Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan tanaman lengkuas. Ya, tanaman lengkuas biasa dipakai oleh ibu-ibu sebagai bumbu alami dalam setiap masakan. Namun ternyata lengkuas memiliki peranan penting dalam ranah kesehatan. Selain meningkatkan kesuburan pria, ada banyak sekali manfaat lengkuas merah untuk kesehatan.

Mengenal Lengkuas

Lengkuas, atau dalam bahasa latin dikenal sebagai Alpinia galanga merupakan suatu jenis akar rimpang yang berada di dalam tanah dan termasuk keluarga ubi-ubian. Tanaman ini bisa kita temui baik di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi seperti di negara Indonesia, China, India, Sri Lanka dan juga Saudi Arabia.

Masyarakat sekitar biasa memanfaatkan lengkuas sebagai bumbu penyedap alami. Lengkuas akan nikmat sebagai campuran bumbu masakan yang identik dengan santan, misalnya opor, kare, rendang dan sebagainya. Sebagai bumbu, Anda cukup memarkan lengkuas hingga pecah lalu campurkan ke dalam masakan.

Lengkuas, Tanaman Rimpang Kaya Manfaat. Manfaat lengkuas untuk Kesehatan. Sumber: unsplash.com @consciusdesign
Lengkuas, Tanaman Rimpang Kaya Manfaat. Sumber: unsplash.com @consciusdesign

Selain menjadi bumbu masakan, lengkuas juga dikenal sebagai obat tradisional dengan banyak manfaat. Jenis lengkuas yang digunakan sebagai obat ialah lengkuas merah, melihat kandungan serta nutrisi yang dimilikinya. Beragam penyakit seperti sakit tenggorokan, diabetes, hingga kanker dapat diatasi menggunakan lengkuas merah ini.

Manfaat Lengkuas Merah untuk Kesehatan

Berikut manfaat lengkuas merah untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Cegah Penyakit Mematikan; Tumor dan Kanker

Ternyata lengkuas merah memiliki kandungan berupa zat antioksidan yang dapat memperbaiki berbagai sel yang ada dalam tubuh disebabkan radikal bebas dan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Ini menjadikan lengkuas dapat mencegah penyakit kanker. Enzim xanthim juga dapat dihambat oleh rimpang ini, sehingga penyakit tumor dapat teratasi.

Zat galangin yang termasuk kandungan dari lengkuas mempunyai sifat antikanker sehingga dapat mencegah timbulnya kanker payudara dan juga kanker paru-paru. Galangin juga dikenal dapat menyembuhkan berbagai kanker lainnya seperti kanker usus besar, kanker kulit melanoma, dan kanker hepatoma.

2. Tingkatkan Kesuburan Pria

Bagi pria yang menginginkan tingkat kesuburan tinggi, lengkuas merupakan suplemen yang tepat. Mengkonsumsi lengkuas rutin setiap hari akan menyebabkan motilitas dan juga sperma meningkat. Sperma yang meningkat nantinya akan mempengaruhi terjadinya pembuahan.

Karena itu lengkuas merah sangat dianjurkan bagi setiap pria untuk menjaga staminanya serta meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Anda dapat mengkonsumsi rempah alami ini dengan mencampurkannya ke dalam masakan atau langsung diracik sebagai minuman.

3. Sebagai Obat Diare

Manfaat lengkuas merah berikutnya ialah sebagai obat diare. Lengkuas diketahui memiliki zat antibakteri atau antimikroba yang berfungsi sebagai pembasmi bakteri dalam tubuh. Para peneliti juga mengatakan bahwa pertumbuhan bakteri penyebab diare (Escherichia coli) dapat terhambat oleh ekstrak lengkuas berkonsetrasi tinggi.

Karena beberapa zat inilah lengkuas sering dipakai oleh masyarakat untuk meredakan diare yang sedang dideritanya. Lengkuas menjadi alternatif solusi yang efektif dan efisien dalam setiap masalah kesehatan.

4. Turunkan Gula Darah juga Kolesterol

Lengkuas juga memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit diabetes dan jantung. Kandungan antioksidan polifenol yang terdapat pada lengkuas disinyalir dapat menurunkan kadar gula darah serta menyeimbangkan kolesterol dalam tubuh kita.

Merupakan Manfaat Lengkuas Merah untuk Kesehatan. Sumber: hype.grid.id
Cegah Diabetes Merupakan Manfaat Lengkuas Merah untuk Kesehatan. Sumber: hype.grid.id

Nutrisi dalam lengkuas memiliki fungsi yang sama dengan obat antidiabetik sintetik, yaitu mampu menurunkan lonjakan glukosa dalam darah serta dapat menghambat metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Karena itulah lengkuas merah juga digunakan sebagai obat herbal para penderita diabetes.

5. Bantu Redakan Nyeri Sendi

Berbagai rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan juga lengkuas memiliki senyawa kimia antiradang yang memiliki fungsi meredakan nyeri sendi akibat peradangan. Sehingga lengkuas disinyalir dapat menurunkan nyeri sendi seperti dalam kasus rheumatoid arthritis atau osteoarthritis.

Maka dari itu bagi Anda yang sedang terkena nyeri sendi, tidak ada salahnya mencoba konsumsi lengkuas merah ini sebagai pengobatan alternatif alami.

6. Menyehatkan Otak

Manfaat lengkuas merah untuk kesehatan berikutnya ialah membantu menjaga kesehatan otak. Sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam lengkuas mempunyai fungsi untuk melindungi otak serta mengurangi degenerasi otak yang diakibatkan karena faktor usia. Karena itu pula lengkuas dikenal dapat mencegah terjadinya depresi.

7. Membantu Redakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Selain penyakit-penyakit diatas, lengkuas merah juga dikenal dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, batuk dan juga nyeri dada. Lengkuas memiliki sifat antiradang yang dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan dan batuk. Ekspektoran juga merupakan sifat lengkuas yang dapat mengencerkan dahak pada batuk.

Untuk membuat ramuan pereda batuk, Anda dapat memotong lengkuas menjadi bagian-bagian kecil, lalu masukkan ke dalam botol yang telah diberi air panas. Diamkan selama semalaman, lalu konsumsi air lengkuas tersebut secara rutin kira-kira 3-5 hari atau sampai batuk terasa berkurang.

8. Jaga Kulit dari Berbagai Penyakit

Menyehatkan kulit serta menjaganya agar tetap halus juga salah satu manfaat lengkuas merah untuk kesehatan tubuh. Lengkuas mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah masuknya radikal bebas, sehingga mencegah terjadinya infeksi kulit.

Menjaga Kulit Salah Satu Manfaat Lengkuas Merah untuk Kesehatan. Sumber: jateng.suara.com
Menjaga Kulit Salah Satu Manfaat Lengkuas Merah untuk Kesehatan. Sumber: jateng.suara.com

Selain itu, vitamin C yang terdapat pada obat herbal ini memiliki fungsi untuk meremajakan sel-sel kulit serta membuat kulit selalu awet muda. Beraneka ragam penyakit kulit seperti gatal-gatal, alergi, panu, sampai luka bakar juga dapat disembuhkan dengan akar rimpang satu ini.

Untuk menggunakan lengkuas ini, Anda dapat memarkan lengkuas hingga tampak kandungan airnya, lalu oleskan pada area kulit yang diinginkan sebanyak 2 hingga 3 kali. Bagi Anda yang punya alergi kulit, Anda dapat meminum racikan lengkuas seperti saat hendak meredakan batuk.

Akhir kata, lengkuas merupakan obat herbal yang kaya manfaat bagi tubuh. Mulai saat ini Anda dapat menjaga kesehatan tubuh tanpa biaya yang mahal, dengan cara memanfaatkan obat-obatan herbal yang ada di sekita Anda. Semoga bermanfaat.

× Chat WhatsApp?