Jenis lemak jahat yang perlu anda hindari adalah lemak trans. Saat mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sekaligus menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Oleh sebab itu untuk meminimalisir lemak jahat masuk ke dalam tubuh diperlukan diet yang sehat, dengan merubah pola makan yang sehat pula.

Lemak trans memiliki efek yang dapat merusak, karena lemak ini diproses dengan cara menambahkan hidrogen. Mengonsumsi lemak trans yang berlebihan juga dapat mengakibatkan meningkatnya risiko penyakit jantung, stroke, serta diabetes tipe 2. Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi lemak trans tidak boleh melebihi 5 sampai 6 persen total asupan kalori seseorang.

Salah satu ciri bahwa tubuh anda memiliki lemak trans di atas normal adalah memiliki kelebihan berat badan. Sebagian orang mengatakan bahwa tidak masalah memiliki berat badan berlebih asalkan sehat. Namun anggapan ini salah, justru berat badan berlebih dapat memicu datangnya berbagai penyakit karena kandungan lemak jahat dalam tubuh berlebihan.

Sebelum penyakit kronis yang telah disebutkan tadi menyerang anda, lebih baik mulai dari sekarang anda merubah pola makan anda. Diet yang sehat dapat membantu meminimalisir lemak jahat masuk ke dalam tubuh. Imbangi dengan mengonsumsi suplemen alami yang bisa anda beli di toko herbal online. Tujuannya untuk menjaga daya tahan tubuh anda agar tetap bugar.

Ilustrasi pengecekan lemak jahat, Sumber : klikdokter.com
Ilustrasi pengecekan lemak jahat, Sumber : klikdokter.com

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Diet

Ada beberapa hal di bawah ini yang perlu anda lakukan untuk melakukan diet yang sehat. Tujuan diet ini adalah untuk meminimalisir masuknya lemak jahat yang berlebihan ke dalam tubuh. Selain itu juga dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan menjadi ideal, sekaligus memiliki tubuh yang lebih sehat.

1. Rutin Olahraga

Hal pertama yang perlu anda lakukan saat melakukan diet sehat adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga penting dilakukan untuk segala umur mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia. Anda boleh berolahraga dengan berbagai cara, bisa berlari, jalan-jalan, senam, dan yang lainnya. Untuk tempat anda bisa memilih di pusat olahraga atau jalanan sekitar rumah, maupun lapangan.

Sesuaikan saja tipe olahraga yang cocok untuk anda. Pastikan anda melakukan olahraga secara rutin setiap hari, minimal lakukan 30 hingga 60 menit sehari. Selain membuat badan lebih sehat, olahraga juga dapat membantu anda menurunkan berat badan yang diakibatkan oleh lemak jahat yang mengendap dalam tubuh.

Rutin olahraga, Sumber : bugaraga.com
Rutin olahraga, Sumber : bugaraga.com

2. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu keberhasilan diet sehat anda. Saat cairan dalam tubuh tercukupi, maka anda akan terhindar dari yang namanya dehidrasi. Dehidrasi yang dibiarkan dapat membahayakan tubuh anda, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Selain itu menyukupi kebutuhan mengomsumsi air putih juga dapat mengontrol makan anda. Di saat anda mengonsumsi air putih dapat mengontrol rasa lapar yang berlebihan, usahakan minum air putih sebelum makan. Tujuannya agar anda tidak makan berlebihan dan selalu merasa kenyang.

Cukupi kebutuhan air putih, Sumber : says.com
Cukupi kebutuhan air putih, Sumber : says.com

3. Menghindari Makanan Cepat Saji

Kandungan lemak jahat terbesar ada pada makanan cepat saji. Contohnya seperti burger, mie instan, kentang goreng, dan masih banyak lagi jenis junkfood lainnya. Hindarilah mengonsumsi makanan tersebut dan mulailah beralih mengonsumsi makanan yang sehat.

Perbanyaklah makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta makanan sehat lainnya. Untuk minyak goreng juga mulailah beralih ke minyak yang lebih baik seperti minyak zaitun atau minyak kanola. Jangan lupa pilih makanan sehat yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, serta tinggi serat.

Pastikan anda mengatur jam makan dengan disiplin setiap harinya, tentukan waktu makan anda dari sarapan, makan siang, hingga makan malam. Hindari melewatkan sarapan, karena sarapan merupakan hal penting yang berguna memberikan energi yang diperlukan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Ilustrasi makanan yang mengandung lemak jahat, Sumber : sehatq.com
Ilustrasi makanan yang mengandung lemak jahat, Sumber : sehatq.com

4. Hindari Stres

Menghindari stres juga dapat membuat program diet anda berhasil. Sebagian besar orang jika mengalami stres akan membuat nafsu makan jadi tidak terkontrol. Ketika nafsu makan tidak terkontrol apa saja jenis makananpun tidak dipedulikan. Maka dari itu penting untuk menghindari stres pada saat anda menjalani program diet sehat ini.

Alihkan perhatian anda untuk melakukan kegiatan ataupun aktivitas yang positif agar tidak stres. Anda bisa melakukan hobi, seperti melukis, membaca, dan hobi lain yang bisa anda lakukan. Selain itu anda bisa pergi jalan-jalan di akhir pekan untuk melepas penat setelah seminggu melakukan kegiatan yang melelahkan. Hal-hal tersebut dapat membantu anda agar tidak mudah stres.

Ilustrasi stres, Sumber : sehatq.com
Ilustrasi stres, Sumber : sehatq.com

5. Tidur Yang Cukup

Perlu anda ketahui bahwa tidur yang cukup juga dapat membantu program diet anda berjalan lancar. Ketika anda melakukan tidur yang cukup badan anda akan terasa lebih bugar dan menjadi lebih sehat. Selain itu tidur yang cukup juga dapat membuat suasana hati anda membaik.

Saat suasana hati membaik anda juga dapat terhindar dari stres seperti yang telah dibahas sebelumnya. Tidur yang cukup juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda menjadi lebih baik. Ketika anda kurang tidur, anda akan mudah lapar dan akan sulit untuk mengontrolnya.

Agar kualitas tidur anda baik salah satu hal yang perlu anda lakukan ialah membatasi tidur siang. Jika anda tidur siang terlalu lama, otomatis malamnya anda menjadi susah tidur dan berakhir dengan begadang. Maka dari itu aturlah pola tidur anda seefisien mungkin sehingga anda memiliki kualitas tidur yang baik.

Ilustrasi tidur yang cukup, Sumber : voi.id
Ilustrasi tidur yang cukup, Sumber : voi.id

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara meminimalisir lemak jahat pada tubuh dengan diet yang sehat. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Anda juga bisa mendapatkan infomasi menarik seputar cara mencegah penyakit TBC atau informasi penting lainnya, yang dapat anda akses pada laman website kami.

× Chat WhatsApp?