Manfaat bee pollen termasuk salah satu informasi yang dikenal secara luas. Apalagi jika Anda termasuk salah satu yang menggemari produk dari lebah. Namun jangan sampai salah membedakan antara produk madu, propolis, royal jelly dan bee pollen.

Meskipun berasal dari produksi lebah, ternyata manfaat bee pollen dibandingkan produk lebah lainnya seperti madu, royal jelly dan propolis bisa dikatakan hampir tidak sama. Karena pada faktanya semua produk lebah ini juga berbeda dilihat dari bagaimana proses produksinya oleh hewan istimewa yang satu ini.

Apa itu Bee Pollen?

Lebah merupakan salah satu hewan yang istimewa. Karena bisa dikatakan hampir semua produksinya bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tidak terkecuali manfaat bee pollen yang sudah dikenal sejak lama. Namun, apa itu sebenarnya bee pollen?

Berbagai Produk Lebah, sumber Deposit Photos
Berbagai Produk Lebah, sumber Deposit Photos

Sebagaimana yang kita ketahui, lebah tidak hanya menghasilkan madu saja. Meskipun lebih sering dikenal bahwa produk lebah yang bermanfaat adalah madu, namun semua yang diambil, diproduksi bahkan hal yang bekas digunakan oleh lebah dapat bermanfaat untuk tubuh manusia. Salah satunya adalah bee pollen.

Jika Anda pernah melihat produk herbal bee pollen, terlihat bahwa produk yang satu ini berbentuk butiran yang lonjong hampir seperti bulir buah jeruk. Ternyata bentuk ini memang terinspirasi dari bentuk aslinya, dimana saat lebah mengumpulkan berbagai serbuk sari dan nektar dari tanaman untuk dibawa ke sarang, bee pollen berbentuk bulir seperti yang disebutkan tadi.

Jadi, bee pollen adalah berbagai serbuk sari dan nektar dari berbagai tanaman yang diangkut oleh lebah untuk diproses sebagai bahan yang nantinya menjadi madu. Sehingga bisa juga dikatakan bee pollen merupakan hasil berburu lebah dari berbagai tanaman yang dijumpainya untuk dibawa pulang ke sarangnya.

Nutrisi Bee Pollen

Dari manfaat bee pollen yang sudah diketahui, semuanya tidak terlepas karena nutrisi yang terdapat didalamnya. Uniknya, terdapat beberapa perbadaan nutrisi antara bee pollen, madu, royal jelly dan propolis meskipun semuanya merupakan produk dari lebah. Lantas, bagaimana nutrisi yang terkandung didalam bee pollen?

Dilansir dari halaman halodoc, bee pollen mengandung lebih dari 250 zat aktif biologis, termasuk protein, karbohidrat, lipid, asam lemak, vitamin, mineral, enzim, dan antioksidan. Dalam butiran serbuk sari lebah, mengandung kurang lebih:

  • Karbohidrat: 40 %
  • Protein: 35 %
  • Air: 4-10 %
  • Lemak: 5 %
  • Zat lain: 5-15 %
Ilustrasi Kanker, sumber Singularity Hub
Ilustrasi Kanker, sumber Singularity Hub

Namun, kandungan nutrisi bee pollen juga tergantung pada sumber tumbuhan dan musim pengumpulannya. Misalnya, penelitian telah menemukan bahwa bee pollen yang dikumpulkan dari tanaman pinus memiliki protein sekitar 7 persen, sedangkan pollen yang dikumpulkan dari pohon kurma dapat mengandung protein sebanyak 35 persen. Bee pollen yang dipanen selama musim semi juga memiliki komposisi asam amino yang berbeda dari pollen yang dikumpulkan selama musim panas.

Manfaat Bee Pollen

Lantas, apa manfaat bee pollen ditinjau dari berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya? Ketahuilah terlebih dahulu hal ini sebelum mengkonsumsinya. Apalagi jika Anda ingin menggunakan bee pollen sebagai suplemen harian Anda.

Dilansir dari situs SehatQ, manfaat bee pollen antara lain :

1. Mengatasi alergi

Salah satu manfaat bee pollen yang paling sering terdengar adalah meredakan alergi musiman, seperti rinitis alergi. Sebab, mengonsumsi bee pollen dinilai dapat membantu tubuh membangun resistensi atau daya tahan terhadap bahan-bahan pemicu alergi. Hal tersebut kemudian akan membantu tubuh untuk meredakan gejala alergi yang terjadi.

Belum banyak penelitian yang bisa memastikan manfaat bee pollen yang satu ini secara klinis. Namun, pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, bee pollen terbukti dapat menghambat produksi histamin, komponen yang bisa memicu alergi di tubuh.

2. Membantu menurunkan kolesterol

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, bee pollen terbukti dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan kadar kolesterol secara keseluruhan. Namun, untuk memastikan khasiat ini pada manusia, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

3. Baik untuk kesehatan hati

Masih melalui penelitian menggunakan hewan uji, bee pollen terbukti dapat mencegah kerusakan hati, dan bahkan membantu perbaikan sel hati yang rusak akibat konsumsi alkohol berlebih dan penggunaan obat-obatan.

4. Melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis

Bee pollen mengandung berbagai macam antioksidan, di antaranya flavonoid, carotenoid, dan kaempferol. Antikosidan inilah yang akan melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit akibat paparan radikal bebas berlebih, seperti diabetes tipe dua dan penyakit jantung.

Bee Pollen, sumber Lucky Vitamin
Bee Pollen, sumber Lucky Vitamin

5. Mengatasi pembengkakan dan peradangan di tubuh

Secara tradisional, bee pollen memang biasa digunakan untuk meredakan pembengkakan serta peradangan. Secara ilmiah, manfaat bee pollen yang satu ini telah dibuktikan dengan penelitan pada hewan uji serta riset di laboratorium.

6. Berpotensi bantu mengatasi osteoporosis

Bee pollen terbukti dapat meningkatkan kadar kalsium dan fosfat di tulang serta melindungi tubuh dari kerusakan tulang akibat osteoporosis. Manfaat bee pollen yang satu ini, diketahui dari penelitian pada hewan uji, sehingga penelitian lebih lanjut pada manusia masih perlu dilakukan.

7. Mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi

Kandungan antioksidan dan antiperadangan yang ada pada bee pollen, membuatnya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Kandungan antimikrobialnya pun berpotensi mencegah terjadinya infeksi pada luka.

8. Berpotensi mencegah kanker

Manfaat bee pollen yang satu ini, belum terbukti secara klinis. Namun, melalui penelitian yang dilakukan di laboratorium menggunakan sampel sel yang ada, komponen pada bee pollen berpotensi menurunkan beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kanker darah (leukemia).

9. Meredakan gejala menopause

Menopause, pada beberapa wanita, bisa menimbulkan gejala seperti keringat berlebih, mood swings, hingga gangguan tidur. Mengonsumsi bee pollen, dinilai dapat membantu mengurangi munculnya gejala-gejala tersebut.

Itu dia berbagai manfaat dari bee pollen. Meskipun terdapat berbagai manfaat bee pollen, namun perhatikan juga efek sampingnya. Karena tidak semua manfaat dapat dipakai begitu saja tanpa kondisi awal yang memenuhi kriteria pemakaian. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

× Chat WhatsApp?