Belakang ini, banyak sekali produk minyak yang ditawarkan dipasaran, misalnya minyak zaitun, minyak argan, kelapa, sawit dan minyak lainnya dengan manfaat dan khasiat tersendiri. Salah satu dari minyak yang bermanfaat tersebut, sebut saja minyak rosehip.

Minyak rosehip adalah minyak yang berasal dari biji tanaman rosa moschata herm atau yang akrab dikenal dengan sebutan rosehip. Tumbuhan ini tergolong ke dalam tumbuhan liar dengan tinggi kurang lebih 2 meter dan memiliki bunga berwarna merah muda.

Minyak rosehip ini sering digunakan dalam dunia kesehatan atau medis untuk perawatan luka. Asam lemak yang terkandung di dalamnya, baik untuk mengembalikan kemampuan sel agar bisa melewati partikel dalam proses pengobatan, khususnya luka.

Manfaat Lain Minyak Rosehip

Selain sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka, minyak yang satu ini juga masih memiliki beberapa manfaat lain yang bisa Anda rasakan. Berikut ini kami berikan beberapa manfaat lain dari minyak ini. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Melembapkan Kulit

Manfaat pertama rosehip bagi kesehatan adalah bisa menjaga kelembapan kulit, terkhusus bagi para pemilik kulit kering dan mereka yang bekerja di dalam ruangan berpendingin. Kondisi kulit yang kering pada akhirnya akan memicu munculnya rasa gatal yang mendorong Anda untuk menggaruknya.

Pada kondisi tersebut, selain menggunakan losion, yang juga bisa Anda lakukan adalah menggunakan minyak rosehip sebagai penggantinya. Dengan kandungan asam lemak, minyak ini bisa menahan dinding sel kulit agar kelembapan kulit senantiasa terjaga.

Manfaat pertama rosehip bagi kesehatan adalah bisa menjaga kelembapan kulit, terkhusus bagi para pemilik kulit kering dan mereka yang bekerja di dalam ruangan berpendingin. Kondisi kulit yang kering pada akhirnya akan memicu munculnya rasa gatal yang mendorong Anda untuk menggaruknya.
Ilustrasi kulit sehat dan lembap, sumber: google.com

Jika Anda bandingkan minyak ini dengan losion yang beredar dipasaran, minyak ini tidak memiliki bau yang menyengat dan mudah menyerap. Keuntungannya lagi, minyak ini mengandung anti oksidan yang bisa masuk pada lapisan kulit bagian dalam.

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat selanjutnya dari minyak rosehip oil adalah ampuh untuk mengatasi jerawat. Rosehip ini mengandung zat retinoid, yaitu senyawa turunan dari vitamin A yang sangat baik untuk membantu mengurangi efek jerawat.

Pada sebuah studi yang dilakukan dengan melibatkan enam puluh perserta untuk melihat potensi anti jerawat dari krim herbal yang mengandung minyak rosehip bahwa ditemukan bahwa penggunaan krim herbal mampu mengurangi efek jerawat pada para peserta dengan signifikan.

3. Mengurangi Peradangan

Dengan kandungan anti oksidan yang ada di dalamnya, seperti vitamin E dan polifenol yang merupakan anti peradangan, menjadi minyak yang satu ini juga mempunyai khasiat dalam proses mengurangi peradangan.

Penelitian terkait hal tersebut pernah dilakukan oleh crtistensen pada tahun 2008 dengan sampel kapsul bubuk rosehip didapatkan bahwa kapsul tersebut dapat mengurangi keluhan nyeri akibat osteoarthritis pada 145 peserta yang berpartisipasi.

Efek tersebut juga didapatkan dalam jangka waktu yang tidak begitu lama, yakni 3-4 bulan. Namun demikian, penelitian lanjutan dalam skala yang lebih besar masih dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang pasti akan efektifitas dan efek jangka panjang penggunaannya.

4. Mencegah Selulit

Pada sebuah studi yang dilakukan, yang kemudian dipublikasikan dalam international journal of cosmetics science mendapatkan bukti bahwa manfaat lain dari tanaman rosehip ini mampu mencegah stretch mark pada ibu hamil.

Pada sebuah studi yang dilakukan, yang kemudian dipublikasikan dalam international journal of cosmetics science mendapatkan bukti bahwa manfaat lain dari tanaman rosehip ini mampu mencegah stretch mark pada ibu hamil.
Tampilan selulit, sumber: google.com

Seorang ibu hamil yang mengoleskan krim atau produk lainnya yang memiliki kandungan minyak rosehip di dalamnya diyakini dapat membantu mengurangi penampilan stretch mark. Namun, ibu hamil tetap perlu untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu guna mengetahui keamanan mengoleskan minyak ini.

5. Menyamarkan Bekas Luka

Sebagaimana yang dibahas di awal tulisan, manfaat minyak ini adalah untuk penyembuhan luka. hal tersebut diperkuat oleh sebuah studi yang dilakukan oleh pedro valeran di Spanyol enam tahun yang lalu, yakni tahun 2015.

Hasilnya, penggunaan rosehip oil murni pada pasien setelah proses pembedahan wajah menghasilkan penyembuhan luka yang lebih baik dibandingkan dengan pasien yang tidak menggunakannya. Sehingga, bekas luka bisa tersamarkan dan warna kulit akan lebih merata hanya dengan menggunakan minyak ini secara teratur. Yakni dalam kurun waktu sampai 12 minggu.

6. Mengurangi Stres

Meskipun difungsikan untuk pengobatan tropical, minyak ini juga bisa Anda gunakan sebagai campuran pada obat yang diperuntukan untuk pengobatan aroma terapi. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa penggunaan aroma terapi dalam bentuk minyak bisa sangat membantu Anda dalam mengurangi stres serta kelelahan, minyak rosehip adalah satu diantaranya.

7. Perlindungan dari Matahari

Paparan sinar matahari merupakan salah satu dari penyebab terjadinya penuaan dini. Selain mendorong terjadinya penuaan dini, sinar uv pada matahari juga bisa mengganggu tubuh Anda dalam memproses kolagen.

Rosehip oil memiliki banyak kandungan anti oksidan, seperti vitamin A, vitamin C dan tentu saja vitamin E. vitamin-vitamin tersebut telah terbukti dapat membantu dalam mengurangi efek negatif dari paparan sinar matahari.

8. Mengobati Eksim

Khasiat berikutnya dari rosehip oil adalah bisa mengobati eksim. Eksim merupakan kondisi peradangan kulit yang menyebabkan kulit kering, bintik merah, gatal bahkan bisa menyebabkan kulit terkena iritasi.

Khasiat berikutnya dari rosehip oil adalah bisa mengobati eksim. Eksim merupakan kondisi peradangan kulit yang menyebabkan kulit kering, bintik merah, gatal bahkan bisa menyebabkan kulit terkena iritasi.
Tampilan eksim pada lengan, sumber: google.com

Untuk Anda yang terkena eksim, mungkin pada level yang terparah seperti iritasi, tenang saja, sebab kandungan anti oksidan yang tinggi pada rosehip oil bisa membantu Anda dalam melawan peradangan sehingga bisa menyembuhkan atau mengurangi keparahan eksim.

9. Membersihkan Riasan Wajah

Manfaat ini, terkhusus untuk kaum wanita yang kehidupannya tidak bisa lepas dari yang namanya riasan pada wajah. Namun perlu Anda pahami bahwa kebanyakan produk pembersih wajah yang ada mengandung bahan kimia yang bisa membuat kulit Anda menjadi kering dan sensitif. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan minyak ini untuk membersihkan dan perawatan kelembapan kulit.

10. Meningkatan Imun Tubuh

Rosehip oil kaya akan kandungan anti oksidan serta asam lemak tak jenuh, seperti asam linoleat. Asam linoleat ini sangat penting untuk mencegah rusaknya membran sel kulit. Kaitanya dengan imun adalah, jika lapisan sel kulit sehat, maka bakteri bisa lebih susah untuk menyerang tubuh Anda.

Pada sebuah penelitian dengan sampel hewan dan manusia, rosehip dalam bentuk bubuk telah terbukti dapat meningkatkan keuatan dan umul sel pada tubuh. Jadi, apabila Anda konsumsi obat herbal ini dengan teratur, maka akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

Demikianlah ulasan singkat untuk mengenal manfaat dari minyak rosehip bagi tubuh dan kesehatan. Meskipun memiliki banyak manfaat, tetap ada risiko alergi pada beberapa orang, khususnya yang memiliki kulit yang sensitif. Untuk itulah kami menyarankan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakannya pada kulit.

× Chat WhatsApp?