Di masa pandemi ini, banyak masyarakat yang semakin panik mengenai virus corona yang setiap harinya semakin berbahaya. Hingga baru-baru ini banyak masyarakat yang mengatakan, bahwa khasiat dari qusthul hindi dapat mengobati covid-19. Namun benarkah anggapan tersebut?

Akhir-akhir ini masyarakat digemparkan dengan temuan varian baru dari virus corona yang mengalami mutasi. Dikatakan bahwa varian baru ini lebih ganas dan berbahaya dari varian corona sebelumnya. Hal tersebutlah yang membuat masyarakat panik, dan mulai mencari obat yang dapat menangkal covid-19.

Sebagian masyarakat mengklaim bahwa metode alami dengan menggunakan herbal dan bahan alami dapat mengobati covid-19. Misalnya saja seperti bawang merah, minyak kayu putih, hingga yang paling baru adalah qusthul hindi. Berita mengenai bahan ini banyak tersebar di media sosial.

Qusthul hindi, Sumber : verywellhealth.com
Qusthul hindi, Sumber : verywellhealth.com

Namun, dari segi pengobatan medis tentu saja diperlukan uji klinis serta bukti ilmiah terlebih dahulu untuk mencetuskan sesuatu hal sebagai obat. Walaupun sudah banyak yang mengatakan hal positif terhadap bahan-bahan tersebut, untuk bisa dikatakan sebagai obat covid-19 harus diuji secara klinis dulu ya.

Mengenal Qusthul Hindi

Qusthul hindi merupakan batang hitam dari tanaman Costus, tanaman asli yang berasal dari negara India, tanaman ini memiliki nama ilmiah yakni Saussurea costus. Ekstrak dari qusthul hindi ini digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional, yang lebih dikenal dengan nama minyak atsiri.

Qusthul hindi ini telah dipercaya untuk pengobatan sejak 2500 tahun lalu di Yunani, Persia, Arab dan India. Bahkan bahan ini lekat dengan salah satu pengobatan ala Rasulullah SAW. Klaimnya kayu India tersebut mampu menyembuhkan 7 penyakit, salah satunya berhubungan dengan masalah paru-paru.

Saussurea costus, Sumber : growildnursery.co.uk
Saussurea costus, Sumber : growildnursery.co.uk

Disebutkan bahwa di dalam qusthul hindi ini terdapat anti inflamasi yang mencegah peradangan. Hampir sama dengan minyak kayu putih ataupun eukaliptus, yang diyakini memiliki kemampuan sebagai anti virus yang berfungsi menghambat melekatnya virus pada reseptor tubuh.

Hanya saja, perlu anda pahami bahwa hingga saat ini masih sangat terbatas penelitian yang tersedia mengenai manfaat dari qusthul hindi ini bagi kesehatan. Apabila ada, informasi tersebut juga belum jelas apakah manfaat dari bahan ini murni muncul karena qusthul hindi sendiri atau karena penyebab lain.

Pandangan Dunia Medis Terhadap Qusthul Hindi

Untuk obat covid-19 maupun penyakit lainnya, qusthul hindi sebagai pengobatan saat ini masih pada tahap in silico atau lebih dikenal dengan simulasi computer. Dengan demikian, dari pandangan medis belum ada bukti ilmiah yang dapat menjelaskan bahwa qusthul hindi ini dapat digunakan sebagai penyembuh yang teruji klinis.

Belum ada memang bukan berarti tidak bisa ya, namun juga belum berarti sudah pasti bisa. Hal tersebut hanya bisa dipastikan dengan bukti ilmiah dan uji klinis, seperti yang telah disampaikan di atas. Bahkan juga sama halnya dengan penggunaan obat herbal alternatif lainnya.

Diantaranya seperti kayu putih, lemon, madu, jinten hitam dan masih banyak lagi yang merupakan bentuk usaha dari kita untuk mendapatkan kesembuhan. Apabila ingin menjadikan qusthul hindi sebagai metode alternatif, anda dapat mengonsultasikan dengan dokter yang lebih ahli dalam hal tersebut.

Dalam teknik pengobatan, anda harus menyadari bahwa tidak ada satu metode perawatan yang tepat untuk semua orang. Oleh sebab itu disarankan bekerja sama dengan dokter kepercayaan anda, untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk anda merupakan cara yang tepat.

Ilustrasi uji klinis, Sumber : halodoc.com
Ilustrasi uji klinis, Sumber : halodoc.com

Manfaat Qusthul Hindi

Mengutip dari Jurnal International Immunopharmacology pada Juli 2012, qusthul hindi mengandung senyawa aroma terpene yang dapat mengurangi rasa sakit serta peradangan dengan menekan enzim siklooksigenase (COX). Enzim ini sama seperti target obat antiinflamasi nonsteroid seperti Advil (ibuprofen) dan Aleve (naproxen).

Khasiat dari qusthul hindi diklaim oleh masyarakat mampu menyembuhkan 7 penyakit, salah satunya yang berhubungan dengan paru-paru. Penyakit terkait pernafasan yang sering menggunakan pengobatan ini ialah batuk, pilek, radang tenggorokan hingga mencegah terbentuknya kanker.

Quathul hindi diyakini bekerja dengan cara merangsang tubuh untuk memperbanyak antibody. Dengan demikianlah, imunitas dalam tubuh dapat dibangun dan melawan penyakit yang datang.

Bubuk qusthul hindi, Sumber : shopee.co.id
Bubuk qusthul hindi, Sumber : shopee.co.id

Aturan Minum Qusthul Hindi

Apabila anda tidak memiliki alergi terhadap batang ini dan tidak muncul juga efek samping yang berat seusai mengkonsumsinya, maka sejatinya tidak jadi masalah jika anda ingin mencoba mengkonsumsinya untuk meredakan penyakit anda. Namun anda juga perlu mengetahui aturan minumnya agar tidak salah.

Untuk mengonsumsinya, masukan 1 sendok qusthul hindi ke dalam gelas. Kemudian tambahkan sekitar 200cc air mendidih atau air panas. Anda dapat menambahkan madu atau habbatusauda cair untuk menambah rasa. Setelah itu, tunggu hingga air berubah warna menjadi kekuningan lalu dapat langsung anda minum.

Ilustrasi minuman qusthul hindi, Sumber : beveragedaily.com
Ilustrasi minuman qusthul hindi, Sumber : beveragedaily.com

Banyak yang merasa qusthul hindi memberikan manfaat dalam hidup mereka. Walaupun dinyatakan belum ada penyembuhan yang dapat dikatakan sebagai obat Covid-19 yang merupakan virus baru. Namun tidak ada salahnya apabila anda ingin mencoba mengonsumsi qusthul hindi ini.

Untuk anda yang ingin mengonsumsi qusthul hindi, maka anda bisa membelinya di toko herbal online. Tidak perlu lagi anda keluar rumah untuk membeli produk ini, sehingga anda tetap aman dari penularan virus. Anda cukup memesannya secara online, dan qusthul hindi pesanan anda sudah tiba di depan rumah anda.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kebenaran terkait khasiat qusthul hindi apakah dapat dijadikan sebagai obat covid. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan anda.

× Chat WhatsApp?