Kasus Covid-19 mengalami lonjakan drastis beberapa pekan terakhir ini. Banyak kasus bahwa pasien yang positif covid mengalami penurunan saturasi oksigen (spO2) dalam tubuh, hal inilah yang membuat sebagian orang merasa panik. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh.

Melonjaknya kasus positif covid-19 di berbagai daerah di Indonesia akhir-akhir ini, menyebabkan pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai PPKM darurat untuk Jawa dan Bali. Kebijakan ini mulai berlaku dari tanggal 3 – 20 Juli mendatang, aturan ini di buat untuk membantu memutus rantai penyebaran covid-19.

Penurunan nilai saturasi oksigen menjadi keluhan banyak pasien yang menderita Covid-19. Lalu sebenarnya apa itu saturasi oksigen? Saturasi oksigen merupakan kadar oksigen dalam darah. Kadar tersebut dapat diukur dengan menggunakan alat yang bernama oksimetri.

Virus corona, Sumber : economictimes.indiatimes.com
Virus corona, Sumber : economictimes.indiatimes.com

Penggunaan alat oksimetri untuk mengetahui kadar saturasi oksigen dalam tubuh juga cukup sederhana. Anda cukup menjepitkan alat tersebut ke ujung jari selama beberapa detik, yang kemudian setelah itu anda akan mendapatkan angka saturasi oksigen yang ada dalam darah.

Kadar Saturasi Oksigen Normal Dalam Darah

Kadar saturasi oksigen yang nomal dapat menunjukkan seberapa baik fungsi paru, jantung, hingga sistem peredaran darah anda. Kadar oksigen yang normal berkisar di angka 95% hingga 100%. Ini artinya hampir seluruh sel darah merah dalam tubuh mengangkut oksigen dan tidak terjadi hambatan dalam sistem peredaran darah.

Pada beberapa pasien dengan penyakit paru kronis biasanya memiliki kadar oksigen yang lebih rendah, yaitu sekitar 90% hingga 94%. Misalnya saja seperti penyakit paru kronis adalah asma dan emfisema. Sedangkan kadar oksigen di bawah angka tersebut dikategorikan hipoksia atau kekurangan oksigen.

Apabila anda mengalami hipoksia, maka anda harus segera mendapatkan pertolongan dari tenaga medis segera. Anda memerlukan tambahan oksigen untuk tubuh anda, supaya tubuh dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, anda juga perlu memeriksakan diri untuk mengetahui penyebab dari turunnya kadar oksigen anda.

Ilustrasi mengecek saturasi oksigen, Sumber : suara.com
Ilustrasi mengecek saturasi oksigen, Sumber : suara.com

Penting untuk anda ketahui bahwa pada infeksi virus covid-19, saturasi oksigen akan turun terlebih dahulu sebelum adanya perburukan gejala lain. Sehingga pemantauan saturasi oksigen ini sangat penting dilakukan pada saat anda menjalani isolasi mandiri di rumah.

Anda dapat dengan mudah menemukan alat oksimeter yang digunakan untuk mengukur kadar saturasi oksigen ini di farmasi atau toko alat medis lainnya. Lakukanlah pengecekan secara rutin, agar anda dapat memantau bagaimana kondisi saturasi oksigen anda.

Cara Untuk Menambah Tingkat Saturasi Oksigen

Apabila anda mengalami kekurangan oksigen dalam darah, maka tidak perlu panik. Karena ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan saturasi oksigen dalam darah tersebut. Berikut di bawah ini adalah cara-cara yang dapat anda gunakan.

1. Melakukan Teknik Proning

Teknik proning atau dikenal dengan proning position ini adalah teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kadar oksigen. Cara dengan mengatur posisi tidur tengkurap pada pasien yang mengalami gangguan pernapasan tersebut. Proning biasanya diberikan pada pasien gangguan pernapasan berat yang menggunakan ventilator.

Proning position dapat membantu melawan tekanan gravitasi, ketika paru-paru berada pada titik minim pasokan oksigen. Selain itu, teknik ini juga dapat membantu pendistribusian volume dan tekanan ventilator, sehingga kerusakan paru-paru tersebut dapat dicegah.

Manfaat proning juga dapat diterapkan pada penderita gangguan pernapasan yang tidak menggunakan bantuan ventilator, termasuk pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri. Teknik ini dapat mencegah intubasi atau penggunaan alat bantu pernafasan seperti ventilator.

Teknik proning, Sumber : republika.co.id
Teknik proning, Sumber : republika.co.id

2. Memperbaiki Sistem Sirkulasi Udara

Saat anda sedang menjalani isolasi mandiri, maka anda dapat membuka jendela dan menjaga sirkulasi udara di ruangan atau rumah anda tetap baik. Selain membuka jendela, anda dapat mebuka ventilasi udara yang lainnya. Ventilasi tersebut akan membantu membawa udara segar masuk.

Kunjungi Toko Mebel Jogja

Bukan hanya itu saja ventilasi tersebut juga akan memberikan anda pasokan oksigen yang lebih baik. Dengan membuka jendela dan ventilasi udara yang lain, akan membuat anda merasa lebih berenergi dan membuat suasana hati lebih baik sehingga dapat meningkatkan kesehatan anda.

Ilustrasi sirkulasi udara, Sumber : popmama.com
Ilustrasi sirkulasi udara, Sumber : popmama.com

3. Mengonsumsi Multivitamin

Ketika anda terkena covid-19 penting untuk anda menjaga kekebalan tubuh anda agar tetap baik. Oleh sebab itu anda perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Anda dapat membeli multivitamin tersebut di toko herbal online.

Jadi anda tidak perlu keluar rumah untuk membeli berbagai multivitamin yang anda butuhkan. Anda cukup memesannya secara online, dan pesanan anda bisa dikirimkan sesuai dengan alamat tujuan. Hal tersebut juga dapat membuat anda aman dan nyaman saat menjalani isolasi mandiri.

Mengonsumsi multivitamin, Sumber : jd.id
Mengonsumsi multivitamin, Sumber : jd.id

4. Olahraga Ringan

Cara berikutnya untuk membantu meningkatkan saturasi oksigen adalah dengan rutin berolahraga. Apabila anda merasa sesak untuk berolahraga, maka anda bisa memulai dengan kegiatan yang ringan. Anda bisa melatihan pernafasan dengan berjalan kaki di sekitar rumah sekalian berjemur pagi.

Latihan pernafasan, Sumber : ubiquinol.org
Latihan pernafasan, Sumber : ubiquinol.org

5. Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu kandungan yang penting untuk membantu pembentukan darah agar jumlah sel darah merah yang membawa oksigen tetap tercukupi. Contoh makanan yang mengandung zat besi diantarnya ialah daging merah dan sayuran hijau.

Daging merah, Sumber : halodoc.com
Daging merah, Sumber : halodoc.com

6. Stop Merokok

Untuk membantu meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh anda perlu berhenti merokok atau menghindari menjadi perokok pasif. Hanya dengan cara tersebut, sirkulasi dalam darah akan meningkat secara signifikan. Tercatat fungsi paru dapat meningkat hingga 30%.

Ilustrasi dilarang merokok, Sumber : kmjurnalistik.com
Ilustrasi dilarang merokok, Sumber : kmjurnalistik.com

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara meningkatkan saturasi oksigen. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan anda. Apabila anda ingin membeli berbagai multivitamin yang kami jual, maka anda dapat mengetahui bagaimana cara pembeliannya di laman website kami.

× Chat WhatsApp?