Buah kurma adalah buah yang dikenal tumbuh di daerah berpasir  Timur Tengah. Namun beragam jenis madu sudah menyebar di seluruh dunia. Manfaat buah kurma untuk kesehatan memang tidak diragukan lagi. Karena itulah memang banyak orang menyukai kurma dan biasanya dengan dikonsumsi begitu saja atau dengan di olah menjadi bermacam produk makanan.

Rasanya yang khas manis sepertinya yang menjadikan disukai banyak orang. Dibalik rasanya yang manis, kurma dengan berbagai varian produknya memiliki khasiyat yang bagus untuk kesehatan. Meskipun hanya di konsumsi begitu saja namun kandungan zat yang bermanfaat di dalam buah kurma bisa anda dapatkan.

1. Meningkatkan Energi

Citarasa manis memang identik dengan penghasil energi seperti gula. Kurma kaya akan gula alami, jadi jika anda membutuhkan energi dengan cepat, pilihlah segenggam kurma manis untuk dikonsumsi.  Anda bisa mengkonsumsinya begitu saja atau dengan mencampurkannya dalam minuman lain seperti es buah atau susu.

Anda bisa mengolah kurma menjadi minuman berenergi dengan mudah tanpa menggunakan bahan lain. Anda bisa merendam beberapa biji kurma beberapa jm kemudian air rendaman kurma tersebut bisa anda minum. Minuman menyehatkan tersebut di kenal dengan infused water. Campuran lainnya adalah bisa menggunakan susu.

2. Meredakan Intoksikasi & Mabuk

Meskipun meinuman beraklkohol yang memabukkan adalah haram di dalam Islam, namun tidak jarang masih ada juga sebagian masyarakat yang mengkonsumsinya. Dampak dari alohol memang buruk, karena akan menghilangkan kesadaran. Bahkan dalam jangka agak lama setelah mengkonsumsinya, sisa-sisa efek dari alkohol kadang masih terasa.

Jika anda akan menawarkan orang yang mabuk minuman keras atau masih meninggakan sisa-sisa pengaruh akohol anda bisa menggunakan buah kurma. Konsentrasi fruktosa yang tinggi dalam kurma dianggap membantu mempercepat metabolisme alkohol dan dapat meredakan gejala mabuk berkepanjangan pada orang yang terlalu banyak mengkonsumsi minuman memabukkan.

Jika pada keesokan harinya masih terdapat efek atau gejala mabuk yang belum juga reda pada orang yang anda tangani, cobalah untuk disuruh memakan kurma sebagai camilan sebelum mengkonsumsi makanan lainnya.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Kurma adalah buah khas Arab. Sumber Unsplash

3. Memperkuat Tulang

Makanan yang tinggi kalsium dan sinar matahari yang dapat menghasilkan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Namun kombinasi mineral seperti magnesium dan tembaga yang bisa anda dapatkan dalam kurma menjadikan buah kurma sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang anda dari serangan kerapuhan atau biasa disebut osteoporosis.

Dengan mengkonsumsi kurma anda memiliki nutrisi yang bagus untuk melawan osteoporosis yang sudah ada. Jika anda belum terkena osteoporosis anda bisa melakukan  tindakan pencegahandengan mengkonsumsi kurma. Mengkonsumsi kurma saecara berkala baik kurma buah maupun suplemen olahan kurma bisa di lakukan sebagai bentuk pencegahan.

4. Meringankan Sembelit

Makan makanan yang kurang serat akan menyebabkan pencernaan anda menjadi bermasalah.  Salah satu masalah yang sering terjadi di banyak orang adalah masalah sembelit. Perlu diketahui bahwa buah kurma mengandung banyak serat yang sangat bermanfaat untuk kelancaran sistem pencernaan anda. Jika anda menderita sembelit, cobalah mengkonsumsi buah kurma secukupnya dan jangan lupa untuk minum lebih banyak air.

5. Untuk Kesehatan Jantung

Makanan yang kurang diperhatikan juga menjad penyebab penyakit seperti penyakit jantung. Rajin berolahraga adalah cara yang tepat untuk menjadikan jantung anda sehat. Namun menambahkan kurma pada malam juga akan menyehatkan jantung. Konsumsi kurma secara konsisten adalah salah satu cara untuk membantu jantung sehat, karena kurma mengandung kalium tinggi, yang penting untuk menjaga kesehatan jantung anda.

6. Mengurangi Peradangan

Magnesium adalah mineral yang dikenal dengan sifat anti-inflamasi, atau biasa juga disebut dengan anti peradangan. Sebuah studi dengan lebih dari 3.700 peserta menunjukkan bahwa diet dengan memperkaya magnesium menjadikan  wanita yang menopouse berpotensi rendah untuk terserang radang. Selain kurma kunyit juga dapat membantu mengurangi peradangan .

7. Untuk Anemia

Anemia biasa terjadi pada wanita yang berada di masa menstruasi karena sebagian darahnya harus keluar. Jika anda kekurangan zat besi, maka anda akan terkena anemia, namun kurma bagus untuk membantu anda untuk mendapatkan zat besi. Satu buah kurma mengandung sekitar 1 mg mineral yang diperlukan untuk produksi zat besi.

8. Mendorong Penambahan Berat Badan

Jika anda kesulitan menambah berat badan, kurma adalah salah satu buah yang sehat untuk menambah berat badan anda. Selain mengandung nutrisi, buah kurma juga kaya dengan kalori. Untuk mendapatkan kalori dengan cara yang menyenangkan bisa dengan mengkonsumsi kurma. Anda bisa mencobanya.

9. Pengganti Makanan Manis

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Temukan manfaat yang banyaj pada buah kurma. Sumber Unsplash

Karena berbagai hal, terkadang seseorang dilarang untuk mengkonsumsi gula berlebih. Bahkan dilarang memakan makanan manis seperti permen, sirup dan sebagainya. Jika anda menghindari gula, kurma adalah alternatif yang bagus untuk makanan manis. Siapkan kurma untuk membantu mengekang keinginan anda akan mengkonsumsi kue, permen, dan makanan manis lainnya.

10. Menurunkan Kolesterol

Salah satu metode yang tepat untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi kurma. Kurma adalah sumber serat larut yang baik, yang dapat membantu mengurangi kolesterol sebagai bagian dari diet sehat.

Itulah beberapa manfaat buah kurma untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi kurma, yang merupakan makanan kesukaan Nabi Salallahu ‘alaihi wasallam, maka anda sebenarnya mencegah kedatangan berbagai penyakit dan kelainan di dalam tubuh. Semoga artikel ini mmemberikan manfaat unutk anda dan jangan lupa membaca artikel lainnya tentang khasiat jahe merah. Terima kasih..

× Chat WhatsApp?