Liver atau hati merupakan organ terbesar yang ada di dalam tubuh manusia, dan memiliki fungsi yang vital. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan liver adalah sebuah keharusan bagi anda agar organ ini tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Apabila tidak dijaga dengan baik, liver dapat terserang berbagai penyakit.

Penyakit liver merupakan sebuah penyakit yang menyerang dan mengganggu fungsi liver. Seperti yang telah diketahui bahwa liver adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat dengan mudah mengganti sel-sel yang telah rusak. Namun jika sel-sel yang dibutuhkan hilang, maka liver tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Beberapa penyakit yang dapat menyerang liver diantaranya adalah hepatitis, hepatitis toksik, hepatomegali, hingga kanker hati. Untuk menjaga agar liver tetap sehat, maka salah satu caranya adalah dengan memperbaiki pola hidup. Pola hidup yang sehat akan membuat organ-organ di tubuh anda juga akan sehat.

Letak liver manusia, Sumber : theguardian.com
Letak liver manusia, Sumber : theguardian.com

Fungsi Hati

Liver memiliki banyak fungsi yang berguna bagi tubuh. Selain jantung, otak, dan ginjal, hati juga merupakan organ yang memiliki kesibukan yang tinggi untuk mengatur keseimbangan tubuh. Lalu apa saja fungsi dari hati? Simak beberapa fungsinya di bawah ini.

1. Sebagai Pengolah Vitamin dan Imunitas

Hati memiliki fungsi sebagai pengolahan vitamin, terutama vitamin D. Proses pengaktifan vitamin D tersebut dilakukan oleh hati bersama dengan ginjal. Organ hati juga memiliki sel yang bertugas sebagai sentral sistem imun, sel tersebuy bernama Sel Kuppffer.

Sel Kuppffer ini sangatlah penting untuk tubuh dalam menanggulangi serangan virus, bakteri, hingga kerusakan-kerusakan lain yang bersumber dari luar tubuh. Sel tersebut penting untuk melawan berbagai infeksi.

2. Sebagai Detoksifikasi

Di dalam organ hati, berbagai jenis racun, sisa obat, alkohol, dan bahan berbahaya yang diproduksi oleh tubuh dapat diubah menjadi zat yang netral. Sehingga zat tersebut dapat berubah menjadi unsur yang bisa diterima oleh organ lain yang ada di dalam tubuh.

Nantinya liver akan mengubah zat buangan serta bahan racun untuk disekresi dalam empedu dan urine. Selain itu juga membersihkan darah sebelum zat-zat toksin mencapai organ tubuh yang peka. Kemudian zat-zat tersebut akan dikeluarkan melalui ginjal dan usus. Jadi proses tersebutlah yang dinamakan detoksifikasi.

Gambaran mengenai organ hati, Sumber : healthgrades.com
Gambaran mengenai organ hati, Sumber : healthgrades.com

3. Sebagai Penghancur Sel Darah Merah Yang Sudah Tua

Sel darah merah yang ada di dalam tubuh manusia memiliki umur sekitar 100-120 hari. Kemudian, sel-sel darah merah yang sudah tua tadi akan dirombak ke dalam sel hati. Sel darah merah yang telah selesai dirombak akan berubah menjadi biliverdin.

Setelah itu biliverdin akan bercampur dengan zat lain hingga berubah menjadi zat lain yang disebut bilirubin. Bilirubin ini kemudian akan dialirkan ke darah, dan disaring oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan lewat urine. Zat tersebutlah yang membuat urine tampak berwarna kekuningan.

4. Mengatur Mekanisme Pada Darah

Organ hati juga menghasilkan protein yang membantu untuk proses penggumpalan darah dan pengangkutan oksigen. Organ ini dapat menyimpan zat besi yang diproses dari hemoglobin, yakni protein khusus yang bertugas untuk mengikat oksigen pada sel darah merah.

Tips Agar Organ Hati Tetap Sehat

Ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan liver agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Berikut cara yang bisa anda terapkan supaya organ hati anda tetap sehat.

1. Konsumsi Cukup Air

Mengonsumsi air sesuai dengan dibutuhkan tubuh merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan liver anda. Air dapat membantu menghilangkan racun di dalam tubuh serta membantu melancarkan proses penyerapan terhadap nutrisi penting. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan.

Minum air, Sumber : medicalnewstoday.com
Minum air, Sumber : medicalnewstoday.com

2. Pemberian Vaksin

Pemberian vaksin sejak dini dapat membantu mencegah terkenanya penyakit hepatitis. Vaksin hepatitis B diberikan sejak bayi baru lahir serta dilakukan dalam beberapa tahap, begitu pula dengan pemberian vaksin untuk hepatitis A.

Pemberian vaksin hepatitis merupakan hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, bawalah bayi atau anak anda ke dokter untuk mendapatkan vaksinasi secara teratur. Selain ke dokter, vaksin hepatitis juga bisa didapatkan di sarana kesehatan setempat misalnya saja Posyandu.

Ilustrasi pemberian vaksin pada bayi, Sumber : lokadata.id
Ilustrasi pemberian vaksin pada bayi, Sumber : lokadata.id

3. Lakukan Pola Makan Sehat

Memiliki pola makan yang sehat dan bergizi seimbang dapat membantu menjaga kesehatan liver loh. Selain itu, tubuh anda juga menjadi lebih bugar dan segar karena mengonsumsi makanan yang sehat.

Pengaturan makanan yang baik secara jenis dan jumlah yang tepat, bisa membantu hati untuk mengatur laju metabolisme dengan baik. Selain itu, dengan mengonsumsi makanan sehat juga membantu meringankan kerja hati.

Makanan sehat, Sumber : hubculture.com
Makanan sehat, Sumber : hubculture.com

4. Hati-hati Saat Mengonsumsi Obat

Organ hati dapat mengubah zat obat menjadi aktif atau netral. Banyak obat yang dijual bebas di pasaran yang dapat menjadi racun bagi hati, apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tanpa aturan yang jelas. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi obat-obat tertentu harus sesuai aturan atau anjuran dokter ya.

Berbagai jenis obat-obatan, Sumber : npr.org
Berbagai jenis obat-obatan, Sumber : npr.org

5. Menghindari Zat Beracun

Berbagai zat beracun dapat ditemui dimana saja, salah satu contohnya pada beberapa produk pembersih dan aerosol yang mengandung bahan kimia berbahaya. Anda dapat dengan mudah terpapar zat beracun tersebut saat melakukan aktivitas tertentu, misalnya saja saat membersihkan rumah.

Oleh sebab itu, saat anda membersihkan rumah atau ruangan pastikan ruang tersebut memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Selain itu gunakanlah masker untuk meminimalisir risiko anda terpapar zat beracun dari produk pembersih yang anda gunakan.

Ilustrasi zat beracun, Sumber : style.tribunnews.com
Ilustrasi zat beracun, Sumber : style.tribunnews.com

Saat pandemi seperti ini menjaga daya tahan tubuh merupakan sebuah keharusan. Salah satu cara agar kekebalan tubuh anda terjaga adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, olahraga rutin, serta berjemur. Selain itu mengonsumsi suplemen multivitamin juga membantu memelihara daya tahan tubuh.

Jika anda memerlukan berbagai multivitamin, maka bisa membelinya di toko herbal online. Cukup memesannya secara online, sehingga anda tidak perlu keluar rumah untuk membelinya. Setelah itu pesanan anda akan dikirimkan sesuai alamat tujuan. Sangat efisien dan membantu pada saat pandemi seperti ini.

Sekian informasi yang kami sampaikan mengenai bagaimana cara untuk menjaga kesehatan liver. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda. Untuk mengetahui bagaimana cara memesan berbagai produk yang kami jual, maka anda dapat mengunjungi laman website Nabawi Herba.

× Chat WhatsApp?