Kunir sirih kini tersedia dalam bentuk kemasan yang praktis untuk dikonsumsi. Toko herbal online Herba Nabawi serta banyak produsen herbal lainnya sudah mengeluarkan produk kunir sirih ini. Namun apa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi produk herbal alami yang satu ini?

Sebagaimana yang diketahui secara luar, kunir sirih atau kunyit dan sirih merupakan tanaman herbal yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk dijadikan bahan yang bermanfaat lainnya. Nah, mari kita mengenal keduanya sekaligus dalam artikel seputar kunir sirih edisi kali ini.

Seputar Tanaman Kunyit dan Sirih

Meskipun tidak dalam bentuk perpaduan kunir sirih, kunyit sendiri atau sirih sendiri memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Wajar saja jika kunyit sendiri atau sirih sendiri dikenal oleh para orang tua di masa dulu memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Lantas, bagaimana jika kunir sirih menjadi satu?

Produk Kunir Sirih, sumber Nabawi Herba
Produk Kunir Sirih, sumber Nabawi Herba

Untuk tanaman kunyit, dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), kony√®’ (Madura), Kunyir (Komering). Kunyit termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara.

Kunyit indonesia mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%. Terdapat pula zat-zat bermanfaat seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil. Kandungan nutrisi pada kunyit yaitu Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Sedangkan Sirih, merupakan tanaman yang tumbuh merambat di berbagai tempat dan ternyata merupakan salah satu tanaman asli Indonesia. Diantara bagian tanamannya, yang paling dikenal untuk dimanfaatkan atau dikonsumsi adalah daunnya. Sedangkan batang, buah dan akarnya jarang dikenali.

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.

Selain itu, kandungan daun sirih lainnya adalah Protein, Iodin, Sodium, Vitamin A; B1: B2 serta Asam Nikotinat. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol. Semua nutrisi ini jika dikonsumsi atau dipakai melalui daun sirih dapat memberikan sejumlah manfaat.

Kunyit, sumber Akurat
Kunyit, sumber Akurat

Kunir Sirih

Jika kunyit dan sirih saja tanaman yang memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan, lantas bagaimana dengan kolaborasi kunir sirih? Inilah yang perlu diketahui informasinya. Berikut beberapa khasiat kunir sirih yang berhasil dirangkum dari situs liputan6.com.

1. Detoksifikasi tubuh

Manfaat jamu kunyit asam sirih yang pertama adalah sebagai detoksifikasi tubuh. Kunyit, asam, dan sirih memiliki sifat detoksifikasi yang mampu mengeluarkan racun penyebab berbagai macam penyakit. Kunyit dan asam juga mampu mendukung fungsi hati agar terhindari dari keruksakan racun.

2. Sehatkan pencernaan

Kunyit, asam, dan sirih dapat menyehatkan pencernaan. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi dalam kunyit mampu menjaga fungsi pencernaan. Selain itu, asam jawa telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi sembelit. Daun sirih diketahui dapat meningkatkan produksi lendir yang melindungi saluran pencernaan dari berbagai penyakit.

3. Cegah peradangan

Manfaat jamu kunyit asam sirih selanjutnya adalah mencegah peradangan. Pedangan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja seperti pencernaan, pernapasan, atau organ penting lainnya. Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki peran anti peradangan yang hebat. Curcumin adalah zat bioaktif yang melawan peradangan pada tingkat molekuler.

Ilustrasi Masalah Pencernaan, sumber Health Kompas
Ilustrasi Masalah Pencernaan, sumber Health Kompas

4. Sehatkan jantung

kunyit, asam, dan sirih kaya akan antioksidan. Antioksidan mampu menjaga kesehatan jantung dari efek radikal bebas. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah. Asam jawa dapat membantu menurunkan risiko aterosklerosis dan mengurangi tekanan darah. Sementara kurkumin dalam kunyit mengurangi peradangan dan oksidasi yang menyebabkan penyakit jantung.

5. Kontrol diabetes

Antioksidan dalam kunyit asam, dan sirih juga mampu mengontrol gula darah. Sifat anti pada ketiga bahan ini mampu mencegah peradangan yang menyebabkan kenaikan gula darah. Kurkumin dalam kunyit juga mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah, serta komplikasi terkait diabetes lainnya.

6. Cegah penuaan

Jamu kunyit asam sirih juga bermanfaat untuk kecantikan. Antioksidan yang tinggi dalam kunyit, asam, dan sirih membantu memperlambat proses penuaan dini. Daun sirih juga mampu mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV, pemakaian kosmetik dan jerawat.

7. Anti-jamur, anti-virus dan anti-bakteri

kunyit, asam, dan sirih juga mengandung senyawa enti jamur, anti virus dan anti bakteri. Ini bermanfaat untuk mecegah infeksi yang disebabkan jamur, virus, atau bakteri. Asam jawa mengandung senyawa lupeol yang dikaitkan dengan efek anti-bakteri. Daun sirih juga memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol, terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Sementara kunyit juga membantu mengatasi infeksi jamur dan bakeri.

Kunir Sirih, sumber Travel Kompas
Kunir Sirih, sumber Travel Kompas

8. Atasi stres

Kurkumin dalam kunyit dapat mengatasi stres dan depresi. Ada juga beberapa bukti bahwa curcumin dapat meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamin yang dapat meningkatkan mood. Rasa segar jamu ini dapat menenangkan tubuh dan menghilangkan stres yang menganggu.

9. Tingkatkan energi

Manfaat jamu kunyit asam sirih selanjutnya adalah untuk menambah stamina dan energi. Minum jamu kunyit asam sirih juga mampu meningkatkan energi pada tubuh. Rasa segar pada jamu ini dapat membuat tubuh lebih fokus dan bertenaga. Jamu ini mampu mengatasi lemas dan lelah setelah seharian beraktivitas.

10. Atasi nyeri haid

Manfaat jamu kunyit asam sirih biasa dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri haid. Kunyit berguna sebagai pereda nyeri, terutama saat haid. Kunyit dapat mempermudah untuk peluruhan dinding rahim sehingga kamu tidak akan merasakan nyeri yang berlebih. Kandungan kurkumin berfungsi sebagai inflamasi yang mampu mengurangi kontraksi.

11. Kontrol berat badan

Minum jamu kunyit asam sirih mampu melancarkan metabolisme tubuh. metabolisme yang lancar membantu mendukung kontrol berat badan yang sehat. Asam jawa mampu mencegah obesitas sementara kunyit mampu mengontrol nafsu makan yang teratur, mencegah makan berlebihan.

12. Atasi bau badan

Sifat anti-bakteri yang dimiliki jamu ini juga membantu mengatasi bau badan. Bau badan disebabkan oleh bakteri yang memecah keringat dan sebagian besar terkait dengan kelenjar apokrin. Zat klavikula dan estradiol dalam jamu ini akan membuat bau badan berkurang serta mengontrol hormon dan kelenjar keringat.

Itu dia berbagai manfaat dan informasi seputar kunir sirih untuk kesehatan. Simak juga ulasan lainnya seputar obat herbal kunir putih di situs toko obat herbal. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

× Chat WhatsApp?