, dan stroke. Senyawa ini juga mungkin berpotensi sebagai obat untuk membantu mengatasi penyakit terkait alergi, seperti eksim atopik, asma, dan rhinitis.

Tidak hanya itu, flavonoid dapat melindungi sel-sel saraf dari kerusakan. Antioksidan ini bahkan dapat membantu regenerasi sel-sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. Flavonoid juga dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak dan kemampuan kognitif tetap terjaga.

Terakhir, flavonoid diduga memiliki efek yang dapat membantu jaringan tubuh memperbaiki diri sendiri setelah mengalami luka akibat radiasi. Namun penelitian terhadap efektivitas flavonoid dalam menyembuhkan efek radiasi baru dilakukan kepada hewan, belum kepada manusia.

Manfaat Madu Hitam

Selama Anda mengkonsumsi madu hitam pahit asli, dijamin Anda akan mendapatkan nutrisi dan manfaat yang sebagaimana mestinya. Lantas, dengan berbagai kandungan nutrisi yang telah dijelaskan tadi, apa saja manfaat yang mungkin dirasakan jika mengkonsumsi madu hitam pahit asli ini? Berikut diantara beberapa manfaatnya dilansir dari situs Klik Dokter.

1. Tidak Meningkatkan Gula Darah

Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal Pharmaceutical Biology melaporkan tanaman yang mengandung alkaloid menunjukkan aktivitas antihiperglikemik ketika diuji coba kepada tikus dengan diabetes. Artinya, madu hitam memiliki potensi yang baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang dengan kadar gula darah tinggi.

Kabar baiknya lagi, tak seperti madu kebanyakan, madu hitam juga memiliki kandungan gula atau glukosa yang lebih rendah. Alhasil, madu hitam disebut-sebut lebih aman untuk dikonsumsi orang-orang dengan diabetes (diabetesi). Kendati demikian, bagi diabetesi yang ingin merasakan manfaat madu hitam, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter.

2. Menangkal Radikal Bebas

Selain alkaloid, madu hitam juga kaya akan asam fenolat dan flavonoid. Senyawa asam fenolat berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh. Karena kandungannya tinggi, asam fenolat dalam madu hitam bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal kanker, mencegah peradangan maupun penyempitan pembuluh darah.

Flavonoid juga berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh. Artinya, siapa saja yang mengonsumsinya secara rutin bisa menurunkan risiko kanker dan mencegah penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Madu Hitam, sumber Bobo Grid
Madu Hitam, sumber Bobo Grid

3. Menjadi Obat Alergi Alami

Manfaat madu hitam untuk kesehatan juga dapat dinikmati oleh mereka yang memiliki alergi. Gangguan kesehatan yang berkaitan dengan alergi seperti, asma, rinitis, eksim atopik, dan lain sebagainya, dapat dibantu dengan adanya kandungan flavonoid madu hitam.

4. Melancarkan Aliran Darah ke Otak

Manfaat madu hitam pahit juga berhubungan dengan otak dan sistem saraf. Antioksidan flavonoid dalam madu hitam dipercaya bisa mempercepat regenerasi sel-sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang.

Anda yang ingin menjaga daya ingat hingga tua juga bisa mengonsumsi madu hitam secara rutin. Pasalnya, kandungan flavonoid di dalam madu tersebut bisa membantu melancarkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak akan tetap terpelihara.

5. Membantu Atasi Gejala Penyakit Lambung

Penderita sakit lambung sering mengalami sekumpulan gejala, seperti nyeri di sekitar ulu hati, kembung, mual, dan muntah. Meski jarang menimbulkan komplikasi serius, sakit lambung yang tidak diobati bisa berujung kepada munculnya luka di lambung yang cukup dalam dan lebar.

Nah, salah satu cara alami untuk mengatasi sakit lambung adalah mengonsumsi madu hitam. Jenis madu ini memiliki sifat dasar sebagai antibiotik, sehingga dapat mengurangi gejala sakit lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori.

Itu dia beberapa informasi seputar kandungan nutrisi madu hitam asli dan manfaatnya untuk kesehatan. Apakah Anda tertarik untuk menjadikan madu hitam pahit asli sebagai pilihan pemanis sehari-hari? Konsultasikan ke dokter dan pesan produknya melalui Katalog Nabawi Herba.

× Chat WhatsApp?