Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh manusia. Namun bila kadar di dalam tubuh terlalu tinggi, maka kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan dapat mengganggu aliran darah. Jika anda merupakan salah satu orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, segeralah melakukan pengobatan agar tidak semakin parah. Ada beberapa rekomendasi obat herbal kolesterol yang dapat anda coba untuk menormalkan kadar kolesterol dalam darah.

Salah satu pemicu yang memiliki risiko tinggi untuk seseorang mengalami kolesterol tinggi adalah gaya hidup yang tidak sehat. Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kolesterol ini. Ada 2 jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik.

Kolesterol baik memiliki peran yang baik bagi tubuh, semakin tinggi kadar kolesterol baik dalam tubuh maka akan semakin baik. Sedangkan kolesterol jahat merupakan jenis kolesterol yang harus diwaspadai, karena kolesterol ini menumpuk di pembuluh darah dan dapat menyebabkan penyempitan jika kadar dalam tubuh terlalu tinggi. Kolesterol jahat juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung.

Untuk mendapatkan suplemen multivitamin atau berbagai obat herbal anda dapat menghubungi Nabawi Herba. Nabawi Herba merupakan distributor herbal online, yang menjual berbagai jenis, merk, dan ukuran dari segala jenis obat herbal. Tidak hanya obat kolesterol saja, namun ada berbagai macam obat untuk mengatasi masalah kesehatan anda lainnya.

Mengobati kolesterol, Sumber : kompas.com
Mengobati kolesterol, Sumber : kompas.com

Mengobati Kolesterol Dengan Herbal

Ada berbagai rekomendasi obat herbal kolesterol yang dapat anda jadikan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda. Dengan mengonsumsi obat herbal ini secara teratur, maka dapat membantu memulihkan kadar kolesterol anda menjadi normal.

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan bahan makanan yang berasal dari oat, yang masih satu keluarga dengan gandum. Mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh supaya tetap sehat. Salah satu kandungan dari oatmeal yang baik bagi tubuh ialah beta-glucan.

Beta-glucan membantu tubuh untuk menyerap kolesterol jahat (LDL) lalu membuangnya sehingga tidak akan mengendap dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi oatmeal saat sarapan dan mencampurnya dengan berbagai tambahan bahan yang bergizi lainnya.

Oatmeal, Sumber : inews.id
Oatmeal, Sumber : inews.id

2. Propolis

Sebagian masyarakat tentu saja sudah banyak yang mengenal obat herbal satu ini, propolis merupakan obat herbal yang banyak dikonsumsi masyarakat karena khasiatnya yang dapat membantu mengatasi masalah kolesterol dalam tubuh. Selain membantu mengatasi masalah kolesterol, propolis juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina, memperkuat daya tahan/kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu saja propolis juga bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah kesehatan lain, seperti diabetes, asam urat, sakit saat PMS, dan masih banyak masalah kesehatan yang dapat diatasi oleh propolis ini. Jika anda tertarik dan ingin membeli propolis maka anda dapat melihat berbagai jenis dari propolis di katalog produk toko herbal online.

Propolis, Sumber : klikdokter.com
Propolis, Sumber : klikdokter.com

3. Bawang Putih

Rekomendasi obat herbal kolesterol selanjutnya yang dapat anda jadikan opsi ialah bawang putih. Tidak hanya untuk mengatasi masalah kolesterol saja, dengan rutin mengonsumsi bawang putih, maka dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, melindungi tubuh dari infeksi, serta mencegah penggumpalan darah yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Bawang putih, Sumber : health.kompas.com
Bawang putih, Sumber : health.kompas.com

4. Madu

Madu memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, contohnya saja dapat membantu tubuh mengendalikan kadar kolesterol. Kadar kolesterol jahat yang tinggi merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan risiko terkenanya penyakit jantung. Maka dari itu mengontrol kolesterol merupakan langkah tepat yang harus anda lakukan.

Karena jenis kolesterol tersebut menjadi pemicu aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak di arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan juga stroke. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa, madu dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan dapat menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Madu, Sumber : klikdokter.com
Madu, Sumber : klikdokter.com

5. Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C berperan penting pada kesehatan tubuh anda sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah inflamasi di dalam tubuh. Ada banyak sumber vitamin C yang dapat anda konsumsi. Misalnya saja seperti, jeruk, lemon, anggur, kiwi, nanas, dan jenis buah maupun sayuran lainnya. Selain itu anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C yang banyak dijual di pasaran.

Ilustrasi buah yang mengandung vitamin c, Sumber : republika.co.id
Ilustrasi buah yang mengandung vitamin c, Sumber : republika.co.id

6. Cuka Apel

Kandungan serat larut yang terdapat pada cuka apel ini dapat membantu menyerap kolesterol jahat serta lemak yang mengendap dalam tubuh. Serat dari cuka apel juga bisa menambahkan massa yang mampu membuat rasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat membantu mengontrol porsi makan anda. Cuka apel juga mengandung asam amino yang dapat menetralkan kolesterol jahat dan membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh dengan sendirinya.

Untuk mengonsumsinya anda dapat mencampurkan segelas air dengan satu sendok teh cuka apel. Kemudian aduk hingga larut sampai air menyatu dengan cuka apel secara sempurna. Anda dapat mengonsumsi dua hingga tiga kali sehari selama satu bulan secara teratur.

Cuka apel, Sumber : halodoc.com
Cuka apel, Sumber : halodoc.com

7. Ketumbar

Tidak hanya digunakan untuk bahan masakan, ternyata ketumbar dapat digunakan sebagai obat penurun kolesterol jahat di dalam tubuh. Di dalam biji ketumbar terdapat beberapa kandungan jenis asam yang efektif untuk membantu mencegah pengendapan kolesterol dalam darah. Anda dapat meminum air ketumbar untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Untuk saran penyajiannya anda cukup memasak dua sendok ketumbar dengan air yang mendidih, setelah itu disaring. Konsumsilah air ketumbar dua kali sehari, bisa di pagi hari dan sore hari. Anda juga dapat menambahkannya dengan campuran madu sebagai pemanis rasa.

Air ketumbar, Sumber : sajiansedap.grid.id
Air ketumbar, Sumber : sajiansedap.grid.id

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai rekomendasi obat herbal kolesterol. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Anda juga bisa mendapatkan infomasi menarik seputar cara mengobati asam lambung yang naik secara alami atau informasi penting lainnya, yang dapat anda akses pada laman website kami.

× Chat WhatsApp?