Menjaga imun tubuh saat puasa merupakan salah satu hal yang paling penting. Apalagi seringkali saat puasa anda merasakan tubuh anda lemas. Belum lagi puasa tahun ini anda harus beradaptasi dengan pandemi Covid-19. Tubuh anda diwajibkan untuk memiliki imun tubuh yang baik agar tidak mudah terserang berbagai penyakit, khususnya virus Covid-19.

Puasa Ramadhan merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalankan oleh kaum muslim di dunia. Oleh sebab itu, walaupun sedang berpuasa anda harus mengerti bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar saat menjalankan ibadah puasa.

Agar puasa dapat berjalan dengan lancar, anda dapat menjaga daya tahan tubuh anda agar tetap bugar. Mengingat saat berpuasa anda tidak boleh makan dan minum dari subuh hingga maghrib, maka kebutuhan tubuh akan zat tertentu harus terpenuhi dengan maksimal.

Ilustrasi menjaga imun tubuh saat puasa, sumber : indozone.id
Ilustrasi menjaga imun tubuh saat puasa, sumber : indozone.id

Cara Menjaga Imun Tubuh Disaat Puasa

Di bawah ini telah kami rangkumkan tips menjaga imun tubuh saat puasa untuk anda, agar puasa anda tetap lancar dengan badan yang bugar.

1. Mengonsumsi Makanan Yang Bergizi

Salah satu bagian penting dari menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang bergizi. Cukupi keseimbangan gizi makanan anda ketika sahur dan berbuka. Sebagian orang masih beranggapan bahwa tidak sahur merupakan hal yang tidak menjadi masalah. Namun anggapan ini keliru, sahur penting untuk anda lakukan ketika berpuasa.

Ketika anda sahur, maka tubuh anda terhindar dari lemas saat melakukan puasa seharian penuh. Badan anda terasa bugar dan semangat untuk melakukan segala aktivitas di hari itu. Disarankan saat sahur anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein dan tinggi serat untuk mendapatkan energi.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dalam tubuh, sehingga tidak hanya memberikan energi, tetapi juga dapat membuat anda merasa kenyang dan tidak mudah lapar. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah roti gandum, oatmeal, dan nasi merah.

Makanan bergizi, Sumber : kompas.com
Makanan bergizi, Sumber : kompas.com

2. Mengonsumsi Suplemen

Untuk menjaga daya tahan tubuh selama puasa, anda juga disarankan mengonsumsi suplemen yang mengandung mineral dan vitamin. Kandungan mineral dan multivitamin dalam suplemen yang anda konsumsi, dapat berguna untuk membantu memaksimalkan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Mengonsumsi suplemen saat puasa dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah terserang berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Anda dapat mengonsumsi suplemen multivitamin seperti vitamin C, zat besi, kalsium, vitamin E, serta vitamin B kompleks.

Untuk mendapatkan suplemen multivitamin tersebut anda dapat membelinya di toko herbal online. Jadi anda tidak perlu datang langsung ke toko, cukup membelinya melalui online saja. Apalagi saat ini sedang ada pandemi Covid-19, meminimalisir kegiatan di luar rumah dapat membantu mengurangi risiko terpaparnya virus tersebut.

Suplemen vitamin dan mineral, Sumber : health.kompas.com
Suplemen vitamin dan mineral, Sumber : health.kompas.com

3. Menyukupi Kebutuhan Air

Hal yang penting anda lakukan ketika menjalani ibadah puasa adalah mencukupi kebutuhan air, agar anda terhindar dari dehidrasi. Dehindrasi dapat dengan mudah menyerang anda yang sedang berpuasa, ketika kandungan air di dalam tubuh anda tidak tercukupi secara maksimal.

Anda dapat memenuhi kebutuhan air saat berpuasa dengan mengonsumsi 8 gelas sehari, agar tubuh anda tetap bugar dan terhindar dari dehidrasi. Pola minum air putih yang baik bisa anda lakukan ketika sahur, berbuka, dan menjelang tidur. Agar anda tidak kekurangan cairan ketika berpuasa.

Minum air putih yang cukup, Sumber : kompas.com
Minum air putih yang cukup, Sumber : kompas.com

4. Rutin Berolahraga

Walaupun sedang berpuasa, bukan berarti anda tidak melakukan olahraga. Anda harus tetap rutin melakukan olahraga pada saat puasa. Olahraga disarankan untuk anda lakukan agar menjaga metabolisme dalam tubuh. Tidak perlu olahraga yang berat dan menyita energi anda, hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit sudah cukup.

Saat menjalankan ibadah puasa, tidak dipungkiri membuat malas melakukan apapun. Badan hanya ingin bermalas-malasan saja, namun hal ini salah. Jika anda hanya bermalas-malasan tanpa melakukan kegiatan apapun, hal tersebut akan semakin membuat badan anda lemas. Lakukanlah kegiatan positif ketika puasa agar badan anda tetap bugar dan mendapatkan pahala saat berpuasa.

Rutin berolahraga, Sumber : tiktak.id
Rutin berolahraga, Sumber : tiktak.id

5. Pola Tidur Yang Cukup

Durasi tidur yang baik disarankan berkisar 7 hingga 9 jam tiap malamnya, hal tersebut dilakukan agar menjaga kesehatan tubuh. Sebagian besar masyarakat di Indonesia masih suka begadang pada saat bulan puasa, apakah anda termasuk? Kurang tidur dapat mengakibatkan daya tahan tubuh anda menurun, karena terlalu kelelahan.

Saat anda kelelahan karena kurang tidur, dapat meningkatkan risiko anda terserang berbagai penyakit. Saat daya tahan tubuh anda menurun, anda dapat dengan mudah terserang virus atau penyakit lainnya. Dengan menjaga kualitas tidur, maka imun di dalam tubuh anda terbentuk dengan baik.

Tidur yang cukup, Sumber : lifestyle.kompas.com
Tidur yang cukup, Sumber : lifestyle.kompas.com

6. Menghindari Jajan Sembarangan

Kegiatan yang umum dilakukan ketika bulan puasa adalah membeli takjil untuk berbuka puasa. Namun anda perlu berhati-hati jika membeli cemilan berbuka puasa di luar. Pastikan makanan tersebut diolah dengan benar, dan mementingkan kebersihan. Makanan yang pengolahannya tidak baik dapat menjadi sumber penyakit dan mempengaruhi kesehatan anda. 

Alangkah lebih baiknya anda membuat sendiri takjil untuk dinikmati bersama keluarga. Supaya terjaga kualitas dari makanan yang anda konsumsi, anda tidak perlu khawatir jika makanan tersebut buatan anda sendiri. Memang terlihat repot, namun bermanfaat bagi kesehatan anda.

Ilustrasi takjil, Sumber : brilicious.brilio.net
Ilustrasi takjil, Sumber : brilicious.brilio.net

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips menjaga imun tubuh saat puasa. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Anda juga bisa mendapatkan infomasi menarik lainnya seputar manfaat daun pegagan atau informasi lainnya yang ada pada laman website kami.

× Chat WhatsApp?