Diantara berbagai kosmetik dari bahan alami yang sering digunakan adalah celak. Kosmetik yang satu ini bahkan sudah dikenal ribuan tahun lamanya. Apakah terdapat manfaat celak bagi kesehatan atau kosmetik ini hanya sekedar untuk berhias saja?

Terdapat banyak bahan-bahan alami seperti herbal dan yang sejenisnya untuk dimanfaatkan sebagai obat-obatan, suplemen termasuk juga kosmetik. Nah, celak merupakan salah satu kosmetik yang berasal dari bahan alami. Meskipun saat ini sudah terdapat produk celak yang berasal dari zat kimian.

Asal Mula Celak

Umat muslim mengenal celak sebagai salah satu sunnah dari Rasulullah SAW. Secara umum manfaat celak juga sudah diketahui oleh masyarakat. Namun dari mana sebenarnya asal usul kosmetik yang satu ini?

Diantara berbagai peralatan kosmetik, terdapat salah satu yang digunakan untuk mata, yaitu celak. Celak merupakan kosmetik yang dipakai untuk mempertegas lingkaran mata sehingga tampak cantik. Kosmetik yang satu ini ternyata sudah digunakan sejak 3.500 tahun yang lalu.

Menurut ulasan yang terdapat di Wikipedia, yang menggunakan celak pertama kali adalah orang-orang Mesir kuno dan Mesopotamia. Namun penggunaannya bukan sekedar untuk merias wajah dengan mempercantik mata, penggunaannya juga dimaksudnya untuk melindungi kulit dari terik matahari padang pasir pada waktu itu. Celak yang digunakan bangsa Mesir kuno terbuat dari berbagai bahan, misalnya bijih tembaga dan antimon, yang dikenal dengan sebutan kohl.

Budaya Gothic yang Menggunakan Celak, sumber Entertainer
Budaya Gothic yang Menggunakan Celak, sumber Entertainer

Pada tahun 1920-an, kosmetik yang satu ini diperkenalkan seiring dengan ditemukannya makam Tutankhamun. Karena pada tahun ini merupakan era dimana penggunaan kosmetika sudah dikenal banyak dan meluas ke mana-mana. Baru pada tahun 1960 terdapat celak yang diproduksi dari pabrik yang bahannya merupakan cairan, bukan pensil atau batu.

Sebenarnya pengguna celak bukanlah hanya para wanita saja, namun juga para pria. Selain itu, bukan hanya kalangan muslim namun juga orang-orang Eropa seperti orang bermode punk dan gothic juga menggunakan celak sehari-harinya. Sehingga sebenarnya kosmetik yang satu ini digunakan oleh berbagai kalangan.

Manfaat Celak Untuk Kesehatan

Sebelum mengetahui beberapa manfaat celak bagi kesehatan, tidak ada salahnya untuk sedikit melihat penjelasan menggunakan celak berdasarkan pedoman sunnah Nabi Muhammad SAW. Dari pedoman ini diketahui cara menggunakan serta manfaat yang diharapkan dari penggunaan kosmetik yang satu ini.

Rasulullah SAW bersabda, “Bercelaklah kalian dengan itsmid, karena dia bisa mencerahkan mata dan menumbuhkan rambut.” (HR. At Tirmidzi)

Dari hadits ini dapat diketahui bahwa Nabi Muhammad SAW menggunakan celak berbahan itsmid yang merupakan bebatuan yang berasal dari negeri Persia. Selain itu diketahui pula bahwa Nabi SAW menggunakannya saat sebelum tidur serta cara menggunakannya pada mata seperti apa. Berdasarkan sabda Beliau SAW berikut :

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas: “Bahwasanya Nabi Muhammad SWA memiliki celak. Dia bercelak setiap malam 3 kali pada mata kanan dan dua kali pada mata sebelahnya.” (HR. At Tirmidzi).

Batu Itsmid, sumber Pinterest
Batu Itsmid, sumber Pinterest

Bahan itsmid yang digunakan Rasulullah SAW dari negeri Persia ini merupakan batu hitam. Batu ini dapat melekat dengan baik pada kulit sekitar mata serta serpihannya memiliki tekstur yang halus. Selain itu, bahan ini juga bersih tidak mengandung kotoran dan zat berbahaya. Berikut beberapa manfaat celak :

Menghilangkan Iritasi Mata Merah

Iritasi bisa terjadi apabila debu atau bekteri kecil masuk ke dalam mata, biasanya pada iritasi ini menimbulkan rasa gatal dan membuat mata merah. Celak dipercaya dapat menghilangkan mata yang merah karena iritasi baik yang dikarenakan alergi, suhu, makanan tertentu, atau debu.

Mengobati Sakit Mata

Kandungan batu Istmid dalam celak mata diyakini bisa menghilangkan sakit pada mata. Penyakit mata yang dimaksud adalah sekadar penyakit mata ringan seperti nyeri akibat terkena partikel mikro atau nyeri karena mata lelah. selain itu celak mata dapat bermanfaat untuk mengobati nyeri karena efek kurang istirahat pada mata di malam hari.

Menyelimuti Kelopak Mata

Menggunakan celak mata secara teratur pada saat menjelang tidur dapat membantu Anda beristirahat tanpa khawatir adanya partikel seperti debu atau semacamnya masuk ke dalam mata.

Celak yang dioleskan sekitar area mata atas dan bawah akan membantu melindungi dan menyelimuti kelopak mata Anda dan membuat tidur lebih nyenyak, karena pada waktu istirahat (tidur) celak dapat melindungi kelopak mata dari cahaya yang mengganggu saat istirahat.

Mengeluarkan Kotoran

Celak Mata, sumber Shopee
Celak Mata, sumber Shopee

Bagi Anda yang sering beraktifitas di luar rumah, pasti sering mengalami kotoran yang masuk ke dalam mata. Bisa jadi kotoran tersebut adalah debu, pertikel halus, atau binatang kecil yang tidak sengaja masuk. Nah, untuk masalah semacam ini mudah diatasi hanya dengan menggunakan celak secara merata di sekitar area mata Anda.

Mengobati Sakit Kepala

Mencampurkan serpihan celak mata dengan madu dapat difungsikan sebagai obat sakit kepala. Campuran ini bisa digunakan secara oral (diminum) atau cukup dengan dioleskan di sekitar dahi sambil dipijat ringan. Pengobatan ini dipercaya berkhasiat untuk meringankan sakit kepala.

Mengobati Luka Bakar

Tahukah Anda bahwa ternyata celak mata dapat digunakan sebagai bahan untuk mengobati luka bakar?. Dengan mencampurkan celak yang diserut sebelumnya dengan minyak alami, seperti minyak kelapa, atau minyak zaitun dapat mengobati luka bakar ringan pada kulit Anda.

Caranya, oleskan campuran tersebut pada bagian yang terluka, sambil menunggunya kering dan lakukan secara rutin sampai luka tertutup sempurna.

Itu dia beberapa manfaat celak yang dilansir dari portalmadura.com. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Simak berbagai ulasan kesehatan dan kosmetik lainnya di situs Nabawi Herba.

× Chat WhatsApp?