Asam lambung atau biasa disebut dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan rasa sakit seperti terbakar di bagian dada yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Bila anda mendapati gejala dari penyakit ini maka sebaiknya segera diobati. Disarankan untuk mengobati asam lambung naik dengan obat yang alami.

Asam lambung naik dapat menyerang siapa saja, untuk itu anda dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung dengan cara menjalani pola hidup yang sehat. Selain itu anda juga bisa mengonsumsi obat untuk meredakan nyeri asam lambung dengan obat asam lambung yang dijual di apotek maupun toko ritel terdekat. 

Namun lebih baiknya anda menggunakan obat herbal yang alami, supaya tubuh anda menjadi lebih sehat karena terhindar dari obat-obatan kimia. Gejala penyakit asam lambung ini biasanya muncul minimal 2 kali dalam seminggu. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen alami yang bisa anda beli di toko herbal online. Tujuannya untuk menjaga daya tahan tubuh anda agar tetap bugar.

Ilustrasi mengobati asam lambung naik secara alami, Sumber : lifestyle.okezone.com
Ilustrasi mengobati asam lambung naik secara alami, Sumber : lifestyle.okezone.com

Obat Alami Untuk Mengatasi Asam Lambung

Ada beberapa opsi obat alami yang perlu anda konsumsi untuk mengobati asam lambung naik. Tujuan menggunakan obat herbal ini agar tubuh menjadi lebih sehat, karena meminimalisir obat kimia. Simaklah beberapa obat alami di bawah ini yang telah kami rangkumkan untuk anda.

1. Jahe

Obat alami yang pertama untuk mengobati asam lambung yang naik adalah jahe. Salah satu khasiat jahe adalah memiliki sifat antiradang alami yang bisa mengatasi nyeri ulu hati. Selain itu, tanaman herbal ini juga dapat mengatasi masalah pencernaan lainnya misalnya saja seperti perut kembung dan mual.

Untuk mengatasi gejala asam lambung atau GERD, anda dapat mengolah jahe dengan cara dijadikan minuman hangat. Selain jahe yang anda olah sendiri di rumah, anda juga dapat membeli minuman jahe kemasan yang tersedia di pasaran.

Gambar jahe, Sumber : halodoc.com
Gambar jahe, Sumber : halodoc.com

2. Mentimun

Obat selanjutnya adalah mentimun, di dalam buah mentimun terdapat kandungan vitamin B dan C. Tidak hanya itu saja, mentimun pada bagian buahnya juga mengandung saponin, isoquercitrin, cucurbaticin, karoten, asam amino, kalisum, fosfor, dan enzim pencernaan. 

Untuk mengobati asam lambung itu sendiri, bagian yang harus anda konsumsi dari mentimun adalah pada bagian buahnya. Anda dapat mengonsumsi dua potong mentimun segar yang sudah dikupas dan dibuang bijinya dua jam sekali untuk mendapatkan manfaatnya.

Gambar mentimun, Sumber : grid.id
Gambar mentimun, Sumber : grid.id

3. Licorice

Licorice atau lebih akrab disebut dengan akar manis ini diketahui dapat meredakan gejala nyeri ulu hati atau heartburn yang diakibatkan oleh GERD atau asam lambung. Akar manis ini mengandung zat yang bersifat antioksidan dan antiradang sehingga dapat mengurangi pembengkakan, peradangan, serta luka pada lambung dan kerongkongan akibat dari peningkatan asam lambung.

Akar manis, Sumber : sehatq.com
Akar manis, Sumber : sehatq.com

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satu contohnya ialah untuk meredakan gejala dari asam lambung yang naik. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengonsumsi jus lidah buaya. Lidah buaya dipercaya dapat menjadi obat asam lambung alami yang ampuh jika dikonsumsi secara rutin.

Namun untuk anda yang memiliki penyakit diabetes, tidak disarankan mengonsumsi lidah buaya untuk mengobati asam lambung. Mengapa demikian? Karena lidah buaya memiliki efek memperkuat pengobatan diabetes yang menimbulkan rendahnya gula darah. 

Lidah buaya, Sumber : sehatq.com
Lidah buaya, Sumber : sehatq.com

5. Kunyit

Umumnya kunyit dimanfaatkan sebagai salah satu bahan membuat jamu dan juga menu masakan. Namun ternyata kunyit juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati asam lambung. Bagian yang digunakan dari kunyit adalah bagian rimpang kunyit.

Caranya cukup mudah dilakukan, anda dapat menumbuk kunyit kering hingga menjadi bubuk. Setelah itu seduh 1/2 sendok teh bubuk kunyit yang tadi dengan air hangat. Namun sebaiknya anda tidak mengonsumsi kunyit secara berlebihan ya, karena dapat memicu rasa mual, diare, serta alergi pada kulit. 

Gambar kunyit, Sumber : jawapos.com
Gambar kunyit, Sumber : jawapos.com

6. Madu

Madu memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya ialah meredakan asam lambung. Untuk mendapatkan manfaat dari madu tersebut, anda cukup mencampurkan satu sendok teh madu dengan segelas air hangat. Kemudian anda dapat meminumnya dengan segera.

Rutinlah mengonsumsi madu tujuannya untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh asam lambung yang naik. Anda dapat mengonsumsi satu sendok teh madu sebelum makan dan sebelum tidur. Agar madu dapat bekerja secara optimal untuk mengobati asam lambung atau GERD tersebut. 

Gambar madu, Sumber : health.kompas.com
Gambar madu, Sumber : health.kompas.com

7. Pepaya

Pepaya dikenal sebagai buah yang kaya akan serat dan berkhasiat untuk melancarkan pencernaan tubuh. Namun ternyata pepaya juga dapat bermanfaat sebagai obat herbal untuk mengatasi asam lambung. Di dalam pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan serta meredakan gejala asam lambung, contohnya seperti panas pada bagian perut atas hingga dada. 

Jika anda bosan memakan pepaya dengan cara yang biasa, anda dapat mengonsumsi pepaya ini dengan cara lainnya misalnya saja dijadikan jus. Tujuannya agar anda dapat dengan mudah mengonsumsi salah satu obat alami asam lambung ini.

Gambar pepaya, Sumber : motherandbaby.co.id
Gambar pepaya, Sumber : motherandbaby.co.id

8. Air Kelapa

Obat alami untuk mengatasi asam lambung berikutnya ialah air kelapa. Air kelapa ini juga dapat membantu menghasilkan lendir di perut anda. Manfaat dari lendit tersebut adalah untuk melindungi perut dari efek berbahaya dari produksi asam yang berlebih. Karena kaya akan serat, air kelapa juga dapat membantu melancarkan pencernaan serta mencegah terulangnya asam lambung.

Air kelapa, Sumber : inews.id
Air kelapa, Sumber : inews.id

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengobati asam lambung naik secara alami. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar mengatasi GERD atau asam lambung. Anda juga bisa mendapatkan infomasi menarik seputar cara meminimalisir lemak jahat dengan diet yang sehat atau informasi penting lainnya, yang dapat anda akses pada laman website kami.

× Chat WhatsApp?