Madu sumac akhir-akhir ini mulai populer dikalangan masyarakat. Banyak yang mengatakan bahwa dengan mengonsumsi madu ini membantu memulihkan daya tahan tubuh akibat terpapar covid-19. Lalu sebenarnya apa itu sumac dan apa manfaatnya bagi tubuh?

Sumac merupakan salah satu rempah yang terkenal dan sering digunakan dalam berbagai masakan dari Timur Tengah dan Mediterania. Rempah ini didapatkan dari biji pada bunga yang berwarna merah, yang kemudian dibuat menjadi bubuk kasar dan dijual sebagai bumbu halus. Namun ada juga yang dijual dalam bentuk biji utuh.

Sejak ribuan tahun yang lalu, sumac terkenal akan khasiatnya yang dapat menyehatkan tubuh. Rempah ini digunakan sebagai diuretik dan anti-perut kembung, oleh dokter pada zaman Kaisar Romawi Nero. Rasa dan aroma yang dihasilkan sumac hampir mirip dengan lemon, namun dari rasa tidak terlalu asam.

Ilustrasi madu sumac, Sumber : idntimes.com
Ilustrasi madu sumac, Sumber : idntimes.com

Di daerah Amerika Utara, sumac banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Mulai dari batuk , sakit tenggorokan, bahkan hingga mengobati sakit perut dan luka. Namun pada umumnya sumac ini biasa digunakan sebagai campuran rempah-rempah za’atar yang sering digunakan pada masakan Timur Tengah.

Kemudian belum lama ini muncullah madu herbal sumac. Madu ini terbuat dari madu alam dan rempah-rempah pilihan, diantaranya adalah jahe dan sumac itu sendiri. Walaupun banyak yang menggunakannya pada saat terjangkit covid, tetapi madu ini belum dapat dikatakan sebagai obat ya.

Perlu dilakukan uji klinis untuk mengatakannya sebagai obat. Namun ketika anda terserang covid-19, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi madu sumac ini. Karena kandungan rempah-rempahnya dapat membantu untuk meningkatkan stamina dan mengembalikan daya tahan tubuh anda.

Bubuk sumac, Sumber : yukmakan.com
Bubuk sumac, Sumber : yukmakan.com

Manfaat Dari Sumac

Sumac memiliki warna merah burgundy tua yang digunakan sebagai rempah-rempah pada negara yang memiliki iklim subtropis. Namun selain sebagai penyedap rasa, ternyata sumac memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh loh. Manfaat sumac bagi tubuh yakni sebagai berikut.

1. Membantu Melawan Bakteri

Berbagai makanan maupun minuman yang telah diolah dan anda konsumsi, belum dapat sepenuhnya dikatakan bahwa itu telah bersih. Terkadang makanan yang diolah dengan cara yang tidak benar dan tidak higienis, dapat mengundan berbagai penyakit. Masalah yang paling sering ditemui adalah mual, muntah, bahkan diare.

Hal tersebut terjadi akibat makanan maupun minuman yang anda konsumsi terdapat bakteri yang dapat menyebabkan keracunan. Biasanya kejadian ini terjadi pada saat daya tahan tubuh anda sedang lemah. Oleh sebab itu, bakteri dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh anda dan menyebabkan keracunan makanan.

Untuk itu anda perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi sesuatu yang memiliki sifat antimikroba. Misalnya saja mengonsumsi madu herbal yang mengandung sumac ini. Menurut sebuah penelitian, menunjukkan bahwa sumac memiliki kandungan tanin yang terbukti dapat bekerja melawan patogen termasuk bakteri salmonella.

Ilustrasi bakteri, Sumber : halodoc.com
Ilustrasi bakteri, Sumber : halodoc.com

2. Membantu Menangani Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit ganas yang dapat merenggut nyawa manusia. Memiliki pola hidup yang sehat, mengontrol pikiran agar lebih positif, serta rutin berolahraga merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengurangi risiko terkenanya kanker yang berbahaya ini.

Selain mengatur pola hidup yang sehat, mengonsumsi makanan yang bergizi juga diperlukan untuk membantu mencegah terkenanya kanker. Biasanya makanan atau minuman yang mengandung sumac, sering dijadikan sebagai obat herbal untuk pasien penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

Ilustrasi sel kanker, Sumber : health.kompas.com
Ilustrasi sel kanker, Sumber : health.kompas.com

3. Membantu Menetralkan Radikal Bebas

Radikal bebas biasanya muncul akibat seseorang sering terkena paparan sinar ultraviolet matahari. Selain itu polusi udara yang terjadi disekitar juga meningkatkan seseorang lebih mudah terkena radikal bebas. Radikal bebas ini dapat memuci berbagai macam penyakit kronis.

Mengutip dari laman Dr.Axe, sumac dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan terkonsentrasi. Sehingga dapat membantu tubuh untuk menetralkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh serta menjaga tubuh agar tetap sehat. Memperbaiki pola makan yang sehat juga diperlukan untuk mengatasi radikal bebas ini.

Ilustrasi radikal bebas, Sumber : nutrition-susannah.co.uk
Ilustrasi radikal bebas, Sumber : nutrition-susannah.co.uk

4. Membantu Mengatasi Masalah Kewanitaan

Sumac mengandung berbagai kandungan baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya saja seperti protein, serat, tanin, minyak atsiri, nitrat dan lain sebagainya. Kandungan tersebut dapat berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah yang sering dihadapi wanita.

Masalah kewanitaan yang sering dialami sebagian besar wanita adalah keputihan ekstrem, gangguan menstruasi, kram pada perut, hingga produksi ASI yang keluar hanya sedikit. Anda dapat mengonsumsi madu sumac untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Ilustrasi gangguan menstruasi, Sumber : ygi.or.id
Ilustrasi gangguan menstruasi, Sumber : ygi.or.id

5. Membantu Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Penyakit infeksi saluran kencing sering kali menyerang wanita, alasannya karena letak pembuangan urin dan anus yang berdekatan. Sehingga dapat meningkatkan risiko terinfeksi bakteri lebih besar ketimbang pria. Untuk meminimalisir hal ini, anda dapat menjaga kebersihan pada area tersebut.

Selain itu mengonsumsi sumac juga diperlukan, karena sumac berasal dari tanaman diuretik yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urin. Anda dapat mengonsumsi sumac yang ada ada dalam madu sumac untuk membantu mengatasi penyakit ini.

Ilustrasi infeksi saluran kencing, Sumber : cantik.tempo.co
Ilustrasi infeksi saluran kencing, Sumber : cantik.tempo.co

Untuk anda yang membutuhkan berbagai macam herbal seperti madu dengan banyak varian, qusthul hindi, saffron, dan berbagai jenis herbal lainnya bisa membelinya di toko herbal online. Anda tidak perlu keluar rumah untuk membelinya, cukup memesannya secara online dan pesanan anda dapat dikirimkan sesuai dengan alamat tujuan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat sumac yang terdapat dalam madu sumac. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan anda. Untuk mengetahui bagaimana cara pembelian berbagai produk kami, anda dapat melihatnya di laman website kami.

× Chat WhatsApp?