Manfaat Istirahat Cukup – Semua orang tentu saja membutuhkan waktu istirahat di dalam hidupnya. Tidak mungkin ia terus melakukan berbagai aktivitas seharian penuh tanpa istirahat. Jika Anda melakukan aktivitas berat dan tidak memberikan tubuh untuk beristirahat, maka nantinya akan mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Istirahat adalah berhenti sejenak dari berbagai rutinitas yang dilakukan. Jadi meskipun hanya sebentar, tubuh membutuhkan istirahat untuk mengembalikan energi yang telah terkuras selama seharian penuh. Bahkan manusia membutuhkan waktu tidur untuk beristirahat sekitar 7 hingga 8 jam setiap harinya.

Apabila Anda memiliki jam tidur yang kurang dari normal dan dilakukan secara terus-menerus, nantinya hal tersebut akan menyebabkan berbagai dampak yang serius bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari istirahat yang cukup adalah mengembalikan kondisi badan yang lelah akibat melakukan berbagai rutinitas.

Manfaat istirahat yang cukup, Sumber: aceh.tribunnews.com
Manfaat istirahat yang cukup, Sumber: aceh.tribunnews.com

Jadi ketika kondisi tubuh Anda bugar, maka Anda bisa melakukan aktivitas secara optimal seperti biasanya. Namun sebaliknya, jika kondisi tubuh Anda terlalu lelah karena kurang istirahat nantinya dapat menghambat berbagai aktivitas yang akan Anda lakukan. Pastikan Anda melakukan pola hidup yang sehat dengan tidur yang cukup.

Menghindari begadang dan menerapkan pola tidur yang cukup juga merupakan salah satu cara Rasulullah untuk menjaga kesehatan beliau. Semasa hidup Rasulullah, beliau selalu tidur tepat waktu. Biasanya beliau tidur setelah sholat isya’ dan bangun di sepertiga malam untuk sholat tahajud.

Dampak Kurang Istirahat

Sebelum mengetahui apa saja manfaat istirahat yang cukup, Anda juga perlu mengetahui dampak dari kurang tidur atau istirahat terlebih dahulu. Tentu saja dampak dari kurang istirahat ini akan mengganggu kesehatan tubuh Anda. Berikut kondisi yang akan Anda alami apabila kurang istirahat:

  • Menurunkan daya ingat. Seseorang yang memiliki pola tidur yang kurang akan lebih mudah lupa dibandingkan dengan seseorang yang pola tidurnya baik. Jika kekurangan tidur, otak akan kekurangan waktu untuk menyerap memori-memori penting.
  • Meningkatkan risiko terkena penyakit kronis. Kurangnya istirahat juga bisa menjadi pemicu Anda terkena berbagai penyakit kronis, misalnya saja seperti penyakit jantung.
  • Terkena Insomnia. Dampak dari kurang istirahat juga bisa menjadi awal mula terkenanya insomnia. Apabila Anda sudah terbiasa tidur larut malam, maka tubuh akan kesulitan untuk tidur dan menyesuaikan pola tidur yang baik. Terlebih Anda harus sudah bangun di pagi hari untuk memulai aktivitas.
  • Meningkatkan risiko kecelakaan. Jika Anda kurang tidur di malam hari, maka saat siang Anda akan lebih mudah lelah dan mengantuk. Akibat dari mengantuk inilah yang bisa meningkatkan risiko kecelakaan di tempat kerja atau di jalan. Jadi pastikan untuk beristirahat dengan durasi yang cukup.
  • Meningkatnya Berat Badan. Kurangnya waktu istirahat juga dapat meningkatkan berat badan Anda. Misalnya saja Anda masih terjaga hingga larut malam, maka bisa meningkatkan rasa lapar. Jadi tidak heran banyak orang yang makan saat larut malam, hal itu disebabkan karena Anda tidak kunjung tidur.
Ilustrasi insomnia, Sumber: halodoc.com
Ilustrasi insomnia, Sumber: halodoc.com

Manfaat Istirahat yang Cukup bagi Kesehatan

Ada berbagai manfaat dari istirahat yang cukup bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya pola makan sehat yang perlu dijaga, namun pola tidur yang cukup juga perlu dijaga. Supaya tubuh tetap fit dan dapat beraktivitas secara optimal. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Menguatkan Daya Ingat

Istirahat atau tidur yang cukup dapat membantu untuk menguatkan daya ingat. Jika Anda tidak ingin cepat pikun, maka beristirahatlah yang cukup. Untuk dewasa, durasi tidur yang baik ialah sekitar 7 hingga 8 jam per harinya. Jadi jaga pola tidur Anda tetap baik ya, supaya daya ingat Anda menjadi lebih tajam.

Memperkuat daya ingat, Sumber: referensiberita.pikiran-rakyat.com
Memperkuat daya ingat, Sumber: referensiberita.pikiran-rakyat.com

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Baik

Tidur dan istirahat yang cukup dapat menjaga daya tahan tubuh tetap baik. Selain mengonsumsi multivitamin, berolahraga, dan mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Supaya tidak mudah sakit, Anda bisa mengonsumsi berbagai obat herbal seperti habbatussauda, kurma, hingga madu. Anda bisa mendapatkan produk herbal tersebut di toko herbal online. Nabawi Herba siap melayani berbagai kebutuhan produk herbal yang Anda inginkan.

Daya tahan tubuh kuat, Sumber: manado.tribunnews.com
Daya tahan tubuh kuat, Sumber: manado.tribunnews.com

3. Membantu Menjaga Berat Badan

Istirahat yang cukup dan mengatur pola tidur yang baik dapat membantu menjaga berat badan tubuh loh. Apabila Anda tidur cukup, maka hormon ghrelin (lapar) dan hormon leptin (kenyang) akan tetap seimbang. Sehingga Anda tetap bisa mengontrol rasa lapar di dalam tubuh Anda dengan baik.

Menjaga berat badan, Sumber: popmama.com
Menjaga berat badan, Sumber: popmama.com

4. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat dari istirahat yang cukup selanjutnya ialah membantu meningkatkan konsentrasi. Jika konsentrasi Anda baik, maka pikiran Anda juga bisa menjadi jernih. Hal tersebutlah yang mampu membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah terselesaikan.

Baca juga: Sayangi Tubuh Anda Dengan Menjaga Kesehatan Liver Sejak Dini!

Selain itu konsentrasi juga dibutuhkan pada saat mengendarai kendaraan, jika tidak berkonsentrasi maka dapat berisiko terjadi kecelakaan. Jadi tidur yang cukup juga dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Meningkatkan konsentrasi, Sumber: umroh.com
Meningkatkan konsentrasi, Sumber: umroh.com

5. Terhindar dari Berbagai Penyakit

Tidur yang cukup dapat membantu tubuh menghindari risiko terserangnya berbagai penyakit. Terlebih pada penyakit kronis seperti jantung, diabetes, ginjal, hipertensi, dan penyakit kronis lainnya. Anda tetap bisa menjaga tubuh Anda tetap sehat dengan istirahat yang cukup.

Badan menjadi lebih sehat, Sumber: indotrends.pikiran-rakyat.com
Badan menjadi lebih sehat, Sumber: indotrends.pikiran-rakyat.com

Bagi Anda yang ingin membeli berbagai produk herbal, bisa langsung menghubungi Nabawi Herba di kontak yang telah tersedia. Jangan ragu dengan produk yang kami jual, karena berbagai produk yang kami tawarkan telah memiliki lisensi dari BPOM dan Departemen Kesehatan, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.

Terima kasih telah berkenan membaca artikel di atas mengenai manfaat dari istirahat yang cukup. Selain informasi di atas, Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya seperti efek samping dari kelebihan vitamin C dan sebagainya. Informasi tersebut dapat Anda temukan di laman website Nabawi Herba.

× Chat WhatsApp?