Manfaat air zam zam untuk kesehatan sudah diketahui bahkan ada penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat tersebut. Bagi umat muslim bahkan sebelum terdapat berbagai penelitian, air zam zam sudah menjadi salah satu yang paling dicari terutama dari sisi berkahnya. Nah, bagaimana manfaat air zam zam untuk kesehatan?

Memang air zam zam hanya mungkin untuk didapatkan apabila berangkat ke Makkah. Karena air zam zam memang berasal dari sana. Namun saat ini, distributor berbagai obat herbal juga menyediakan stok air zam zam untuk dibeli langsung dari Indonesia. Nah, untuk Anda yang ingin lebih mengetahui berbagai manfaat air zam zam untuk kesehatan, simak informasi berikut ini.

Sejarah Air Zam zam

Air zam zam biasanya dikenal sebagai oleh-oleh dari tanah suci Makkah. Sehingga, siapa saja yang ingin mengkonsumsinya dan merasakan manfaatnya, cukup sulit untuk mendapatkannya dalam jumlah yang banyak. Nah, bagaimana sejarah keberadaan air yang diberkahi ini?

Sumur Zam Zam, sumber Umroh
Sumur Zam Zam, sumber Umroh

Keberadaan air zam zam tidak bisa dilepaskan pada peristiwa gigihnya seorang ibu untuk mencari penghidupan bagi anaknya. Kisah ini antara Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim AS dan anaknya yang masih bayi yaitu Ismail AS. Keduanya harus di tinggal di sebuah lembah yang hampir tidak ada hasil alam yang dapat dikonsumsi bahkan air.

Saat tangisan Ismail AS semakin besar, semakin menandakan kebutuhannya akan makanan dan air, Siti Hajar harus terus mencari. Pada waktu itu, Siti Hajar bolak balik antara bukit yang dikenal saat ini sebagai bukit safa dan marwa. Akhirnya, Siti Hajar dan Bayinya Ismail AS ditolong oleh Allah SWT.

Saat bolak balik melihat dan mencari apapun yang dapat dimakan dan diminum, Ismail harus diletakkan di suatu tempat di lembah tersebut. Tanpa disangka, setelah bolak balik beberapa kali, Bayi Ismail yang menangis menghentakkan kakinya di tanah yang tandus dan di tempat dihentakkannya kaki inilah muncul mata air.

Mata air ini memancar begitu derasnya dan menjadi hulu serta menyebarkan air ke mana-mana hingga kini. Sebagaimana namanya zam zam, air ini terus memancar melimpah ruah. Bahkan meskipun saat ini terus diambil oleh jutaan manusia khususnya umat muslim, mata air ini terus memancar. Sedangkan apa yang dilakukan Siti Hajar yaitu berbolak balik antara safa dan marwa diabadikan menjadi sa’i pada rukun haji.

Zamzam merupakan sumur mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Kabah, berkedalaman 42 meter. Banyak peziarah yang melakukan ibadah Haji dan Umrah yang berkunjung ke sumur Zamzam, dan sebagian membawa pulang air Zamzam sebagai oleh-oleh.

Menurut ulama, tidak masalah membawa air Zamzam ke kampung halamannya. Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah berkata, “Barangsiapa yang membawa sesuatu dari air Zamzam, sungguh ulama-ulama salaf (zaman dahulu) telah melakukannya (dan itu tidak masalah).”

Sumur Zam Zam, sumber Galamedia
Sumur Zam Zam, sumber Galamedia

Namun saat ini, dengan berbagai kemajuan zaman, air zam zam telah didistribusikan. Anda dapat memesan atau membelinya di toko obat herbal Nabawi Herba. Nah, apa khasiat untuk tubuh jika mengkonsumsi air zam zam secara rutin?

Khasiat Air Zam Zam

Dengan peristiwa bersejarah serta banyak kabar dari Rasulullah SAW dan para ulama terkait keutamaan air zam-zam ini, lantas apakah manfaat air zam zam untuk kesehatan sudah terbukti? Berikut berbagai informasinya yang dilansir dari situs Merdeka.com.

1. Meningkatkan Energi

Manfaat air zam zam yang pertama adalah kandungannya yang dapat meningkatkan energi. Metabolisme tubuh berperan untuk mengubah lemak menjadi energi ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Metabolisme yang lancar mempercepat gerakan dan mencegah timbulnya timbunan lemak di bagian tubuh, terutama lengan, paha, dan perut. Akumulasi lemak di bagian itu bisa disebabkan oleh metabolisme tubuh yang lambat. Dengan mengonsumsi air zam zam, menjadi salah satu cara untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Ilmuwan sekaligus kepala pusat medis di Munich, Dr. Knut Pfeiffer, telah lama mempelajari efek dan manfaat air zam zam. Salah satu teorinya yang paling menarik adalah bahwa air zam zam dapat meningkatkan energi dan memperkuat sistem sel tubuh manusia, yang dibuktikannya melalui banyak penelitian dan percobaan.

2. Dikenal karena Kemurniannya

Dengan jumlah bikarbonat yang sempurna, air zam zam dikenal sebagai air paling murni di dunia. Bahkan kandungan bikarbonatnya disebut lebih tinggi dari pada kandungan yang ditemukan pada air yang bersumber dari Pegunungan Alpen Prancis.

3. Kaya Kalsium dan Magnesium

Manfaat air zam zam yang selanjutnya adalah kandungannya yang kaya akan kalsium dan magnesium. Air zam zam terbukti secara ilmiah mengandung kadar kalsium dan magnesium yang sangat tinggi. Ditambah dengan kadar fluoride yang tinggi, menjadikan air zam zam bermanfaat sebagai penyembuh.

Air Zam Zam Kemasan, sumber JPNN
Air Zam Zam Kemasan, sumber JPNN

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Karena kalsium yang terdapat pada air zam zam sangat berlimpah, air tersebut secara positif dapat mempengaruhi tubuh manusia, terutama tulang dan gigi. Tulang dan gigi adalah salah satu anggota tubuh yang membutuhkan kalsium untuk dapat mempertahankan daya tahan dan kesehatannya.

Air zam zam mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi untuk mencegah tulang prematur. Tulang dapat menyerap vitamin dan mengambil manfaatnya untuk pertumbuhan yang lebih baik.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat air zam – zam adalah membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi darah dapat terganggu karena adanya timbunan lemak pada pembuluh darah akibat dari kebiasaan yang tidak sehat. Salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Penyumbatan pembuluh darah bisa berakibat fatal bagi tubuh karena dapat menyebabkan kematian.

6. Menghidupkan Kembali Sel Kulit Mati

Pada bidang kecantikan, manfaat air zam zam dapat membantu melakukan regenerasi sel kulit mati dan kemudian diganti dengan sel kulit baru. Pergantian sel kulit mati bertujuan untuk mencerahkan kulit wajah.

Regenerasi dengan menggunakan air zam zam dapat dilakukan dengan cara membersihkan wajah dengan air zam zam. Jika memungkinkan anda bisa melakukan wudhu menggunakan air zam zam. Dengan berwudhu, semua lapisan sel kulit mati pada bagian tubuh yang terkena zam zam air dapat dihilangkan.

7. Memberi Nutrisi pada Janin

Janin dalam tubuh ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh. Janin membutuhkan asam folat, vitamin, protein dan karbohidrat yang berasal dari makanan yang dikonsumsi sang ibu. Itu sebabnya selama kehamilan setiap ibu harus makan banyak makanan bergizi. Air zam zam yang diminum saat hamil memiliki efek positif bagi janin. Ini karena air zam zam yang diminum mampu memberi nutrisi pada perut ibu sehingga asupan nutrisi janin terpenuhi dengan tambahan nutrisi dari air zam zam.

Bagaimana, apakah Anda sudah mengetahui manfaat air zam zam? Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda. Simak berbagai informasi seputar obat herbal lainnya di halaman herba nabawi.

× Chat WhatsApp?