Informasi seputar mitos dan fakta menstruasi hingga saat ini masih banyak yang simpang siur. Apalagi bagi kalangan wanita, mengetahui fakta tentang menstruasi ini penting. Sehingga untuk ke depannya Anda bisa menghindari mitos-mitos yang beredar di masyarakat yang belum tentu benar.

Biasanya untuk wanita normal mengalami haid selama 3 hingga 7 hari. Namun juga tidak jarang yang mengalami gangguan haid sehingga siklus haidnya menjadi tidak normal. Ketika Anda termasuk orang yang mengalami siklus haid yang tidak teratur, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Semakin cepat Anda konsultasi dengan dokter, maka semakin cepat pula penanganan yang diberikan apabila Anda mengalami masalah di organ reproduksi tersebut. Untuk masa haid normal seorang wanita berkisar diantara 22 hari sampai 35 hari. Siklus haid setiap wanita berbeda-beda, bisa lebih cepat ataupun lebih lambat.

Mitos dan fakta seputar menstruasi, Sumber: sehatq.com
Mitos dan fakta seputar menstruasi, Sumber: sehatq.com

Dibalik itu semua, ada berbagai mitos tentang haid yang beredar di masyarakat. Bahkan tidak sedikit orang yang mempercayainya. Dikarenakan informasi tersebut telah beredar secara turun-temurun, maka sedikit susah untuk menghindari berbagai mitos tersebut. Sebab mitos-mitos yang beredar belum tentu benar.

Walaupun demikian, Anda juga harus lebih jeli mencari informasi mengenai fakta seputar menstruasi ya. Jadi Anda bisa lebih tenang untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Terlalu memikirkan mitos seputar haid dapat membuat Anda stres, jika stres bisa saja Anda mengalami gangguan haid yang berakibat haid keluar sedikit.

Mitos dan Fakta seputar Menstruasi

Ada berbagai mitos dan fakta seputar haid yang dilansir dari Alodokter. Anda perlu mengetahui apa saja mitos dan fakta menstruasi tersebut, supaya tidak terjebak lagi di dalam mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Berikut pernyataan mengenai fakta dan mitos haid.

Minum Air Dingin saat Haid

Mitos atau fakta saat haid tidak boleh minum es? Pertanyaan seputar air dingin/es saat menstruasi ini termasuk yang banyak dibicarakan di masyarakat. Banyak yang percaya bahwa minum air es saat menstruasi dapat menyebabkan darah haid menjadi tidak lancar dan membeku.

Namun larangan untuk mengonsumsi air dingin saat haid itu mitos ya. Faktanya, banyak mengonsumsi air putih yang dingin maupun hangat pada menstruasi itu disarankan agar tidak mengalami dehindrasi. Jadi tidak ada sangkut pautnya antara darah haid menjadi tidak lancar karena mengonsumsi air dingin.

Air es, Sumber: lifestyle.kompas.com
Air es, Sumber: lifestyle.kompas.com

Saat Haid Keramas

Mitos atau fakta saat haid tidak boleh keramas? Nah pertanyaan ini juga sering kali menjadi perdebatan di masyarakat. Banyak yang percaya bahwa pada saat menstruasi tidak boleh keramas karena dianggap dapat membahayakan kesehatan. Namun anggapan tersebut salah alias mitos.

Baca juga: Apakah Itu Gangguan PCOS? Lalu Apa Penyebab Serta Gejalanya?

Anggapan tersebut tidak benar, karena hingga saat ini tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa keramas saat haid dapat berbahaya bagi kesehatan. Beberapa orang mengalami sakit kepala saat haid sedang berlangsung. Dengan keramas malah dapat membantu mengurangi nyeri kepala loh.

Kran shower untuk keramas, Sumber: productnation.co
Kran shower untuk keramas, Sumber: productnation.co

Minum Soda ketika Menstruasi

Minum soda dapat memperlancar menstruasi, mitos atau fakta? Pernyataan tersebut hanya mitos ya, karena sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa anggapan tersebut benar. Memang pada dasarnya terlalu banyak mengonsumsi soda kurang baik bagi kesehatan.

Di dalam minuman bersoda terdapat kandungan kafein yang banyak. Kafein tersebutlah yang dapat memicu berbagai masalah pencernaan selama menstruasi. Misalnya saja perut kembung bahkan terjadinya diare.

Minuman bersoda, Sumber: sehatq.com
Minuman bersoda, Sumber: sehatq.com

Makan Mentimun saat Haid

Di masyarakat banyak yang mengatakan bahwa mengonsumsi mentimun saat haid itu tidak boleh. Alasannya mentimun dapat membuat darah haid berhenti. Namun anggapan tersebut hanyalah mitos.

Perlu Anda ketahui bahwa siklus menstruasi seseorang tidak dipengaruhi oleh makanan. Siklus tersebut dipengaruhi karena perubahan hormon dalam tubuh yakni hormon progesteron dan hormon estrogen. Jadi Anda tidak perlu takut dan khawatir lagi ya, jika ingin mengonsumsi mentimun saat haid.

Mentimun, Sumber: makassar.terkini.id
Mentimun, Sumber: makassar.terkini.id

Olahraga ketika Menstruasi

Anggapan jika tidak boleh olahraga saat menstruasi termasuk mitos ya. Olahraga malah diperlukan untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan kram perut saat haid. Pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat saat sedang menstruasi. Anda bisa memilih olahraga yang ringan misalnya saja seperti yoga ataupun jogging.

Melakukan jogging, Sumber: sportivitas.net
Melakukan jogging, Sumber: sportivitas.net

Berenang ketika Menstruasi

Banyak yang beranggapan bahwa saat menstruasi tidak boleh berenang karena nanti darah haidnya bisa mengotori kolam. Pernyataan tersebut hanyalah mitos belaka. Anda bisa dengan bebas berenang pada saat haid tanpa perlu khawatir.

Untuk berenang saat haid, Anda tidak disarankan menggunakan pembalut biasa ya. Alasannya karena pembalut biasa tidak bisa menyerap darah haid di dalam air. Gunakanlah menstrual cup sebagai pengganti pembalut saat berenang.

Kolam renang, Sumber: gotravelly.com
Kolam renang, Sumber: gotravelly.com

Jika ingin membuat haid lancar, Anda bisa menggunakan bahan alami. Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai pelancar haid adalah cuka apel. Bahan rempah alami tersebut dipercaya dapat memperlancar haid Anda.

Selain mengonsumsi bahan alami, Anda juga perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Mengatur pola makan yang sehat hingga rajin olahraga juga disarankan untuk memperlancar haid. Namun jika berbagai usaha tersebut sudah dilakukan dan haid masih belum lancar, barulah Anda konsultasi ke dokter.

Apabila Anda membutuhkan cuka apel sebagai pelancar haid, maka bisa membelinya di Nabawi Herba. Nabawi Herba merupakan toko herbal online yang menjual berbagai produk herbal termasuk cuka apel. Berbagai produk yang kami jual telah memiliki lisensi dari BPOM dan Departemen Kesehatan, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Itu tadi berbagai informasi seputar mitos dan fakta menstruasi. Masih ada banyak mitos menstruasi lain yang beredar di masyarakat, untuk itu Anda jangan langsung percaya dengan informasi tersebut ya. Ada baiknya untuk menanyakan langsung pada dokter terkait yang sudah ahli.

Terima kasih telah menyimak informasi di atas. Apakah Anda memiliki informasi mitos dan fakta seputar menstruasi yang belum ada di artikel ini? Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya!

× Chat WhatsApp?