Penggunaan internet di era digital ini tidak bisa disingkirkan lagi. Berbagai hal saat ini banyak yang membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya. Tidak terkecuali berjualan produk atau jasa melalui web. Ada berbagai manfaat website untuk bisnis agar terus berkembang dan maju, terlebih di era saat ini.

Bahkan dilansir dari Tekno Sindo News, terdapat laporan dari Indonesia Website Awards 2020 oleh Exabytes Indonesia yang mencatat penggunaan website. Terdapat 1057 website yang terdaftar di tahun 2020. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, data tersebut naik hingga 61,6%.

Dari data di atas tentu saja sudah terlihat bahwa di masa pandemi seperti ini penggunaan website mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Seperti yang kita ketahui bahwa semenjak covid-19 masuk Indonesia, banyak usaha yang mengalami kerugian bahkan ada yang tidak bisa bertahan.

Penggunaan website untuk promosi, Sumber : unsplash.com
Penggunaan website untuk promosi, Sumber : unsplash.com

Oleh sebab itu menggunakan website sebagai promosi dapat dijadikan solusi. Terlebih obat herbal hingga saat ini banyak yang membutuhkannya. Dengan menggunakan website konsumen akan lebih diuntungkan karena bisa memilih produk lewat online tanpa harus pergi ke luar rumah untuk membelinya di toko.

Salah satu peranan website bagi konsumen adalah mempermudah mendapatkan informasi mengenai produk dengan mudah. Dimanapun konsumen berada, ia tetap bisa mendapatkan informasi tersebut hanya dengan menggunakan gadget. Sehingga penggunaan website untuk bisnis ini sangat membantu.

Kenalan dengan Nabawi Herba (Distributor Herbal Online)

Salah satu UMKM yang memanfaatkan fungsi website dalam bisnis yakni Nabawi Herba. Nabawi Herba merupakan toko herbal online yang menjual berbagai produk herbal. Ada lebih dari 1000 produk dari berbagai merk yang tersedia di Nabawi Herba. Produk-produk tersebut memiliki lisensi dari BPOM serta Departemen Kesehatan.

Produk yang tersedia di Nabawi Herba aman dan berkualitas, serta mempunyai kapasitas bagi pembelian grosir dengan pengiriman kargo. Untuk memasarkan produknya agar lebih luas dan dapat dijangkau konsumen dari berbagai daerah, Nabawi Herba menggunakan website sebagai salah satu media promosi.

Manfaat dari website untuk bisnis salah satunya adalah dapat dengan mudah dijangkau konsumen dimanapun ia berada. Sehingga tidak berpatok di satu daerah saja, namun bisa dikirim ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Saat ini Nabawi Herba telah memiliki agen-agen resmi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Toko Nabawi Herba, Sumber : Nabawi Herba
Toko Nabawi Herba, Sumber : Nabawi Herba

Manfaat Website Untuk Bisnis

Ada beberapa kegunaan website untuk bisnis dalam pengembangan usaha agar lebih maju. Dengan adanya perkembangan digital yang semakin modern, sudah seharusnya kita sebagai pelaku bisnis menyesuaikannya supaya bisnis bisa bertahan dan semakin maju. Berikut beberapa manfaat website yang perlu Anda ketahui.

1. Memberikan Kemudahan Bagi Konsumen

Memberikan kemudahan bagi calon konsumen merupakan salah satu pentingnya website untuk bisnis. Seperti yang telah kita ketahui bahwa website dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Tidak mengenal tempat maupun waktu, bahkan konsumen bisa mengaksesnya selama 24 jam tanpa batasan waktu.

Baca juga : Selain untuk Suplemen Pria, Ini Manfaat Lengkuas Merah untuk Kesehatan

Berbeda jika pemilik usaha hanya menggunakan sistem toko offline yang terhalang oleh jam buka. Selain itu pesaing bisnis lain yang sudah mulai menggunakan sistem online untuk jualannya. Hal ini tentu saja akan berdampak pada penurunan penjualan, maka dari itu menggunakan website juga penting untuk bisnis.

Saat ini konsumen lebih suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan kemudahan. Sehingga memesan suatu produk dengan sistem online sangat digemari, karena tidak membuang tenaga serta waktu tambahan.

Memudahkan konsumen, Sumber : unsplash.com
Memudahkan konsumen, Sumber : unsplash.com

2. Memberikan Berbagai Informasi Terbaru

Anda sebagai pemilik bisnis tentu saja memiliki berita atau informasi terbaru mengenai produk yang Anda jual. Dengan Menggunakan website akan mempermudah pelaku usaha untuk memperbarui berbagai informasi. Tanpa perlu repot-repot mengeluarkan biaya tambahan untuk memprosesnya.

Berbeda jika Anda memasarkan produk dengan cara offline menggunakan selebaran. Apabila ada informasi terbaru Anda harus mencetak ulang selebaran tersebut. Hal ini akan membuang waktu, tenaga, serta menambah pengeluaran. Bisa dikatakan tidak efisien untuk mengupdate berita terkini.

Memberikan informasi terbaru, Sumber : unsplash.com
Memberikan informasi terbaru, Sumber : unsplash.com

3. Membantu Meningkatkan Kredibilitas Usaha

Sebagaimana perusahaan menggunakan bangunan kantor untuk meningkatkan kredibilitasnya, website juga bisa juga digunakan untuk hal yang sama. Kantor usaha yang bagus, perlu interior, garasi hingga memasang kanopi. Website resmi usaha juga perlu dipercantik agar menguatkan trust kepada pembaca.

Manfaat website dalam bisnis online juga untuk membantu meningkatkan kredibilitas sebuah usaha. Dengan adanya website membuat calon konsumen lebih merasa percaya terhadap bisnis Anda tersebut. Tampilan website yang bagus serta terdapat company profile mengenai bisnis Anda membuat konsumen semakin percaya.

Baca juga : Jangan Sampai Tertipu, Ini Khasiat Madu Hitam Pahit Asli!

Bisnis Anda juga akan terlihat lebih profesional karena memiliki website yang memudahkan konsumen untuk mencari tau berbagai informasi produk yang Anda tawarkan. Kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis.

Ilustrasi kredibilitas usaha meningkat, Sumber : ravensrecruitment.com.au
Ilustrasi kredibilitas usaha meningkat, Sumber : ravensrecruitment.com.au

4. Memperluas Target Pasar

Memperluas target market juga merupakan bagian dari fungsi website sebagai media promosi. Walaupun Anda berada di Kota A misalnya, namun Anda dapat menarik konsumen yang berada di Kota B. Sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi tingkat penjualan produk yang dihasilkan.

Memperluas target pasar, Sumber : entrepreneurcamp.id
Memperluas target pasar, Sumber : entrepreneurcamp.id

5. Membantu Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Isi laman website dengan konten-konten yang menarik agar konsumen semakin tertarik dengan bisnis Anda. Selain itu Anda juga bisa menambahkan fitur yang bisa di akses konsumen mengenai survei kepuasan pelanggan. Sehingga Anda bisa mengetahui penilaian konsumen terhadap pelayanan bisnis tersebut.

Dengan adanya survei kepuasan tersebut, Anda bisa sambil terus memperbaiki apa saja yang kurang dari pelayanan yang telah diberikan. Hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas layanan bisnis semakin baik, sehingga semakin banyak konsumen yang puas dengan layanan yang diberikan.

Adanya fitur chat juga bisa menjadi nilai tambahan untuk mempererat hubungan dengan pelanggan. Sehingga pelanggan bisa langsung konsultasi atau menanyakan informasi produk secara langsung dengan penjual.

Ilustrasi menjaga hubungan baik, Sumber : liputan6.com
Ilustrasi menjaga hubungan baik, Sumber : liputan6.com

Bagi Anda yang memiliki bisnis namun hanya menggunakan sistem offline, sudah saatnya menggunakan website juga untuk mengembangkan bisnis Anda. Anda bisa memesan website murah untuk UMKM kepada jasa pembuatan website yang sudah terpercaya.

Di zaman serba digital yang dilengkapi dengan berbagai kemudahan ini sudah seharusnya pelaku bisnis menyesuaikannya. Apalagi persaingan saat ini cukup ketat, ditambah pandemi covid-19 masih berlangsung. Sehingga pelaku usaha perlu memikirkan berbagai cara untuk mempertahankan bisnisnya.

Itu tadi beberapa manfaat website untuk bisnis yang dapat kami sampaikan. Apapun bisnisnya mulai dari herbal online hingga produk yang lainnya, bisa memanfaatkan website sebagai wadah untuk mengembangkan usaha.

Terima kasih telah menyimak informasi di atas, untuk berbagai informasi menarik lainnya seputar produk herbal dari Nabawi Herba Anda bisa mengakses ke laman website kami. Tetap ikuti berbagai informasi menarik lainnya dari kami ya!

× Chat WhatsApp?